Manfaat Long-tail Keywords – Ketika menjalankan SEO, maka kita akan mempelajari banyak hal penting. Satu di antaranya adalah keyword research. Keyword research sendiri adalah proses menemukan keyword atau kata kunci yang tepat sebagai target utama dari kampanye SEO. Proses ini penting untuk dilakukan karena dapat memberikan Anda banyak manfaat besar.
4 di antaranya adalah;
- Mengetahui tren perilaku user dan juga topik yang sedang populer.
- Website bisa mendapatkan target keyword yang relevan.
- Membantu website untuk mendapatkan traffic, lead dan konversi bisnis.
- Pebisnis bisa dengan mudah mengukur performa website.
Dari proses ini juga lah, pebisnis dapat mengetahui dengan pasti jenis keyword manakah yang paling bersahabat untuk proses kampanye SEOnya. Adapun jenis keyword yang paling banyak digunakan oleh pebisnis, terlebih untuk website yang baru memulai perjalanannya, adalah jenis long-tail keywords.
Apa itu long-tail keywords dan apa saja manfaat yang bisa pebisnis dapatkan dari jenis keyword ini?. Semua pertanyaan Anda di atas, akan MinTiv kupas lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Long-tail Keywords?
Sesuai dengan namanya, long-tail keywords adalah keywords atau kata kunci yang terdiri dari 2-4 kata di dalamnya. Jenis keywords yang satu ini memiliki ciri khas yang kental. Yakni memiliki tingkat persaingan atau kompetisi konten keyword yang relatif mudah, alias medium-low. Selain itu, jenis keyword ini memiliki search traffic/search volume (volume pencarian) yang cukup besar.
Karena 2 ciri khas inilah, tidak heran jika banyak SEO marketers mengandalkan long-tail keywords untuk kampanye SEOnya. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan long-tail keywords ini, 5 di antaranya adalah;
Manfaat Long-tail Keywords
1. Konten Website Lebih Mudah Terindeks
Manfaat yang pertama yang bakal Anda dapatkan dari penggunaan long-tail keywords ini adalah konten website yang mudah untuk terindeks. Hal ini wajar mengingat persaingan konten yang ada untuk jenis keywords ini, tidak se-ketat short-tail keywords.
Bahkan ada banyak konten website untuk tujuan optimasi long-tail keywords berhasil tembus di urutan teratas halaman hasil pencarian, meskipun authority websitenya rendah. Ya, kunci daripada penggunaan long-tail keywords ini, murni terdapat pada kualitas konten yang dihasilkan. Seberapa besar relevansinya terhadap keywords yang ditargetkan.
2. Website Mendapatkan Tambahan Traffic
Manfaat kedua long-tail keywords adalah website yang bisa mendapatkan tambahan traffic. Ya, meskipun website tergolong masih baru, tetapi penggunaan long-tail keywords akan membantunya dalam proses peningkatan visibilitas website.
Baca Juga: Panduan Lengkap Local SEO untuk Pemula
Metrik jumlah tambahan traffic nya memang tidak sebesar dari short-tail keywords, tetapi long-tail keywords jauh lebih tertarget. Sangat cocok diterapkan pada metode Local SEO.
3. Efektif Digunakan untuk Voice Search
Manfaat berikutnya adalah long-tail keywords yang efektif digunakan untuk voice search. Ya, voice search atau pencarian suara, biasanya menggunakan kalimat yang panjang. Pengguna yang menggunakan voice search, kemungkinan besar akan melakukan pencarian yang spesifik. Oleh sebab itu, penggunaan long-tail keywords akan jauh lebih bersahabat untuk voice search.
Baca Juga: Cara Optimasi Website untuk Voice Search
MinTiv sendiri menyarankan kepada Anda untuk mempelajari lebih dalam tentang jenis-jenis long-tail keywords untuk optimasi voice search. Ya, long-tail keywords pun juga terdiri banyak jenis. Adapun jenis long-tail keywords yang paling ampuh digunakan untuk proses optimasi voice search, baik itu Siri, Google Assistant, dan lain-lain, adalah question keyword.
4. Efektif Digunakan untuk Blog Marketing
Selanjutnya adalah long-tail keywords yang efektif digunakan untuk blog marketing. Terutama untuk pembahasan yang memerlukan jumlah kata yang banyak. Blog marketing sendiri adalah salah satu cara terbaik untuk pebisnis bisa melakukan transfer brand knowledge secara lebih mendalam.
Blog marketing juga banyak digunakan untuk kegiatan bangun personal atau corporate yang baik. Contoh saja seperti untuk kegiatan press release.
5. Memiliki Tingkat Konversi yang Lebih Tinggi
Last, but not least, adalah long-tail keywords yang dapat membantu website bisnis menjadi lebih optimal sebagai tool konversi. Ya, terlebih lagi jika long-tail keywords tersebut digunakan khusus untuk metode Local SEO. Sebuah metode optimasi website yang bertujuan untuk memudahkan pelanggan menemukan lokasi fisik atau kontak bisnis Anda di SERP (Search Engine Results Page).
FAQ Seputar Konten
- Apa itu long-tail keywords di dalam SEO?. keywords yang terdiri dari 2-4 kata di dalamnya.
- Apa keuntungan menggunakan long-tail keywords?. Menghindarkan Anda dari persaingan konten yang ketat, dengan search volume yang cukup.
- Bagaimana cara mendapatkan long-tail keywords yang tepat untuk website?. Sesuaikan dengan niche konten website Anda.
- Bagaimana cara mengoptimalkan long-tail keywords untuk website?. Anda bisa membacanya lengkap melalui link artikel ini.
Inilah penjelasan lengkap tentang manfaat long-tail keywords. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Layanan SEO Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Pesan Sekarang: Jasa Layanan SEO Terbaik dan Lengkap
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.