Bounce Rate Website Tinggi – Ketika memutuskan untuk menjalankan SEO, maka Anda pasti akan menemukan banyak istilah akan metrik-metrik penting di dalamnya. Satu di antara banyak istilah metrik-metrik penting itu adalah bounce rate. Apa itu bounce rate?. Bounce rate adalah metrik yang digunakan untuk menggambarkan jumlah atau persentase pengunjung web yang datang lalu kembali ke SERP dengan cepat tanpa melakukan interaksi apapun di dalamnya.
Dari definisi bounce rate di atas, kita dapat memahami dengan mudah bahwa semakin besar bounce rate yang didapatkan, maka semakin buruk dampaknya untuk perkembangan website bisnis. Ya, bounce rate yang tinggi akan sangat memengaruhi performa daripada SEO web secara keseluruhan. Apalagi, bounce rate yang tinggi menandakan web gagal bersaing pada 2 faktor ranking penting, yakni Pagespeed dan Page Experience.
2 faktor ranking yang sudah dikonfirmasi langsung oleh Google. Lantas, apa saja sih yang bisa menyebabkan sebuah web memiliki bounce rate yang tinggi. Di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan tentang 6 alasan mengapa bounce rate website tinggi. Penasaran apa saja?, simak baik-baik ya!.
6 Alasan Mengapa Bounce Rate Website Tinggi
1. Waktu Loading yang Lama
Alasan yang pertama, sekaligus menjadi yang paling banyak menyumbang nilai bounce rate tinggi adalah waktu loading konten website yang begitu lama. Waktu loading konten yang lama wajar terjadi terlebih lagi jika web server memiliki beban kerja yang terlalu berat. Semisal di dalam website tersebut memiliki banyak gambar atau video dengan ukuran file yang besar.
Baca Juga: Cara Meningkatkan Mobile Page Speed Website
Untuk bisa mengakali hal ini, Anda perlu melakukan kompres data konten sebelum diupload pada website utama. Anda juga bisa melakukan minify CSS/JavaScript untuk meringankan kinerja daripada web server. Alternatif lain, Anda bisa menggunakan server Content Delivery Network yang biasa disingkat CDN.
2. Konten Clickbait atau Berkualitas Rendah
Alasan yang kedua adalah konten website yang diakses oleh pengunjung adalah konten clickbait. Clickbait sendiri adalah salah satu teknik konten yang diterapkan pada bagian headline atau judul. Teknik ini mengandalkan elemen sensasional untuk bisa menarik perhatian pengunjung melakukan klik link yang ada. Elemen sensasional ini memiliki sifat “nakal” yakni menjebak pengunjung.
Baca Juga: Cara Membuat Konten Website Berkualitas Tinggi
Mereka yang telah melakukan klik akan merasa kecewa karena ternyata isi kontennya tidak sesuai dengan judul yang ada. Konten seperti ini jelas saja berkualitas rendah dan akan menghasilkan bounce rate yang tinggi. Selain itu, konten clickbait juga akan sangat memengaruhi page experience dan brand perception positif yang coba dibangun melalui website.
Tidak menutup kemungkinan bahwa konten clickbait akan mengundang marah banyak pengunjung dan melaporkannya sebagai spam. Selain clickbait, konten berkualitas rendah biasanya memiliki nilai relevansi yang rendah terhadap search intent keyword tertarget.
3. Website Mengalami Masalah Teknis
Ketiga adalah website yang mengalami masalah teknis. Ya, sudah pasti bahwa hal ini akan menimbulkan bounce rate yang tinggi. Jika Anda menggunakan WordPress, maka Anda pasti pernah mengalami website error dan menampilkan beberapa kode. Seperti kode 400 yang berarti Bad Request, 401 yang berarti Unauthorized, 403 yang berarti Forbidden, dan lain-lain.
Untuk bisa mengatasi masalah seperti ini, Anda perlu melakukan koordinasi dengan penyedia jasa server web hosting terpilih.
4. Menu Navigasi yang Sulit Dimengerti
Alasan berikutnya adalah menu navigasi yang dimiliki sulit untuk dimengerti. Hal ini berkaitan erat dengan desain struktur website. Apabila struktur website tidak baik, maka besar kemungkinan itu akan sangat memengaruhi performa menu navigasi yang ada. Padahal, menu navigasi jadi alat yang sangat pengunjung perlukan demi bisa menjelajah lebih jauh konten web Anda.
Struktur website yang tidak baik bukan hanya akan mengganggu performa menu navigasi web, tapi juga dapat mengganggu performa web pada versi mobilenya.
5. Terlalu Banyak Iklan yang Menganggu
Menjelang alasan terakhir, ada peletakan dan jumlah iklan yang mengganggu pengunjung. Ya, peletakkan iklan yang tidak tepat, menutup konten, serta iklan yang terlalu banyak justru malah akan membuat pengunjung jengkel. Alih-alih betah membaca konten Anda, mereka justru akan kembali ke SERP dengan cepat dan “merekomendasikannya” sebagai web terburuk yang pernah mereka kunjungi.
6. Call To Action yang Tidak Jelas, Terlalu Banyak Dead Link
Terakhir, adalah call to action yang tidak jelas. Ya, semisal Anda membuat konten promosi bisnis, tetapi di dalamnya, Anda tidak menjelaskan tindakan apa yang perlu dilakukan pengunjung demi bisa mendapatkan promosi tersebut. Alih-alih tertarik, pengunjung itu mungkin saja akan berkata “Niat Jualan Gak Sih”.
Call to action yang tidak jelas juga dapat terjadi apabila di dalamnya terdapat dead link. Link yang apabila diklik tidak mengarahkan pengunjung ke halaman web manapun. Biasanya deadlink memiliki nilai # pada atribut href-nya.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu bounce rate?. Metrik yang digunakan untuk menggambarkan jumlah atau persentase pengunjung web yang datang lalu kembali ke SERP dengan cepat tanpa melakukan interaksi apapun di dalamnya.
- Apa bedanya bounce rate dengan dwell time?. Dwell time adalah metrik yang digunakan untuk menggambarkan lamanya waktu pengunjung di dalam website. Dwell time adalah lawan dari bounce rate.
- Bagaimana cara mendeteksi bounce rate?. Kita dapat mendeteksi bounce rate melalui bantuan tools gratis Google bernama Google Analytics. Kita dapat melihatnya melalui menu Behaviour.
- Bagaimana cara mengatasi bounce rate yang tinggi?. Anda bisa membaca lebih penjelasannya melalui link artikel ini
Inilah penjelasan lengkap tentang 6 alasan mengapa bounce rate website tinggi. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Website Lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: 5 Perubahan Besar Algoritma Google Tahun Ini
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.