Apa itu Holiday SEO – SEO menjadi salah satu jenis channel marketing yang banyak dipilih oleh para pebisnis. Hal ini wajar, mengingat SEO mampu memberikan pebisnis banyak manfaat. Satu di antaranya adalah SEO yang mampu memaksimalkan Return on Investment dengan biaya yang minimal.
Ya, ketika seorang pebisnis memutuskan untuk menggunakan SEO sebagai strategi marketingnya, maka yang perlu mereka investasikan adalah waktu dan usaha. Terkait masalah biaya, hanya akan berkutat di sekitar biaya untuk hosting dan domain. Sesekali untuk biaya langganan tools research SEO atau pemeliharaan website.
Yang pasti, faktor biaya bisnis di SEO tidak akan sebesar faktor biaya yang ada di strategi SEM (Search Engine Marketing), seperti Google Ads.
Di dalam proses SEO, ada banyak hal penting yang mesti Anda pelajari. Anda harus dapat memahami dengan baik 4 metode SEO utama yakni Local SEO, Technical SEO, On Page SEO, dan juga Off Page SEO. Di dalam 4 metode SEO ini, terdapat banyak teknik penting yang perlu Anda jalankan.
Satu di antaranya adalah Holiday SEO. Holiday SEO merupakan bagian dari teknik penerapan On Page SEO. Teknik ini penting untuk dipelajari karena mampu membantu pebisnis untuk memperkembangkan website pada periode tertentu. Lantas, apa sih holiday SEO itu?
MinTiv akan menjelaskannya secara lengkap di dalam artikel ini. Jadi, simak baik-baik ya!.
Apa itu Holiday SEO?
Sesuai dengan namanya, holiday SEO adalah proses optimasi website yang ditujukan khusus sesuai dengan musim liburan yang ada.
Baik itu informasi liburan yang berhubungan dengan produk atau jasa Anda, atau tidak sama sekali. Teknik ini banyak digunakan oleh para pebisnis karena dapat membantu mereka meningkatkan performa website pada periode tertentu.
Holiday SEO dapat membantu website mendapatkan peningkatan lonjakan traffic drastis. Plus, holiday SEO dapat membantu website menjadi lebih maksimal sebagai tool penghasil lead dan konversi bisnis, terutama di periode (masa liburan panjang) tertentu yang memang potensial untuk bisnis.
Kita dapat mengaitkan holiday SEO ini pada momen liburan panjang seperti liburan Hari Raya Idul Fitri, Natal, dan juga akhir tahun.
Bagaimana Cara Optimasi Holiday SEO?
Setelah mengetahui tentang apa itu holiday SEO beserta dengan manfaatnya, Anda pasti penasaran bagaimana cara tepat untuk mengoptimalkannya. Nah, karena MinTiv sedang berbaik hati, berikut ini adalah 3 tips jitunya untuk Anda;
1. Mempelajari Tren Pencarian
Tips yang pertama adalah dengan mempelajari tren pencarian di search engine. Untuk tips yang pertama ini, Anda bisa berharap banyak kepada tool gratis Google, yakni Google Trends. Tool dari Google ini dapat memungkinkan penggunanya mengetahui kata kunci apakah yang paling banyak dicari, di periode tertentu.
2. Membuat Konten Khusus Sesuai Tren Pencarian
Berikutnya adalah dengan membuat konten khusus sesuai dengan tren pencarian yang ada. Usahakan untuk memilih tren pencarian yang memang relevan dengan niche bisnis Anda. Atau, Anda bisa saja sedikit “memaksa” dengan menyematkan tren pencarian tersebut ke dalam konten.
Contohnya begini, MinTiv adalah bagian dari Agency SEO Terbaik asal Jogja Creativism, tetap aktif membantu pebisnis untuk berkembang di bulan Ramadan. Nah, karena kata Ramadan menjadi kata kunci yang tren di search engine (di bulannya), MinTiv memutuskan untuk membuat konten yang menyerempet sedikit ke kata kunci tersebut. Contohnya seperti di bawah ini;
3. Selalu Memperbarui Data yang Ada
Tips menjalankan Holiday SEO terakhir adalah dengan selalu memperbarui data konten yang ada. Ya, hal ini perlu dilakukan, terlebih jika musim liburan yang sama, kembali datang. Ini akan memperbesar peluang konten website untuk tetap ranking pada keyword yang ditarget.
Anda bisa memperjelas perubahan data yang diberikan tersebut dengan kata [Updated] di bagian judul konten.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu holiday SEO?. proses optimasi website yang ditujukan khusus sesuai dengan musim liburan yang ada.
- Manfaat dari holiday SEO?. Membantu website Anda untuk mendapatkan peningkatan traffic dan konversi drastis pada periode tertentu.
- Kelemahan dari holiday SEO?. Search volumenya yang cenderung kecil. Persaingannya berada di tingkat medium. Anda harus bisa memaksimalkan holiday SEO ini dengan konten terbaik.
- Bagaimana cara menjalankan holiday SEO?. Salah satunya adalah membuat konten khusus sesuai dengan tren pencarian yang ada.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu holiday SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap, hubungi saja Creativism.id
Baca Juga: Cara Melakukan Personalisasi Konten Secara Efektif dan Efisien
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.