Cara Mendapatkan Ranking 1 Google – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di halaman pertama Google melalui keyword tertentu. Ilmu ini mengharuskan pebisnis untuk peka terhadap segala perubahan yang Google berikan, terlebih pada algoritma pencariannya.
Ya, hal ini wajar mengingat Google adalah search engine nomor 1 di dunia.
Mendapatkan konten website bisnis berada di halaman pertama Google jelas sebuah kebanggaan. Bukan hanya akan membantu website mendapatkan lebih banyak tambahan traffic, tapi juga mampu menambah nilai jual bisnis itu sendiri.
Ya, konten website bisnis yang berada di halaman 1 Google jelas akan lebih bernilai di mata audiens. Terlebih lagi jika berhasil tembus pada baris pertama dari halaman 1 Google (ranking 1).
Sayangnya, seperti usaha mendapatkan perhatian dari orang terkasih, mendapatkan ranking 1 di Google juga tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum benar-benar bisa memenangkan persaingan konten di Page 1.
Lalu apa saja hal-hal yang dimaksud tersebut?. Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan membahas setidaknya 10 cara mendapatkan ranking 1 Google, dan 10 cara ini sudah terbukti ampuh!.
Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
10 Cara Mendapatkan Ranking 1 Google
1. Memahami Research Keyword Terlebih Dahulu
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami proses research keyword dengan baik.
Di dalam proses ini, Anda diharuskan untuk paham tentang jenis-jenis daripada keyword. Dimulai dari jenis short-tail keyword, mid-tail keyword dan juga long-tail keyword.
Bukan hanya dari jenis panjang katanya saja, Anda juga harus dapat memahami jenis jenis daripada keyword ini berdasarkan klasifikasi lain. Seperti klasifikasi level kesulitan, targeting, on-site keyword, buyer keyword, dan lain-lain.
Beruntungnya, MinTiv telah menuliskan artikel tentang jenis-jenis keyword berdasarkan banyak klasifikasi pada link artikel di bawah ini. Anda bisa melihat penjelasan lengkapnya segera dengan mengkliknya langsung.
Baca Juga: Jenis-Jenis Keyword yang Banyak Digunakan untuk Tingkatkan SEO
2. Memahami Jenis Jenis Search Intent
Setelah memahami jenis-jenis keyword, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memahami jenis-jenis daripada search intent. Search intent sendiri adalah tujuan pengguna Google ketika mengetikkan kata kunci tertentu.
Semisal ketika seseorang mengetikkan kata kunci Jasa SEO Jogja Terbaik di Google, maka search intent dari keyword tersebut adalah commercial. Artinya informasi yang berikan pada konten dengan target keyword tersebut haruslah mengandung unsur komersial.
Seperti layanan yang didapatkan, fitur yang didapatkan, harga, promo spesial, portofolio atau testimoni dan lain-lain.
Apabila Anda malah memasukkan poin lain yang malah bersifat informasi, seperti apa itu SEO, manfaat SEO, atau bahkan sejarah SEO, Google tidak akan memasukkan Anda di halaman 1, karena kurang relevan. Apalagi jika poin informasi tadi lebih dominan.
3. Belajar Membuat Konten SEO Friendly
Ketiga adalah dengan mulai belajar membuat konten SEO Friendly. Anda bisa mempelajari materi ini dengan menuliskan terlebih dahulu outline konten yang ingin dibuat.
Jangan terlalu kaku untuk membuatnya agar langsung SEO Friendly, tapi buatlah terlebih dahulu agar konten tersebut enak untuk dibaca dan menarik. Setelah mendapatkan pola atau cita rasa tulisan yang pas, barulah Anda lanjut untuk menjadikannya SEO Friendly.
Apabila Anda menggunakan WordPress, maka Anda bisa menggunakan fitur analisis SEO & readability dari plugin Yoast SEO.
4. Melakukan Audit Website
Lanjut ke tahap berikutnya adalah dengan melakukan audit website.
Bagian ini akan membuka cakrawala Anda lebih dalam mengenai site health yang dimiliki. Anda bisa menggunakan fitur premium dari SEMrush untuk bantu audit lebih cepat.
Apabila Anda belum memiliki cukup biaya untuk menggunakan fitur premium dari SEMrush, Anda bisa beralih ke cara manual.
Dimulai dari;
- Memastikan keyword konten berada di URL.
- Memastikan URL pendek dan mudah dibaca.
- Optimasikan page title website.
- Meta description mengandung keyword utama dan lain-lain.
Anda bisa membaca lengkap cara audit website manual pada link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Audit Website Manual, Cocok untuk Pemula di Bidang SEO!
5. Optimasi Google My Business
Selanjutnya adalah mengoptimalkan penggunaan Google My Business.
Google My Business adalah layanan dari Google yang diperuntukkan khusus untuk pemilik bisnis, agar bisnisnya mudah diketahui oleh audiens.
Di dalamnya, Anda bisa memasukkan detail-detail penting tentang bisnis.
Mulai dari jam buka, nomor kantor, alamat kantor, produk, dan juga sharing postingan sosial media.
Menggunakan Google My Business akan membantu Anda optimal pada salah satu metode SEO, yakni Local SEO. Optimasi website agar dapat tampil di halaman pertama Google spesifik pada pencarian lokal.
6. Mendapatkan Backlink Berkualitas dari Website yang DA PAnya Tinggi
Keenam adalah dengan berusaha mendapatkan backlink berkualitas dari website yang DA PAnya tinggi. DA PA sendiri adalah Domain dan Page Authority, sebuah indikator yang diciptakan oleh Moz untuk mengukur nilai SEO website.
Meskipun bukan nilai resmi dari Google, tapi menggunakan patokan yang dibuat oleh Moz ini bisa bantu Anda menyaring website yang berkualitas.
Baca Juga: 5 Strategi Off Page SEO yang Jarang Diketahui Tapi Terbukti Ampuh!
Selain mempertimbangkan DA PA yang tinggi dari website pemberi backlink, Anda juga harus mempertimbangkan tentang kesehatan dan juga relevansi website pemberi backlink tersebut.
Sayangnya untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas bukanlah hal yang mudah.
Neil Patel, internet marketer dunia mengatakan, bahwa backlink berkualitas didapatkan melalui hubungan yang kuat antara pemilik website.
7. Menjalankan Social Bookmarking
Berikutnya adalah dengan menjalankan social bookmarking.
Dilansir dari laman Sprout Social, social bookmarking adalah proses penandaan halaman website dengan memanfaatkan fitur bookmark agar pengunjung dapat mengunjungi halaman yang sedang dikunjunginya pada lain waktu dengan cepat.
Teknik ini sering digunakan terutama ketika web content writer menanamkan sebuah link yang mengarah ke website mereka saat menjadi guest writer dari website lain (backlink).
Nah, konten website yang menjadi tujuan link tersebut akan mengalami peningkatan traffic sesuai dengan peningkatan jumlah traffic yang berasal dari situs social bookmark tersebut. Konten website yang menjadi tujuan link itu juga akan ikut divalidasi oleh mesin crawler Google.
Adapun contoh dari social bookmarking adalah;
- Twitter.
- Pinterest.
- Facebook.
- LinkedIn.
- Medium.
- Kaskus.
- dan website UGC (User Generated Content) lainnya.
8. Memperhatikan Algoritma Terbaru Google, Pahami White Hat, Black Hat dan juga Gray Hat SEO
Kedelapan adalah dengan memperhatikan algoritma terbaru Google.
Hal ini penting agar strategi SEO yang Anda jalankan tidak berjalan-jalan sia-sia atau bahkan menjadi penyebab terbesar posisi website di SERP Google menurun.
Anda bisa mengetahui algoritma terbaru Google ini melalui banyak situs yang membahas tentang SEO.
Sebut saja Search Engine Journal, Search Engine Land, Search Engine Watch dan juga tentu saja Google Search Central Blog.
Selain itu, Anda juga harus paham tentang apa itu white hat, black hat terlebih gray hat SEO. Mengapa? karena kebanyakan pemula tidak sadar bahwa optimasi SEO yang mereka lakukan termasuk ke dalam jenis gray hat SEO.
Metode optimasi SEO yang abu-abu, kadang bisa menjadi white dan kadang malah menjadi black, karena algoritma Google yang berubah dan memaksanya masuk kategori black hat SEO.
9. Konsisten Adalah Kunci, SEO itu Maraton Bukan Lari Cepat!
Kesembilan adalah konsisten melakukan 8 cara sebelumnya. Ingat bahwa SEO berbeda jauh dengan SEM Google Ads. SEO adalah tentang maraton, jadi Anda harus bersabar dengan Google dan selalu berikan konten yang berkualitas setiap saat.
10. Menggunakan Jasa SEO Terbaik
Yang terakhir dari cara mendapatkan ranking 1 di Google, tidak wajib, tapi bisa menjadi “jalan pintas” terbaik.
Ya, agency SEO pastinya memiliki kualifikasi tersendiri untuk mengoptimalkan website Anda.
Mereka punya sumber daya untuk melakukannya, dimulai dari sumber daya tenaga produksi konten berkualitas, sumber daya tools research keyword premium, dan juga koneksi yang luas untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.
Soal strategi, tidak usah ditanya, karena sejatinya agency SEO terbaik pasti punya 1001 cara untuk optimalkan website Anda.
Lalu di mana Anda bisa mendapatkan Jasa SEO Terbaik tersebut?. Jawabannya adalah Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Cara Ampuh Mendapatkan Ranking 1 di Google […]