Cara Membedakan Backlink – Off Page SEO adalah salah satu metode SEO penting yang mesti Anda pelajari. Metode ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan nilai authority web yang ada. Terlebih pada nilai domain authority dan page authority. Off Page SEO sendiri adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan pada website alternatif. Metode ini akrab dengan 2 teknik penerapan di dalamnya, yakni backlink dan juga brand mention.
Nah, backlink jadi salah satu teknik favorit banyak SEO marketer. Banyak di antara mereka yang berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas. Ada yang menggunakan Private Blog Network, ada yang memanfaatkan website UGC (User Generated Content), dan ada juga yang membayar web blogger profesional agar mau memberikan backlink.
Cara terakhir sendiri, sebenarnya dulu tidak direkomendasikan oleh Google, bahkan tergolong ke dalam Black Hat SEO. Tapi, sekarang Google telah melunak dan menyediakan value atribut rel baru untuk elemen anchor atau backlink dari proses jual beli. Anda bisa membaca lebih lengkap penjelasannya melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apakah Membeli Backlink itu Diperbolehkan?
Dari sini, kita dapat mengetahui bahwa ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan backlink. Tapi sayangnya, tidak banyak SEO marketer yang tahu, terutama pemula, cara membedakan backlink yang berkualitas dengan backlink yang tidak berkualitas sama sekali.
Nah, hadir sebagai penyelamat, di sini MinTiv akan menjelaskan tentang cara membedakan backlink berkualitas dengan backlink yang tidak berkualitas secara mudah. Penasaran bagaimana caranya? simak baik-baik artikel ini ya!.
Cara Membedakan Backlink Berkualitas dan Backlink Tidak Berkualitas
Untuk bisa membedakan backlink berkualitas dengan yang tidak, sebenarnya cukup mudah. Kita cukup mengetahui dari mana backlink itu didapatkan, dan bagaimana backlink itu diberikan. Apabila backlink yang Anda dapatkan berkualitas, maka itu pasti dari website dan kriteria seperti di bawah ini;
Ciri- Ciri Backlink Berkualitas
- Datang dari website yang tepercaya, kredibel, dan memiliki reputasi konten yang baik. Jauh dari konten-konten negatif seperti judi, pornografi, hoaks dan lain sebagainya. Website seperti ini, pada umumnya memiliki metrik domain authority dan page authority yang tinggi.
- Memiliki niche konten yang relevan dengan niche konten website utama Anda. Semisal website utama Anda membahas tentang olahraga, dan Anda mendapatkan backlink dari website pecinta fitness. Olahraga (topik umum) tentu memiliki relevansi yang kuat dengan fitness (topik olahraga yang spesifik).
- Memiliki search traffic yang baik. Search traffic yang baik menandakan bahwa website pemberi backlink memiliki banyak konten yang sudah terindeks. Ini menandakan bahwa website pemberi backlink potensial mendatangkan traffic berjenis referral traffic pada website utama.
- Pemberian backlink tidak berlebihan. Semisal website pemberi backlink hanya memberikan Anda 2 backlink dari 1 halaman kontennya. Ini sudah maksimal.
- Pemberian backlink dilakukan senatural mungkin dan memang memiliki relevansi kuat dengan topik konten yang ada. Diletakkan pada bagian yang mudah terlihat oleh pengunjung website.
Ciri-Ciri Backlink Tidak Berkualitas
- Datang dari website yang tidak berkualitas, tidak kredibel dan memiliki reputasi konten yang jelek. Sudah pasti domain & page authority yang ada rendah. Sebaliknya, website seperti ini memiliki spam score yang tinggi.
- Memiliki niche konten yang tidak relevan dengan niche konten website utama Anda. Semisal website utama Anda membahas tentang olahraga, dan Anda mendapatkan backlink dari website pecinta kucing. Olahraga dan kucing jelas adalah 2 topik konten yang berbeda.
- Memiliki search traffic yang rendah. Jelas ini akan sangat memengaruhi kualitas backlink yang diberikan. Terlebih lagi jika backlink yang diberikan bernilai index atau follow. Crawler bisa saja melakukan penilaian kualitas yang sama untuk seluruh link yang tertaut. Jadi, kalau website pemberi backlink dinilai tidak berkualitas, website penerima backlinknya juga bisa dinilai sama.
- Pemberian backlink dilakukan secara berlebihan.
- Backlink yang diberikan diletakkan pada bagian website yang jarang diakses pengunjung. Semisal footer.
FAQ Seputar Konten
- Bagaimana cara membedakan backlink berkualitas dengan yang tidak?. Kita cukup mengetahui dari mana backlink itu didapatkan, dan bagaimana backlink itu diberikan.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara membedakan backlink berkualitas dengan yang tidak. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap dengan Pelayanan Backlink Berkualitas, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Apakah Konten Panjang Baik untuk SEO?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.