Jasa Sosial Media – Dewasa ini sosial media banyak digunakan oleh para pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan. Sebagaimana dilansir dari influencer marketing hub, ekosistem digital satu ini dipercaya dapat memperkuat brand awareness, mendatangkan banyak follower dan traffic, hingga meningkatkan konversi penjualan dengan mengeluarkan sedikit modal.
Tambah lagi, mengutip Mention.com, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu dalam bermain sosial media ketimbang aktivitas-aktivitas lainnya. Artinya, dari segi bisnis, sosial media menjadi potensi luar biasa dalam menggencarkan aktivitas pemasaran dan penjualan.
Namun, potensi ini akan menghilang begitu saja bila kita tidak tahu cara melakukan pemasaran berbasis komunitas konsumen. Inilah sebabnya Anda perlu menggunakan layanan jasa sosial media sekarang juga. Selain mengefisiensi aktivitas pemasaran, jasa sosial media mampu menawarkan keuntungan dalam jangka panjang secara sempurna.
Berikut beberapa layanan jasa sosial media yang wajib digunakan dalam bisnis Anda. Yuk, disimak baik-baik!
Layanan Jasa Sosial Media yang Sering Anda Temukan: Content Strategy!
Photo by GR Stocks on Unsplash
“Strategi tanpa taktik adalah jalan paling lambat menuju kemenangan. Taktik tanpa strategi adalah kebisingan sebelum kekalahan. “
― Sun Tzu, The Art of War
Percaya atau tidak, content strategy merupakan aset utama dalam memasarkan bisnis Anda. Lantaran mampu mendatangkan keuntungan jangka pendek dan jangka panjang. Membawa bisnis selangkah lebih maju dari kompetitor, sehingga menjadi suatu entitas otentik yang solid.
Kalau boleh jujur, kehebatan ini disebabkan dari content strategy itu sendiri, yang mampu membantu bisnis Anda dalam bergerak strategis sesuai brand message, target audiens, dan kata kunci. Tentu saja ini bisa terwujudkan dengan memilih jasa sosial media yang tepat: sang arsitektur terpercaya dalam mentranslasi ide dan kemauan Anda dalam bentuk konten yang sempurna.
Biasanya, jasa sosial media terbaik menawarkan layanan pembuatan editorial calendar yang mampu terintegrasi dengan berbagai platform sosial media dengan baik. Entah memadukan Instagram-Facebook-blog ataupun Instagram-LinkedIn-Whatsapp. Yang jelas semua tergantung dengan identitas bisnis dan kemauan Anda.
Layanan Jasa Sosial Media yang Harus Dipilih Berikutnya: Pembuatan dan Pemasaran Profil Akun Sosial Media Bisnis Anda!
…Terutama bagi Anda yang baru membuka usaha atau sekurang-kurangnya pemilik usaha kecil. Karena profil akun sosial media menjadi hal pertama yang dilihat oleh calon pelanggan, sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk Anda.
Dengan memesan layanan satu ini, berarti Anda sudah maju satu langkah dalam upaya pemasaran bisnis. Biasanya, jasa sosial media yang profesional mampu meracik kebutuhan Anda menjadi suatu profil akun sosial media yang kuat dan orisinil.
Selain itu juga, secara tidak langsung mendatangkan banyak penjualan melalui kata kunci di profil yang ramah search engine optimization (SEO). Oleh sebab profil ramah SEO membuat akun sosial media bisnis mudah ditemukan oleh calon pelanggan.
Pembuatan Konten
Photo by Maddi Bazzocco on Unsplash
Membuat konten bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang dari segi pembuatan, karena tinggal mengkreasikan ide dalam bentuk karya. Namun sulit dari segi pemasaran, di mana karya tersebut haruslah bersifat personal, atau dengan kata lain sesuai kebutuhan dan minat pasar.
Inilah sebabnya Anda harus menggunakan jasa sosial media, tak lain dan tak bukan untuk membuat konten yang “ideal” dan “sempurna”. Terutama untuk Anda yang baru memulai bisnis atau sedang kesulitan dalam mengeksekusi gagasan kreatif. Sebab, penyedia jasa digital satu ini terbiasa membuat konten dengan rapi dan cekatan.
Secara konseptual, misalnya, layanan mereka mampu membangun brand awareness di kalangan audiens bisnis klien. Entah melalui penulisan artikel di blog klien ataupun pembuatan konten interaktif nan menyenangkan di platform sosial media. Yang jelas, layanan mereka sesuai keinginan klien, identitas brand, target pasar, dan tentunya berkualitas tinggi (baik secara kata-kata maupun visual).
Jangan Salah, Memesan Layanan Jasa Sosial Media Berupa Publikasi Konten Juga Penting, Lho!
Photo by Debby Hudson on Unsplash
Percaya atau tidak, aspek engagement dalam postingan di akun sosial media bisnis Anda, berperan penting dalam menyukseskan penjualan produk. Akun media sosial dengan banyak jumlah pengikut tapi minim interaksi tiap postingannya, tentu dirasa janggal dan tidak kredibel di mata calon pembeli.
Nah, salah satu pendonor engagement terbesar adalah waktu postingan. Tentu Anda sering mendengar bukan, kalau memublikasi konten pada jam X lebih baik ketimbang pada jam-jam lain?
Oleh karena itu Anda perlu menggunakan jasa sosial media. Pertanyaannya, lho kok bisa melompat sampai situ? Karena, mereka sudah berpengalaman dalam mengelola akun sosial media milik klien, sehingga tidak perlu diragukan lagi kepiawaiannya. Termasuk pula dalam menemukan waktu yang pas untuk publikasi konten Anda.
Untuk perihal teknisnya, biasanya Anda diberikan kebebasan untuk memberikan gambaran umum terkait konten dan ide melalui brief projek. Sesudah mencapai kesepakatan, penyedia layanan akan menjadwalkan eksekusi konten tadi lengkap dengan waktu dan keterangan pemublikasian. Selebihnya Anda tinggal memantau pekerjaan dan mengevaluasi bila nantinya tidak sesuai ekspektasi pemasaran maupun penjualan.
Manajemen Komunitas
Kebanyakan dari Anda pasti berpikir bahwa aktivitas bisnis hanya sekadar penjualan, pemasaran, dan produksi. Benar bukan? Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pola pikir seperti ini. Namun, mau diakui atau tidak, ini merupakan pola pikir yang sudah ketinggalan zaman dan tidak relevan dengan budaya sekarang.
Seperti kita ketahui, sosial media mendekatkan yang jauh tapi menjauhkan yang dekat. Meski begitu, alasan utama orang-orang menggunakan sosial media adalah untuk berjejaring dengan orang lain.
Dengan demikian pemasaran bisnis berbasis komunitas akan sangat dinanti audiens, sehingga penjualan Anda pun bisa mendongkrak secara drastis. Jika tidak percaya, coba tengok entitas bisnis tersohor abad ini, seperti Starbuck, Mcdonald, dan lain sebagainya. Mereka sangat berhasil dalam meraup keuntungan melalui pembentukan komunitas berbasis konsumen.
Oleh karena itu, pilihlah jasa sosial media, yang sekurang-kurangnya menyediakan layanan manajemen komunitas seperti:
- Menambah dan menghapus anggota dari komunitas brand.
- Memoderasi konten brand berbasis komunitas.
- Berinteraksi dengan anggota dan memahami kesulitan mereka.
- Senantiasa menjawab pertanyaan anggota komunitas serta memberi dukungan kepada mereka.
- Menyelenggarakan event akbar yang terpersonalisasi dengan baik.
- Menghimpun feedback dari konsumen untuk brand, yang tentunya setelah itu dieksekusi.
- Merumuskan dan membuat pedoman komunitas.
- Memoderasi interaksi anggota dalam komunitas.
Mendapatkan Pelatihan Sosial Media Juga Menjadi Pilihan Layanan yang Menarik
Photo by NeONBRAND on Unsplash
Anda ingin menghemat kas bisnis secara jangka panjang? Mengikuti pelatihan sosial media dari jasa sosial media bisa menjadi jawaban terbaik untuk keresahan Anda!
Biasanya, pihak jasa sosial media akan menyediakan beberapa program pelatihan yang mencakupi pembangunan brand, pengenalan pada perilaku media sosial, gaya komunikasi dengan audiens, dan program-program keren lainnya.
Dengan memakai layanan satu ini, Anda tidak perlu repot-repot menggunakan jasa sosial media secara terus-menerus. Meskipun minusnya belum tentu, Anda sebagai pemula – dapat mengelola akun sosial media secakap pihak penyedia layanan.
Itulah beberapa layanan jasa sosial media untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Besar harapannya artikel ini bisa menjadi pijakan utama dalam proses pemilihan layanan terbaik. Dan tentunya meningkatkan penjualan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.
[…] Baca juga: 6 Layanan Jasa Sosial Media Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan […]