Cara Jualan di TikTok – TikTok aplikasi sosial media berbasis video pendek ini, memang sedang banyak digandrungi oleh anak-anak muda. Bahkan tidak hanya anak-anak muda, pebisnis-pebisnis hebat juga banyak menggunakan aplikasi ini sebagai bagian dari branding mereka.
Di tambah lagi pada September 2021, TikTok mengeluarkan fitur terbarunya yakni TikTok Shop. Sebuah fitur social commerce yang memudahkan kita untuk dapat melakukan branding product ataupun jasa yang dimiliki. Fitur ini sendiri muncul untuk memudahkan pengguna dalam memperkenalkan produk mereka.
Fakta lain, fitur ini juga muncul ketika penjualan melalui aplikasi TikTok meningkat. Semenjak kemunculan fitur ini, banyak pebisnis-pebisnis yang sudah meraih banyak untung dari aplikasi TikTok. Tercatat juga bahwa pada triwulan pertama tahun 2022, pengguna TikTok Shop telah mencapai angka 2 milliar lebih.
Penggunanya pun berasal dari berbagai macam negara, tidak hanya Indonesia, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada. Berbagai fakta yang telah MinTiv terangkan kepada Anda ini, menjadi sinyal kuat mengapa Anda harus segera memahami cara berjualan di aplikasi berbagi video ini dengan tepat.
Cara Jualan di TikTok
1. Buat akun TikTok Anda menjadi akun bisnis
- Sesuai arahan yang ada pada video di atas, Anda bisa memulai prosesnya dengan mendownload aplikasi TikTok di Play Store ataupun App Store.
- Setelah aplikasi terinstall, daftar atau buat akun dengan data-data bisnis yang Anda miliki. Mulai dari nama email, toko dan lain sebagainya.
- Setelah itu alihkan langsung jenis akun yang sudah dibuat menjadi akun bisnis
- Tekan icon atau menu Saya
- Setelah itu, akses icon hamburger atau garis tiga di pojok atas, dan pilih Kelola Akun Saya.
- Setelah itu alihkan ke Akun Bisnis, serta pilih kategori yang sama, yakni Bisnis.
- Edit profil, bio, dan jangan lupa untuk menautkan link usaha Anda.
2. Cara jualan di TikTok: Buat konten yang menarik dan lagi tren
Langkah selanjutnya adalah dengan membuat konten yang sedang viral, tren atau sedang banyak digemari akhir-akhir ini. Anda bisa mendapatkan informasi ini dengan mudah melalui hashtag FYP atau trending yang ada di TikTok.
Selain itu, Anda juga dapat memilih lagu dan filter yang sedang viral. Pemilihan lagu dan juga filter yang sedang viral akan membantu audiens market Anda lebih mudah menemukan bisnis yang sedang Anda jalankan.
3. Cara jualan di TikTok: Maksimalkan penggunaan fitur
Cara yang ketiga adalah dengan memaksimalkan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi TikTok. Sama seperti Instagram, TikTok punya banyak fitur yang menunggu dimanfaatkan oleh Anda.
Ada banyak sekali fitur yang bisa Anda manfaatkan dari TikTok, semisal Voice Changer function, stiker dan effect, filter, timer, dan juga beautify.
- Voice Changer function
Fitur ini dapat mengubah suara penggunanya menjadi berbagai suara, seperti tupai, vibra, elektronik, echo dan lain sebagainya. Voice changer function dapat Anda manfaatkan untuk membuat konten video pendek kreatif yang menghibur.
- Stiker dan effect
Yang kedua adalah stiker dan effect. Penggunaan stiker dan effect akan menjadikan konten TikTok Anda meriah, dan tidak bosenin. Tentu saja, Anda harus bisa menggunakan stiker dan effect yang relevan dengan konten Anda, agar konten Anda mudah diingat oleh audiens.
- Filter
Ketiga adalah filter, fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk mempercantik tampilan konten Anda. Untuk kegunaan filter di TikTok kurang lebih sama dengan yang ada pada aplikasi Instagram.
- Timer
Timer adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk dapat membuat konten dengan durasi video yang sesuai dengan musik. Kesesuaian durasi video dan musik, menjadi salah satu senjata kreator konten kebanyakan sekarang ini.
4 fitur di atas, hanyalah beberapa dari banyak fitur yang bisa Anda dapatkan dari aplikasi TikTok ini.
4. Caption yang menarik
Keempat adalah caption yang menarik. Sekarang ini bahkan banyak bertebaran kreator konten yang berfokus pada elemen multimedia teks untuk membuat konten yang menarik. Anda tentu tahu tentang typography yang sekarang ini sedang tren.
Juga beberapa konten yang menitikan beratkan elemen ini dalam sebuah video singkat (teks di atas video), seperti yang ada pada gambar di atas, yang juga sedang banyak digandrungi kreator konten.
Caption yang menarik juga dapat Anda tuliskan pada saat bagian mengupload video.
5. Tambahkan hashtag
Trik yang kelima adalah dengan menggunakan hashtag. Hashtag yang paling banyak digunakan di aplikasi TikTok adalah #fyp (For Your Page). Hashtag ini biasanya digunakan untuk konten-konten yang ingin masuk langsung di beranda video TikTok atau “page” pengguna TikTok.
Seperti yang kita tahu, konten-konten yang berada di “page” atau menu awal TikTok adalah konten-konten yang paling banyak mendapatkan viewer, like dan juga comment.
Selain menggunakan hashtag yang banyak digunakan oleh orang-orang, kamu juga bisa menggunakan hashtag yang melambangkan usaha kamu. Seperti #creativsim, #creativismgiveaway #creativisminfo dan lain-lain.
Bahkan, kamu juga bisa menggunakan hashtag dalam konteks UGC. Untuk masalah ini, MinTiv akan bahas pada satu artikel yang berbeda kedepannya. Tentang bagaimana Cara Menggunakan Hashtag untuk Branding Konten.
6. Posting konten di waktu yang tepat
Layaknya program Televisi, TikTok dan seluruh sosial media lainnya, memiliki Prime Time-nya tersendiri. Biasanya konten Anda akan banyak ditonton pada saat jam-jam kosong, seperti jam istirahat kantor, yakni jam 12:00 – 13:00, dan juga dari jam 17:00 – 20:00, saat orang orang sudah balik dari kantor, dan membutuhkan hiburan.
7. Pasang Iklan TikTok Ads
Terakhir adalah dengan menggunakan TikTok Ads. Ya, sama seperti Facebook dan Instagram yang menyediakan fitur ads, TikTok juga tidak mau kalah dan malah bersaing ketat dengan Facebook dan Instagram dalam hal pelayanan periklanan digital ini. Hanya saja, di TikTok Ads punya fokus yang lebih pada konten video.
Berikut ini beberapa jenis preferensi Ads yang bisa Anda gunakan dalam TikTok Ads.
- Pre-roll ads: Adalah iklan yang akan muncul pertama kali setiap kali pengguna membuka aplikasi
- In-feed ads: Iklan yang muncul saat pengguna melakukan scroll feed di TikTok. Tentu saja setelah dilakukan beberapa kali scroll-nya.
- Promoted hastag challenges: Iklan ini jenis dapat dikatakan sebagai bagian dari UGC (User Generated Content). Di mana Anda dapat menggunakan hashtag sebagai branding dari jasa atau produk Anda. Di TikTok kita bisa menemukan berbagai cara penggunaan hashtag ini sebagai challenges, seperti challenges dance TikTok dan lain-lain.
- Branded effects: Efek khusus untuk pembuat konten video mirip Snapchat, dan juga yang ada pada Instagram, hanya saja tujuannya untuk iklan.
Itulah 7 Teknik Jualan di TikTok yang Ampuh untuk Jualan Anda Jadi Laris Manis
Apabila Anda menginginkan solusi praktis, hemat dan juga berkualitas, Anda bisa menggunakan jasa pengelolaan konten TikTok dari Creativism.id. Digital Agency yang siap memberikan pelayanan terbaik Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk handle sosial media, website, SEO dan menyediakan kebutuhan promosi, termasuk di dalamnya, konten TikTok.
Bahkan dengan paket terendah saja, Anda sudah bisa mendapatkan jasa kelola TikTok lengkap dengan talent-nya sekaligus..
MinTiv sebelumnya juga telah merangkum kelebihan yang akan Anda dapatkan menggunakan jasa kelola TikTok Creativism.id ini. Semua kelebihan ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi kemajuan ataupun perkembangan bisnis Anda kedepan.
Baca juga: Jasa Kelola TikTok Paling Rekomendasi
[…] Menggunakan Hashtag – Pada artikel Cara Jualan di TikTok, MinTiv berjanji untuk memberikan tips yang keren tentang penggunaan hashtag. Tips, tentang […]