SEO dan PPC Dijalankan Bersamaan – SEO adalah kependekan Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google. Ilmu ini dijalankan melalui keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalam prosesnya, ada banyak hal yang mesti Anda pelajari. Seperti dapat memahami 4 metode SEO beserta dengan berbagai teknik penting di dalamnya. 4 metode SEO utama yang dimaksud tersebut adalah On-Page SEO, Off-Page SEO, Local SEO dan juga Technical SEO.
Selain itu, pebisnis yang memilih SEO sebagai strategi digital marketing utamanya, juga harus dapat memahami perkembangan trend konten dan juga algoritma terbaru dari Google. Meskipun SEO memberikan pebisnis banyak tantangan, tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap menjalankannya.
Melalui SEO, pebisnis bisa mendapatkan banyak manfaat. Adapun manfaat terbesar SEO bagi pebisnis adalah membantu mereka untuk meningkatkan return on investment maksimal dengan modal biaya yang minimal. Terlebih lagi jika dibandingkan dengan biaya yang diperlukan untuk kegiatan PPC (Pay Per Click) marketing. Layaknya menggunakan TikTok Ads, Meta Ads ataupun Google Ads.
SEO dan PPC memiliki cara kerja yang sangat berbeda. Di mana SEO menawarkan pebisnis keuntungan dengan durasi lebih lama, tetapi dengan jangka waktu untuk mendapatkannya, juga lama. Sedangkan PPC seperti Google Ads misalnya, menawarkan pebisnis jangka waktu mendapatkan keuntungannya secara cepat, tetapi lamanya keuntungan tersebut juga cepat berlalu atau bergantung kepada budget yang dimiliki.
Meskipun begitu, faktanya kedua strategi digital marketing ini dapat bersinergi dengan baik dalam membantu tumbuh kembang website bisnis. Lalu, bagaimana caranya untuk dapat menjalankan SEO dan PPC bersamaan?.
MinTiv akan menjelaskan caranya lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Bisakah SEO dan PPC Dijalankan Bersamaan?
1. Menargetkan Keyword yang Kompetitif
Cara yang pertama adalah dengan menargetkan keyword yang kompetitif sebagai tujuan utama kampanye SEO dan juga kampanye PPC yang dilakukan. Semisal Anda ingin menargetkan keyword Jasa Reparasi Komputer.
Maka Anda bisa membuat artikel SEO yang search intent nya sesuai dengan keyword tersebut. Lalu, Anda bisa menggunakan keyword Jasa Reparasi Komputer ini sebagai bagian dari PPC marketing Anda. MinTiv sarankan untuk menggunakan platform yang berbeda, seperti Meta Ads untuk Facebook & Instagram misalnya.
Apabila konten SEO dengan keyword Jasa Reparasi Komputer berhasil perform di Google, maka itu akan meningkatkan metrik traffic website. Terutama yang berjenis organic search. Sedangkan iklan dengan keyword utama yang sama di Facebook & Instagram Ads, akan membantu website mendapatkan lebih banyak traffic berjenis paid atau social traffic.
Teknik seperti ini, akan meningkatkan visibilitas pencarian bisnis pada media informasi mainstream. Pada akhirnya, ini juga akan berujung pada meningkatnya brand awareness yang didapatkan.
2. Pertukaran Data
Berikutnya adalah dengan melakukan pertukaran data. Anda bisa menggunakan PPC sebagai cara cepat untuk melakukan data enrichment. Dari kegiatan PPC ini, Anda bisa menemukan buyer persona yang tepat. Gunakan data-data tersebut sebagai acuan untuk Anda membuat konten SEO website yang lebih tertarget.
Sebaliknya, Anda juga bisa menggunakan data-data yang didapatkan dari aktivitas SEO website untuk keperluan PPC. Anda bisa menggunakan data-data dari Google Analytics atau Google Search Console sebagai referensi pembuatan konten iklan.
3. Membuat Halaman Promosi Website Menarik
Berikutnya adalah dengan membuat halaman promosi website secara menarik. Untuk dapat memaksimalkan proses ini, Anda perlu memahami lebih dalam apa itu SEO copywriting. Teknik pembuatan konten yang bukan hanya memenuhi kriteria SEO friendly tapi juga mengandung berbagai jenis teknik copywriting.
Jadikan halaman promosi tersebut sebagai tujuan akhir dari iklan PPC Anda. Di beberapa kasus, teknik seperti ini ampuh membantu konten untuk lebih mudah perform di Page 1 meskipun kampanye PPC yang mengarah padanya, sudah berhenti.
4. Pelajari Product-Led SEO
Keempat adalah dengan menjalankan taktik Product-Led SEO. Product-led SEO adalah terminologi yang dikembangkan oleh internet marketer ternama dunia, Eli Schwartz. Terminologi ini memiliki arti bahwa setiap metode SEO yang dijalankan, fokus pada objek produk.
Product-Led SEO Eli Schwartz ini dikembangkan sebagai terobosan baru terhadap Content-Led SEO. Anda bisa membaca lebih lengkap apa itu Product-Led SEO melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Product-Led SEO
Jika Anda sudah memahaminya, maka terapkan konsep Product-Led SEO ini pada iklan produk atau layanan di aktivitas PPC. Buatlah keterangan yang ada pada iklan tersebut, penuh dengan keterangan menarik seputar produk. Jangan lupa untuk sematkan Unique Selling Point yang produk tersebut miliki.
FAQ Seputar Konten
- Manakah yang lebih menguntungkan untuk pebisnis pemula, SEO atau PPC seperti Google Ads?. Anda bisa membaca lebih lengkap jawaban pertanyaan ini, melalui klik link ini.
- Apakah SEO dan PPC dapat dijalankan secara bersamaan?. Tentu saja bisa, terlebih lagi brand-brand besar juga menggunakan kedua metode ini.
- Dalam hal apakah kedua strategi digital marketing ini dapat bersinergi dengan baik?. Secara garis besar, kedua strategi digital marketing ini dapat bersinergi dengan baik dalam hal integrasi data target audience.
Inilah penjelasan lengkap tentang Bisakah SEO dan PPC dijalankan secara bersamaan. Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan Jasa SEO ataupun Jasa Facebook & Instagram Ads Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Agar Konten Bisa Cepat Terindeks Google
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda.
Promo Spesial Agustus 2024
Di bulan yang spesial ini, Creativism tengah mengadakan Promo naSEOnal untuk paket Bronze. Anda bisa membaca keterangan lengkap mengenai promo naSEOnal spesial ini melalui Instagram mereka di @creativism.id.
Silahkan hubungi mereka melalui nomor WhatsApp 081 22222 7920 untuk konsultasi lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat.