Trend SEO 2024 – SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google. Ilmu ini difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalam prosesnya, Anda harus dapat memahami 4 metode SEO utama. 4 metode SEO utama tersebut adalah On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO dan Technical SEO.
Berikut adalah penjelasan singkat masing-masing definisi metode SEO di atas;
- On Page SEO: Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan pada website utama.
- Off Page SEO: Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan pada website alternatif.
- Local SEO: Fokus utama dari metode SEO ini adalah pencarian lokal dan juga optimalisasi Google My Business.
- Technical SEO: Semua hal yang berkaitan dengan aspek teknis website adalah ruang lingkup dari Technical SEO.
Selain memahami 4 metode SEO di atas, Anda juga harus peka terhadap perkembangan terbaru dari algoritma Google, search engine nomor 1 di dunia. Memahami perkembangan terbaru dari algoritma Google akan memudahkan Anda untuk terhindar dari praktik Black Hat SEO.
Perlu diketahui juga bahwa memahami trend SEO terbaru juga termasuk ke dalam proses memahami perkembangan algoritma Google. Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan tentang trend SEO 2024 terbaru yang wajib untuk Anda ketahui. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
7 Trend SEO 2024 Terbaru
1. Google AI Snippets
Trend SEO 2024 pertama yang akan kita bahas adalah Google yang mulai menerapkan AI Snippets untuk beberapa hasil pencarian dari keyword tertentu. AI Snippets ini mampu menampilkan informasi yang ingin dicari oleh pengguna melalui keyword tertentu dalam bentuk rangkuman singkat yang mudah dimengerti. Penggunaan AI Snippets ini oleh Google, disinyalir juga bagian dari cara mereka masuk ke pasar Search Generative Experience.
Hadirnya AI Snippets ini jelas menjadi tantangan tersendiri untuk pebisnis yang menggembangkan website melalui SEO. Untungnya, Google telah memberikan tips agar sebuah website tetap dapat perform dan menjadi bagian dari hasil AI Snippets. Tak tanggung-tanggung, Google memberikan 3 tips jitunya sekaligus, dimulai dari;
- Maksimalkan elemen experience di dalam konten. Perbanyaklah produksi helpful content.
- Sematkan beberapa elemen multimedia menarik di dalam konten, baik yang berbentuk video ataupun grafik khusus.
- Maksimalkan elemen trust di dalam konten. Buatlah konten yang dapat menimbulkan kepercayaan dari pembacanya. Semisal Anda sedang membuat konten tentang tips merawat kucing yang sedang pilek. Anda bisa menambah keterangan yang menyatakan bahwa tips yang diberikan sudah teruji dan mendapatkan validasi dari dokter hewan tepercaya.
2. Video SEO
Trend SEO terbaru berikutnya adalah Video SEO. Konten berbentuk video memang menjadi daya tarik tersendiri untuk kebanyakan pengguna internet. Konten visual yang dikemas secara menarik akan memudahkan pengguna internet memahami maksud dari informasi tertentu. Informasi yang didapatkan pun cenderung lebih lama melekat di ingatan pengguna internet. Jika Anda menjalankan SEO website sekaligus SEO YouTube, Anda tidak boleh melewatkan trend yang satu ini.
Berikut ini adalah beberapa tips jitu yang bisa Anda terapkan untuk Video SEO, dimulai dari;
- Lakukan proses rekaman video yang berkualitas.
- Buatlah desain thumbnail video semenarik mungkin dan relevan dengan isi konten.
- Jangan lupa untuk sertakan transkrip video di dalamnya.
- Maksimalkan penggunaan metadata, tag YouTube dan juga deskripsi.
3. Local SEO
Berikutnya adalah Local SEO. Seperti yang sudah MinTiv jelaskan di awal artikel, Local SEO adalah salah satu dari 4 metode SEO penting. Local SEO memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang website bisnis, terutama dalam hal menghasilkan lead dan konversi.
Ada banyak data dan fakta yang mengatakan bahwa Local SEO mampu membantu bisnis meningkatkan lead dan konversi. Data dari Search Engine Journal bahkan mengatakan;
- 76% pengguna Google melalui smartphone melakukan penelusuran lokal. 28% dari 76% tersebut akhirnya melakukan pembelian di lokasi bisnis.
- 30% penelusuran Google, baik dari mobile maupun desktop, terkait dengan lokasi bisnis.
- 82% pengguna Google membaca Google Review di Local Pack Google My Business sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu.
Untuk tips Local SEO sendiri, MinTiv sudah merangkumnya menjadi 1 panduan lengkap. Anda bisa membaca rangkuman tersebut melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Panduan Local SEO Lengkap untuk Pemula
4. AI Tools
Trend SEO berikutnya adalah semakin maraknya penggunaan tools AI untuk keperluan optimasi konten. Ya, sejak Chat GPT meledak di akhir tahun 2022 lalu, dunia seakan mengalami demam AI massal. Melalui AI, kita dapat menghasilkan berbagai konten multimedia dengan mudah dan cepat. Baik itu teks (artikel, essai, dsb), gambar, ilustrasi, video, audio, dan juga animasi.
Penggunaan AI pun telah banyak diterapkan untuk keperluan SEO. Di mana AI mampu meningkatkan content velocity yang ada. Sayangnya, konten AI tidak dapat serta merta digunakan 100% untuk keperluan SEO. Anda tetap harus melakukan modifikasi, agar hasil yang didapatkan dapat memenuhi standar E-E-A-T Google.
Baca Juga: Konten AI vs Konten Manusia
5. E-E-A-T
E-E-A-T adalah algoritma konten Google, dipatenkan untuk menggantikan peran dari algoritma konten lama Google, yakni E-A-T. Lalu, apa sih E-E-A-T itu?. E-E-A-T adalah singkatan dari Experience, Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. Experience jadi elemen baru sekaligus pembeda dari algoritma konten sebelumnya, yakni E-A-T.
Perlu diketahui bahwa penekanan pada sisi experience pada konten ini, Google maksudkan untuk memperbesar nilai dari search quality rater. Penekanan pada sisi experience ini akan memperbesar nilai pada huruf T dari E-E-A-T yang berarti Trust.
Baca Juga: Apa itu Algoritma E-E-A-T dan Jenis-Jenis Kontennya
6. Multi-Channel Optimization
Selanjutnya adalah multi-channel optimization. Sesuai dengan namanya, optimasi ini dilakukan pada seluruh channel informasi yang brand miliki, selain tentunya website. Tujuannya jelas adalah untuk meningkatkan visibilitas pencarian bisnis di internet melalui berbagai jenis platform, baik dari itu media sosial, forum, search engine dan lain sebagainya. Untuk bisa melakukan multi-channel optimization ini dengan mudah, Anda bisa mengikuti beberapa tips jitu di bawah ini;
- Melakukan directory listings.
- Cari dan tetapkan 5 channel informasi yang potensial.
- Tentukan jadwal untuk upload konten di setiap channel informasi terpilih. Pastikan setiap channel memiliki konten yang unik.
- Jangan lupa untuk sematkan gambar atau video yang menampilkan nama brand Anda di dalamnya. Mudahnya, lakukan brand mention.
7. Voice and Mobile Search
Terakhir, adalah dengan mengoptimalkan voice dan mobile search. Didapatkan Webfx, lebih dari 1 miliar voice search dilakukan setiap bulannya. Bahkan di tahun ini, pasar voice search disinyalir akan mencapai angka $60 miliar. Untuk mobile search sendiri, identik dengan Local SEO.
Berikut ini adalah beberapa tips jitu untuk mengoptimalkan voice search, dimulai dari;
- Menuliskan konten dengan gaya bahasa layaknya sebuah percakapan.
- Menerapkan structured data markup.
- Membuat website mobile friendly.
- Jadikan question keyword sebagai target keyword utama.
- Buatlah halaman FAQ bisnis tersendiri.
FAQ Seputar Konten
- Apa pentingnya mempelajari algoritma atau trend terbaru SEO?. Anda dapat dengan mudah beradaptasi terhadap kebutuhan terbaru dunia industri. Anda jadi tidak ketinggalan dengan kompetitor, dan terhindar dari praktik Black Hat SEO yang dilakukan tanpa sengaja.
- Di mana saya bisa mendapatkan informasi terbaru terkait algoritma atau trend SEO terbaru?. Anda bisa mengunjungi rutin website Google Search Central.
Inilah penjelasan lengkap tentang trend SEO 2024 terbaru. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap dan Up to Date, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Membedakan Backlink Berkualitas dengan Yang Tidak
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.