Apa itu Footprint SEO – Ketika mempelajari SEO, maka wajar jika kita akan menemukan banyak istilah yang mungkin baru pertama kali didengar. Salah satunya mungkin adalah footprint SEO.
Baca Juga: Apa itu YMYL Page dalam Website SEO, Mengapa Penting?
Pada dasarnya, footprint SEO adalah bagian metode SEO, yakni Off Page SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website alternatif. Metode ini memiliki 2 teknik populer di dalamnya, yakni Backlink dan juga Brand Mention. Lalu, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan footprint SEO itu?. MinTiv akan menjelaskannya lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Footprint SEO?
Sesuai dengan namanya footprint SEO adalah teknik untuk dapat memberikan “jejak kaki” pada website alternatif atau website UGC (User Generated Content). Secara garis besar, footprint SEO hampir mirip dengan teknik backlink atau brand mention pada umumnya.
Hanya saja, letaknya, berada pada bagian bawah website, seperti footer atau di kolom komentar. Salah satu contoh footprint SEO terbaik adalah powered by WordPress dari WordPress.org.
Manfaat Footprint SEO
Karena footprint SEO ini kurang lebih sama dengan backlink atau brand mention, maka manfaat yang didapatkan, juga kurang lebih akan sama. Adapun beberapa di antara manfaat footprint SEO seperti;
- Memberikan kesempatan yang besar untuk link building. Anda bisa mempertegas brand positioning Anda pada website lain. Baik itu website yang berada sebagai bagian dari hasil kerja keras atau layanan Anda, ataupun website UGC.
- Biaya yang diperlukan untuk footprint SEO jauh lebih murah jika dibandingkan dengan biaya membeli backlink atau advertorial media ternama.
Cara Menjalankan Footprint SEO
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menjalankan strategi footprint SEO ini. Beberapa di antaranya seperti;
1. Guest Blogging.
Yang pertama adalah dengan melakukan guest blogging. Guest blogging sendiri adalah teknik SEO yang memungkinkan Anda untuk menjadi penulis di website orang lain. Teknik ini digunakan untuk meningkatkan domain authority website Anda, selain tentunya untuk menambah traffic. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan satu ini.
Beberapa di antaranya seperti;
- Membantu Anda untuk meningkatkan kemampuan penulisan konten.
- Membantu website utama mendapatkan lebih banyak traffic website.
- Mampu meningkatkan brand awareness bisnis, dan menjangkau audience luas tertarget.
- Kredibilitas bisnis meningkat.
Untuk melakukan guest blogging ini, Anda perlu menemukan daftar website memungkinkan pengunjungnya untuk jadi kontributor. Anda bisa menggunakan beberapa kombinasi Google Dork di bawah ini untuk mendapatkannya;
- Keyword + “guest blogger”
- Keyword + “guest post”
- Keyword + “guest article”
- Keyword + “Submit Guest Post”
- Keyword + “Submit Guest Articles”
- Keyword + “become a contributor”.
Untuk tips dan trik cara melakukan guest blogging yang efektif, Anda bisa membacanya lengkap melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Melakukan Guest Blogging Secara Efektif
2. Menjadi Sponsor Website.
Kedua adalah dengan menjadi sponsor sebuah website. Teknik seperti ini, pada umumnya berkaitan dengan proses transaksi bisnis. Anda mungkin akan dihadapkan dengan berbagai penawaran investasi yang ada. Sebisa mungkin untuk mencari website yang niche kontennya relevan dengan website utama Anda.
Sama seperti sebelumnya, Anda juga bisa menggunakan beberapa kombinasi Google Dork di bawah ini, untuk mendapatkan informasi website yang lagi butuh sponsor.
- Keyword + inurl: sponsors + inurl: link
- Keyword + “sponsorship”
- Keyword + “benefactors”.
3. Menjadi Pembicara atau Narasumber di Forum
Ketiga, hampir mirip dengan cara sebelumnya, hanya saja di sini Anda tidak memerlukan biaya yang terlalu besar. Selain berbeda soal biaya, platform yang digunakan pun berbeda, yakni dengan menggunakan forum online. Anda bisa memanfaatkan Quora atau KasKus.
Menjadi grup yang pembahasannya spesifik relevan dengan bisnis utama Anda. Di sana, Anda bisa tampil “seperti” pahlawan dengan menjawab setiap pertanyaan yang muncul. Jangan lupa untuk tipis-tipis promosikan website utama Anda. Agar lebih aman, lakukan teknik brand mention. Semisal di dalam forum ada user yang bertanya tentang apa itu product-led SEO, maka Anda bisa menjawab seperti ini;
“Product-led SEO adalah terminologi yang dikembangkan oleh internet marketer ternama dunia, Eli Schwartz. Terminologi ini memiliki arti bahwa setiap metode SEO yang dijalankan, fokus pada objek produk.
Dapat dikatakan bahwa product-led SEO adalah salah satu terobosan nyata dalam dunia SEO content yang terkenal “Gitu-Gitu Aja”. Product-led SEO adalah lawan dari Content-Led SEO. .
Saya sudah membahas lengkap tentang apa product-led SEO di dalam web blog saya, di Creativism. Anda bisa mencari dan membacanya di sana. Semoga dapat membantu”.
4. Blogwalking
Terakhir adalah dengan melakukan blogwalking secara efektif. Apa itu blogwalking?. Istilah ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga blogger, baik itu yang pemula terlebih lagi yang sudah profesional. Blogwalking adalah istilah yang terdiri dari 2 kata utama, yakni blog dan walking, yang artinya blog dan jalan-jalan.
Jika kita artikan secara makna, maka blogwalking adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan aktivitas “jalan-jalan” di blog. Berikut ini adalah beberapa tips cara melakukan blogwalking secara efektif dari MinTiv, dimulai dari;
- Memberikan jejak komentar pada niche blog yang sejenis.
- Memilih website yang memiliki fitur komen lengkap dengan form website untuk dijelajah.
- Memberikan komentar relevan dengan isi konten.
- Jangan pernah tanamkan link di komentar.
- Ikuti komunitas blogger yang ada
FAQ Seputar Konten
- Apa itu Footprint SEO?. Teknik untuk dapat memberikan “jejak kaki” pada website alternatif atau website UGC (User Generated Content).
- Apa bedanya Footprint SEO dengan backlink atau brand mention pada umumnya?. Letaknya, berada pada bagian bawah website, seperti footer atau di kolom komentar. Salah satu contoh footprint SEO terbaik adalah powered by WordPress dari WordPress.org.
- Bagaimana cara menjalankan Footprint SEO?. 1. Guest blogging 2. Menjadi sponsor sebuah website 3. Narasumber forum online. 4. Blogwalking.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu footprint SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Memilih Backlink yang Berkualitas
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.