Domain Menggunakan Target Keyword – Web marketing adalah salah satu dari sekian banyak marketing channel yang dipilih oleh pebisnis cerdas.
Strategi digital marketing ini dijalankan bersamaan dengan teknik SEO marketing. Sebuah teknik pemasaran untuk meningkatkan visibilitas website di halaman pertama Google melalui keyword tertentu. Di dalam teknik ini Anda akan temukan banyak penerapan teknik SEO.
Dan bahkan untuk masalah pemilihan domain saja sudah termasuk ke dalam teknik SEO itu sendiri lho!.
Ya, domain website bisa menjadi poin penentu dari awal kampanye web marketing yang sukses.
Biasanya nama domain ini diberikan sesuai dengan nama brand yang dibuat oleh pebisnis. Semisal Adidas, mereka menggunakan nama domain Adidas.com, Nike dengan Nike.com, dan lain-lain.
Namun tak jarang banyak pebisnis yang menggunakan nama domain mereka langsung dengan target keywordnya. Semisal saja ada pebisnis yang menjalankan bisnis jual beli sepatu di Jogja, lalu mereka memutuskan untuk menjalankan web marketing.
Baca Juga: Jenis-Jenis Keyword di dalam SEO
Dan nama domain yang dipilih adalah jualbelisepatujogja.com. Mereka memberikan nama seperti itu untuk jalan pintas meningkatkan ranking website di Google.
Lalu, apakah ini salah atau akan berakibat buruk pada SEO website?. MinTiv akan menjelaskan kepada Anda lengkap di sini.
Dampak Domain Menggunakan Target Keyword
Untuk beberapa kasus, teknik pemberian domain menggunakan target keyword ini terkadang berhasil. Terkadang (bahkan banyak) juga tidak berhasil. John Mueller dari Search Analyst Google mengatakan bahwa menggunakan domain dengan target keyword adalah ide yang buruk.
Pernyataan ini didapatkan dari thread Reddit, saat user di sana menanyakan apakah membeli domain yang mengandung kata kunci adalah ide yang bagus.
Berikut kutipan jawaban Mueller:
Saya kurang setuju dengan penggunaan domain yang mengandung kata kunci. Menurut saya (menggunakan domain yang mengandung target keyword):
dapat membuat domain terkesan seperti spammer
akan menyulitkan ketika Anda ingin mengubah fokus bisnis atau melakukan ekspansi
Anda juga tidak akan memiliki nama brand yang bisa dicari oleh orang lain (di search engine).
Selain itu, (menggunakan target keyword sebagai nama domain) juga membuat Anda harus terus berkompetisi dan sulit dalam membangun relasi jangka panjang dengan pelanggan.
John Mueller, Reddit
Dari pernyataan Mueller ini kita dapat mengetahui bahwa ada 4 dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan domain sesuai dengan target keyword.
1. Memberikan Kesan Website Spam
Yang pertama adalah memberikan kesan website bisnis menjadi website spam. Ya, karena pada umumnya pemberian nama domain yang sesuai dengan target keyword ini digunakan oleh website spam.
Baca Juga: Perbedaan White Hat SEO dengan Black Hat SEO
2. Fokus Bisnis Menjadi Lebih Kaku dan Tidak Fleksibel
Yang kedua adalah Anda tidak bisa beralih niche bisnis dengan cepat dan luwes.
Anggaplah Anda adalah orang yang menjalankan bisnis jual beli sepatu Jogja sebelumnya. Anda membeli domain dengan nama jualbelisepatujogja.com. Lalu Anda gagal di bisnis tersebut dan pada akhirnya Anda memutuskan pindah ranah bisnis menjadi jual beli laptop bekas.
Anda tentunya tidak bisa lagi menggunakan website dengan domain yang lama. Anda harus membayar domain baru untuk niche bisnis yang baru.
Ambil contoh kasus lain, semisal Anda ingin mempeluas layanan jual beli sepatu Anda bukan hanya di Jogja. Tapi juga daerah lain di Provinsi Jawa Tengah. Anda pastinya akan kesulitan untuk mendapatkan traffic yang lebih luas, karena domain Anda yang sudah tertarget di lokasi Jogja.
Plus pengunjung dari luar Jogja akan kesulitan mencari informasi website Anda.
3. Brand yang Tidak Unik, Persaingan Menjadi Sulit!
Alasan yang ketiga adalah nama brand menjadi tidak unik, dan persaingan website bisnis Anda semakin sulit.
Padahal nama brand yang unik menjadi salah satu syarat mutlak untuk pebisnis bisa melakukan sounding dalam bisnis. Tanpa nama yang unik tersebut, brand Anda akan dicap “murahan” dan bahkan “tidak original”.
Baca Juga: 8 Strategi Branding yang Bisa Bikin Bisnis Maju!
Ditambah lagi website dengan nama brand yang tidak memiliki nama unik atau sesuai dengan target keyword nyatanya memiliki persaingan yang sulit di Google Search.
4. Relasi Bisnis Sulit Terwujud
Yang terakhir menurut Mueller adalah menyulitkan Anda untuk membangun relasi bisnis.
Ya hal ini terjadi karena efek domino dari dampak sebelumnya. Inilah penjelasan lengkap tentang dampak penggunaan nama domain sesuai dengan keyword yang ditargetkan.
Apabila Anda membutuhkan Jasa SEO Terbaik yang memahami dengan baik berbagai teknik optimasi SEO, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
Wah banyak juga dampaknya yaa. Kalau sesuai target jadi panjang juga nanti nama domainnya dan gak menarik lagi. Bener sih kalau mau ganti atau ekspansi lagi jadi lebih sulit. Makanya harus dipikirkan betul² nama domain agar tidak mudah ganti².
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv
Langkah pertama untuk mencari domain adalah memastikan domain tersebut unik..Penting untuk sounding dalam bisnis
Ternyata pemakaian nama domain pengaruh juga ya sama penjualan. Mungkin karena mengandung keyword jadinya akan mudah ditemukan oleh pembeli dan penjual segera mendapatkan untungnya secara instan
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv
Ya, itu harapannya, tapi faktanya dari orang Google sendiri tidak merekomendasikan hal itu.
Aku sampai sekarang belum paham betul target SEO. Kadang kalau nulis pokok nulis sesuai keyword aja entah itu masuk atau endak juga gak tau
Terima kasih telah berkunjung ke Blog MinTiv
Silahkan kunjungi terus Blog ini agar wawasan tentang SEOnya bisa bertambah :). Konsultasi dengan MinTiv pun, boleeeh
[…] Baca Juga: Dampak Menggunakan Domain dengan Target Keyword […]