Apa itu Product-Led SEO – SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama hasil pencarian search engine. Terutama search engine terpopuler di dunia, yakni Google. Ilmu optimasi website ini, difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama.
Di dalamnya, Anda akan menemukan banyak metode penting. 4 yang pasti, adalah On-Page SEO, Off-Page SEO, Local SEO, dan juga Technical SEO. Keempat metode SEO ini, wajib untuk Anda pahami dan jalankan secara bersamaan. Apabila pelaksanaannya benar-benar berkualitas, maka Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dari SEO. Dimulai dari;
- Membantu meningkatkan visibilitas pencarian website bisnis. Hal ini juga akan berdampak pada meningkatnya metrik traffic website yang diterima.
- Membantu nama bisnis meningkat di pasar lokal.
- Membantu pebisnis mendapatkan lebih banyak lead dan konversi.
- Website SEO friendly akan dengan mudah menempatkan banyak keyword kontennya di halaman pertama Google. Konten yang berada di halaman pertama kemungkinan besar akan menjadi referensi dari konten website dengan niche sejenis. Ini menjadikan potensi website Anda mendapatkan backlink berkualitas gratis terbuka lebar.
- Membantu pebisnis menghemat lebih banyak biaya promosi website. Terlebih jika dibandingkan dengan biaya untuk Google Ads.
Terkhusus, untuk manfaat SEO yang dapat mendatangkan lebih banyak lead dan konversi. Anda harus dapat mempelajari lebih banyak tentang Local SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal dan juga optimalisasi Google My Business. Ada banyak prospek data menjanjikan jika Anda benar-benar memahami dengan baik Local SEO ini.
Bahkan, MinTiv sempat menyinggung bahwa Local SEO adalah salah satu layanan SEO yang wajib Anda dapatkan dari Agency Marketing.
Baca Juga: Layanan SEO yang Wajib untuk Anda Dapatkan
Apa itu Product-Led SEO?
Tapi, tahukah Anda bahwa teknik SEO yang dapat membantu mendatangkan lead dan konversi tidak terbatas pada metode Local SEO saja. Kita juga dapat mengandalkan teknik SEO lain, salah satunya adalah product-Led SEO. Apa itu product-led SEO, manfaat dan bagaimana cara menjalankannya dengan tepat?.
Anda bisa mendapatkan jawabannya segera dengan membaca artikel ini lengkap. Jadi, simak baik-baik ya!.
Product-led SEO adalah terminologi yang dikembangkan oleh internet marketer ternama dunia, Eli Schwartz. Terminologi ini memiliki arti bahwa setiap metode SEO yang dijalankan, fokus pada objek produk. Dapat dikatakan bahwa product-led SEO adalah salah satu terobosan nyata dalam dunia SEO content yang terkenal “Gitu-Gitu Aja”. Cenderung memberikan informasi yang bertele-tele dan tidak fokus pada produk bisnis.
Product led-SEO memiliki pendekatan yang berbeda, di mana produk menjadi penggerak utama dari SEO website. Kita bisa sedikit liar memahami product-led SEO ini sebagai bagian dari teknik hard selling. Agar lebih mudah memahami maksud dari product-led SEO ini, kita perlu memahami juga arti dari content-led SEO.
Apa itu Content-Led SEO?
Sesuai dengan namanya, Content-led SEO adalah pendekatan optimasi website yang dilakukan melalui sebuah konten, umumnya digunakan untuk proses transfer brand knowledge.
Content-led SEO adalah pendekatan optimasi website yang paling sering kita jumpai. MinTiv juga telah menjelaskan berjuta-juta kali akan berbagai macam teknik di dalamnya. Salah satunya adalah memahami proses keyword research yang baik.
Meskipun ampuh, pendekatan optimasi website seperti ini, memiliki cukup banyak tantangan di dalamnya. Dimulai dari;
- Pendekatan ini pada umumnya akan menghasilkan konten yang relatif sama. Hal ini wajar mengingat keyword tertentu yang menjadi target utama, biasanya memiliki outline konten yang sama. Semisal kita ingin membuat konten Cara Mengatasi Kecanduan Rokok. Kita bisa saja mengakalinya dengan menggunakan tata bahasa yang menarik atau dengan menerapkan teknik skyscraping content. Tapi, pada akhirnya, tetap saja dasar dari konten tersebut akan kurang lebih sama dengan konten yang sudah ada.
- Key Performance Indicator utama dari pendekatan SEO ini, pada umumnya adalah ranking konten. Ranking konten memang dapat membantu website mendapatkan lead dan konversi. Hanya saja, perlu proses yang tidak sebentar.
- Keyword dengan search volume tinggi, pada umumnya sudah dikuasai oleh website-website besar. Dengan hadirnya AI (Artificial Intelligence) sekarang ini, proses pendekatan seperti ini jadi lebih mudah dilakukan atau mudah ditiru.
Contoh Penerapan
Selain memiliki proses pengerjaan yang berbeda, product-led SEO juga memiliki ruang lingkup penerapan yang berbeda. Di mana product-led SEO, ampuh digunakan untuk Online Shop atau E-Commerce. Salah satu contoh nyatanya adalah Amazon. E-Commerce skala internasional ini memilih strategi yang berbeda dibandingkan dengan kompetitor yang ada, salah satunya, eBay.
Di mana Amazon menerapkan pendekatan product-led SEO. Alih-alih menghabiskan banyak waktu untuk memproduksi konten, Amazon justru lebih fokus kepada optimasi arsitektur website. Mereka juga memastikan setiap elemen teknis website berjalan dengan baik.
Tips Menjalankan Product-Led SEO
- Fokuskan optimasi website pada konten produk, meskipun search volume nya kecil, tapi ini dapat membantu Anda terhindar dari kompetitor.
- Jangan lupa elemen penting dari user experience. Pastikan website memiliki struktur yang baik dan mudah dipahami. Inventaris produk tersusun dengan rapi berdasarkan kategori yang sesuai
- Produksi lebih banyak halaman produk yang interaktif dan menarik. Sematkan demo produk yang menarik.
- Anda bisa membuat halaman perbandingan produk.
- Memberikan segmen khusus untuk cerita tentang pengalaman menyenangkan pengguna ketika mereka menggunakan produk Anda.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu product-led SEO?. Setiap metode SEO yang dijalankan, fokus pada objek produk.
- Apa itu content-led SEO?. Pendekatan optimasi website yang dilakukan melalui sebuah konten, umumnya digunakan untuk proses transfer brand knowledge.
- Di manakah saya dapat mempelajari product-led SEO ini lebih dalam?. Anda bisa membeli buku Product-Led SEO, The Why Behind Building Your Organic Growth Strategic, karya Eli Schwartz.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu product-led SEO. Apabila Anda sedang mencari Jasa SEO Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Membuat Konten Menarik dari Micro Moments
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.