Karakteristik Gen Z di Media Sosial – Sebutkan salah satu strategi digital marketing yang banyak dipilih oleh para pebisnis?. Satu di antara banyak jawaban yang ada, mungkin akan mengarahkan Anda kepada strategi social media marketing. Sesuai dengan namanya, social media marketing adalah teknik pemasaran yang memanfaatkan media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook dan lainnya, sebagai media utama penyebaran content marketing.
Terpilihnya media sosial sebagai media penyebaran content marketing ini, tidak lain dan tidak bukan disebabkan karena social media marketing mampu memberikan pebisnis banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah;
- Dapat menarik lebih banyak konsumen.
- Memudahkan pebisnis untuk melakukan analisis kompetitor.
- Pebisnis bisa dengan mudah mengetahui trend konten terbaru.
- Feedback produk atau layanan yang cepat diterima. Pengguna media sosial cenderung lebih mudah untuk memberikan komentarnya.
- Jangkauan audience yang lebih luas.
- Social media marketing ampuh digunakan sebagai bagian dari viral marketing.
Sayangnya, social media marketing bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Ada banyak hal yang mesti Anda pelajari terlebih dahulu. Terlebih lagi menyangkut soal target audience utama. Adapun target audience yang paling menjanjikan di media sosial, berasal dari mereka generasi Z.
Generasi Z adalah generasi yang lahir pada periode 1997 sampai dengan 2012. Perlu diketahui bahwa Gen Z saat ini menjadi generasi terbesar di Indonesia. Jumlahnya bahkan mencapai persentase 27,59% dari total populasi masyarakat Indonesia.
Data dari Indonesia Gen Z Report 2024 di atas, juga diperkuat melalui sejumlah data pengguna media sosial. Sebut saja Instagram dan juga TikTok yang demografi penggunanya saat ini, didominasi oleh Gen Z.
Didapatkan dari Statista, jumlah pengguna Instagram dari umur 18-24 tahun, mencapai persentase 37%. Rinciannya adalah 15,2% dari gender pria, dan 16,5% dari gender wanita. Kurang lebih sama dengan Instagram, TikTok juga menjadi media sosial favorit untuk kalangan Gen Z. Jika ditotal, jumlah pengguna TikTok dari kalangan Gen Z mencapai persentase 46,84%. Data ini didapatkan dari Internet APJII.
Karakteristik Gen Z di Media Sosial
Melalui data dan fakta di atas, maka wajar jika Gen Z menjadi sasaran utama pebisnis yang menjalankan social media marketing. Terlebih lagi melalui kedua media sosial Instagram dan TikTok. Lantas, bagaimana caranya agar pebisnis bisa memaksimalkan target audience dari demografi Gen Z ini?.
Salah satu jawabannya adalah dengan memahami karakteristik mereka di media sosial. Di dalam artikel ini, MinTiv akan berbagi 5 karakteristik utama Gen Z di media sosial. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
1. Gen Z Menghargai Dampak Brand
Karakteristik Gen Z di media sosial yang pertama adalah Gen Z yang sangat menghargai dampak daripada brand. Mereka senang dengan brand yang menekankan nilai moral tertentu, baik itu yang berkesinambungan langsung dengan sesama manusia ataupun dengan lingkungan hijau.
Gen Z dengan karakteristik seperti ini, biasanya melakukan pembelian atas dasar motivasi untuk membantu sesama. Anda bisa saja memanfaatkan karakteristik ini seperti mempromosikan bahwa setiap produk Anda, 11% keuntungannya akan disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan.
Tentu saja, Anda harus benar-benar merealisasikannya.
2. Adanya Personalisasi
Kedua adalah adanya personalisasi. Ya, produk atau layanan yang Anda tawarkan haruslah dapat mewakili perasaan dan memenuhi kebutuhan dasar Gen Z. Anda harus dapat memastikan bahwa produk bisnis Anda mampu memberikan nilai lebih yang itu sesuai dengan kepribadian kebanyakan target audience Gen Z yang potensial.
Anda bisa melihat contoh nyata keberhasilan keterlibatan elemen personalisasi pada proses promosi, melalui iklan Coca-Cola di tahun 2015. Saat itu, Coca-Cola sengaja membuat produk khusus untuk menyambut kemerdekaan Indonesia yang ke-70, dengan meluncurkan 70 nama populer di Indonesia di produk mereka.
Strategi ini tentu saja berhasil menyita banyak perhatian target audience. Tidak terkecuali dari mereka kalangan Gen Z.
3. Mahir Menggunakan Teknologi
Karakteristik berikutnya adalah Gen Z yang tergolong mahir menggunakan teknologi. Ya, hal ini wajar saja mengingat Gen Z lahir pada era di mana pengembangan teknologi masif dilakukan.
Rata-rata dari mereka, terutama yang lahir pada tahun 2003 ke bawah (sampai 1997) adalah mereka yang merasakan pengembangan teknologi secara bertahap. Tidak heran jika kebanyakan dari mereka terbiasa melakukan 2 pekerjaan sekaligus, atau multitasking.
4. Media Sosial, Sumber Utama Informasi Mereka
Keempat, adalah mereka yang gemar bermain media digital. Didapatkan Warc, Gen Z di Indonesia menempati peringkat 3 dunia dengan jumlah pemain mobile game terbesar. Gen Z Indonesia “hanya kalah” dari Jepang dan juga Korea Selatan.
Rata-rata waktu yang mereka habiskan di media digital adalah 7,6 jam per bulan. Selain gemar bermain game, Gen Z di Indonesia juga “gemar” menjadikan media sosial sebagai sumber utama informasi mereka. 73% responden dari Gen Z menggunakan media sosial sebagai sumber utama informasi mereka.
Mereka sangat tertarik dengan konten yang menghadirkan headline kontoversi atau sedikit clickbait dengan ukuran font yang besar. Tidak heran jika akun-akun media sosial seperti FOLKATIVE dan sejenisnya, menjadi primadona untuk kalangan Gen Z.
5. Aktif di Media Sosial
Terakhir, adalah Gen Z yang terkenal aktif di media sosial. Terlebih lagi setelah hadirnya TikTok di Indonesia mulai periode 2018 lalu. Hampir semua Gen Z saat ini memiliki akun TikToknya sendiri. TikTok menjadi sarana untuk Gen Z mengekspresikan dirinya.
FAQ Seputar Konten
- Manakah yang lebih baik, Instagram Marketing atau TikTok Marketing?. Anda bisa mengetahui jawabannya lebih lengkap melalui link artikel ini.
- Strategi marketing apakah yang ampuh untuk social media marketing?. Ada banyak strategi ampuh yang bisa Anda gunakan. Namun, belakangan brand brand besar banyak menjalankan strategi emotional marketing. MinTiv akan membahasnya lebih lengkap pada artikel berikutnya.
Inilah penjelasan lengkap tentang Karakteristik Gen Z di Media Sosial. Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan Jasa Kelola Instagram atau Jasa Video TikTok, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Bisakah SEO dan PPC Dijalankan Bersamaan?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda.
Promo Spesial Agustus 2024
Di bulan yang spesial ini, Creativism tengah mengadakan Promo naSEOnal untuk paket Bronze. Anda bisa membaca keterangan lengkap mengenai promo naSEOnal spesial ini melalui Instagram mereka di @creativism.id.
Silahkan hubungi mereka melalui nomor WhatsApp 081 22222 7920 untuk konsultasi lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat.