Cara Mendapatkan Traffic Web Berlimpah – Website adalah salah satu tools bisnis yang banyak digunakan saat ini. Hal ini wajar mengingat website memberikan pebisnis banyak manfaat. Satu di antara banyak manfaat website untuk pebisnis adalah mampu memudahkan mereka untuk melakukan data enrichment. Ya, melalui website, pebisnis bisa mendapatkan data-data penting terkait calon pelanggan yang menjadi pengunjung mereka.
Pebisnis bisa memanfaatkan data-data tersebut untuk proses promosi atau iklan yang jauh lebih tertarget. Sesuai dengan kebutuhan dan juga trend industri terbaru. Kita dapat memahami ini sebagai bagian dari personalisasi konten. Lalu, bagaimana cara membuat website bisa didatangi oleh banyak calon pelanggan?.
Anda mungkin sejenak berpikir bahwa cara paling ampuh untuk mendatangkan banyak pengunjung website adalah dengan menjalankan iklan digital atau Pay Per Click Marketing. Sesuai dengan namanya, pay per click marketing adalah model iklan digital, di mana pengiklan harus dapat membayar sejumlah uang untuk setiap klik yang didapatkan. Ada banyak platform iklan digital yang bisa digunakan untuk PPC ini.
Sebut saja Meta Ads, LinkedIn Ads, TikTok Ads, dan yang paling powerful tentu saja adalah Google Ads.
Masing-masing dari platform iklan digital ini, mampu membantu Anda untuk mendapatkan traffic website berlimpah. Bahkan dalam waktu yang relatif cepat. Tapi, keuntungan seperti ini hanya bersifat sementara, selama anggaran iklan yang Anda miliki masih ada. Ketika anggaran iklan tersebut habis, maka traffic berlimpah yang sebelumnya didapatkan perlahan-lahan akan berkurang.
Menggunakan pay per click marketing untuk mendapatkan traffic web berlimpah bukanlah pilihan yang bijak terutama bagi pebisnis pemula. Ada banyak cara lain yang lebih menguntungkan dan bahkan tidak memerlukan modal uang yang begitu besar.
5 di antara banyak cara tersebut, akan MinTiv kupas lengkap di dalam artikel ini. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
5 Cara Mendapatkan Traffic Web Berlimpah
1. Menjalankan Content Marketing
Cara yang pertama adalah dengan menjalankan content marketing. Sesuai dengan namanya, content marketing adalah bentuk pemasaran yang menggunakan konten digital sebagai poros utamanya. Konten digital ini dapat berbentuk gambar, video, artikel, animasi, ataupun audio. Jika tujuannya adalah untuk website, maka content marketing yang dilakukan akan berkutat pada proses pembuatan konten artikel. Di dalam artikel tersebut, Anda bisa menempatkan berbagai elemen multimedia konten di dalamnya, seperti gambar atau video.
Konten artikel ini dapat Anda gunakan untuk keperluan blog atau pun guest post. Lalu, konten artikel seperti apakah yang wajib Anda produksi?. Tentu saja adalah konten artikel berkualitas tinggi dan juga human friendly.
MinTiv sendiri sudah berbagi 8 cara jitu untuk dapat membuat konten artikel berkualitas tinggi di LinkedIn Newsletter viSEOner. Anda bisa membaca lengkap 8 cara jitu tersebut melalui link di bawah ini;
Baca Juga: Tips dan Trik Cara Membuat Konten Artikel Website Berkualitas Tinggi
Selain dapat digunakan untuk keperluan blog website bisnis utama, konten artikel berkualitas tinggi juga dapat digunakan untuk keperluan guest post. Guest post sendiri adalah konten artikel yang diproduksi untuk dapat tampil di website orang lain, yang memiliki fitur User Generated Content.
Ada banyak website UGC yang bisa Anda manfaatkan. Sebut saja seperti;
- Kompasiana.
- Indonesiana.
- Bisnis Muda.
- Medium.
- Kumparan.
- Mojok.
- Anak Teknik.
Dan lain-lain. Tentu saja Anda harus dapat memilih website UGC yang niche kontennya relevan dengan niche konten website utama Anda. Atau setidaknya memiliki niche yang tidak terlalu spesifik, alias gado-gado. Ingat, ini hanya bisa dilakukan untuk kegiatan guest post ya, bukan link building.
2. Menjalankan Social Media Marketing
Kedua adalah dengan menjalankan social media marketing. Sesuai dengan namanya, social media marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan media sosial sebagai poros utamanya. Anda bisa saja menggunakan media sosial Instagram ataupun TikTok sebagai pilihan utama.
Memilih kedua media sosial ini, akan membantu bisnis untuk lebih dekat dengan calon pelanggan. Terutama calon pelanggan yang demografinya lekat dengan Generasi Z. Generasi yang mendominasi pada hampir seluruh jenis media sosial yang ada. Data dari internet APJII mengungkapkan bahwa pengguna Instagram dan TikTok di Indonesia yang berasal dari Gen Z mencapai persentase 51,90% dan 46,84%.
Baca Juga: Karakteristik Gen Z di Media Sosial
Selain lebih dekat dengan pelanggan, social media marketing juga akan memudahkan Anda untuk melakukan analisis kompetitor. Anda jadi punya bayangan jelas terhadap trend konten terbaru yang cocok untuk promosi produk atau layanan bisnis yang dimiliki.
Selain itu, social media marketing juga ampuh digunakan sebagai bagian dari viral marketing. Jika Anda ingin menggunakan media sosial ini untuk mendapatkan lebih banyak traffic, maka Anda harus dapat memaksimalkan penulisan bio profil dengan baik. Sematkan link website utama Anda di dalamnya. Lakukan call to action agar pengunjung yang melihat postingan Anda, mau mengklik link tersebut. Anda bisa menggunakan postingan berbentuk microblog ataupun video. Cara paling kekinian, adalah dengan memanfaatkan tools manychat.
3. Menerapkan SEO Marketing
Cara mendapatkan traffic web berlimpah berikutnya adalah dengan menerapkan SEO marketing. SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google, search engine terpopuler di dunia. Proses optimasi website ini ditujukan pada keyword tertentu yang menjadi target utama.
Di dalam prosesnya juga, terdapat banyak metode SEO penting yang mesti Anda pelajari. 4 di antaranya adalah On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO dan juga Technical SEO.
Adapun cara pertama yang MinTiv jelaskan untuk bisa mendapatkan traffic web berlimpah di atas, adalah salah satu dari teknik penerapan metode On Page SEO. Membuat konten artikel untuk keperluan guest post juga salah satu dari teknik penerapan Off Page SEO.
Selain memahami 4 metode SEO utama sekaligus, Anda juga harus dapat memahami perkembangan terbaru daripada algoritma Google. Hal ini penting untuk disadari, karena dapat menyelamatkan Anda dari penerapan Black Hat SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya menyalahi aturan dan algoritma terbaru Google.
Baca Juga: 6 Tantangan Menjalankan SEO untuk Pemula
Ya, ada banyak tantangan yang mesti siap Anda hadapi ketika memilih menjalankan SEO. Tantangan paling berat tentu saja adalah tantangan untuk dapat terus konsisten.
4. Menerapkan Email Marketing
Keempat adalah dengan menerapkan email marketing. Seperti yang sudah bisa Anda tebak, email marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan email sebagai poros utamanya.
Di dalamnya, database email pelanggan yang sudah terdaftar menjadi bagian penting yang harus didapatkan. Anda bisa saja mendapatkan daftar email pelanggan melalui formulir online yang disebarkan. Anda bisa memotivasi pengunjung website untuk mau memberikan alamat email nya dengan iming-iming keuntungan tertentu.
Semisal memberikan mereka penawaran spesial atau ebook tips dan trik topik tertentu. Ya, mirip dengan cara kerja program subscribe blog.
Untuk bisa menjalankan email marketing dengan baik, Anda perlu melakukan segmentasi audiens. Anda tidak bisa langsung mengirimkan pesan email yang sama untuk seluruh jenis audiens yang ada. Itu malah akan menjadikan pesan layaknya spam, baik itu di mata target audience ataupun pada sistem penyedia layanan emailnya.
Segmentasi audiens ini dilakukan tidak lain dan tidak bukan adalah untuk personalisasi konten.
5. Melakukan Affiliate Marketing
Terakhir adalah dengan melakukan affiliate marketing. Didapatkan dari Investopedia, affiliate marketing adalah model periklanan di mana perusahaan memberikan kompensasi kepada pihak ketiga yang mengarahkan audiensnya untuk mau menggunakan produk atau layanan perusahaan tersebut.
Kita bisa saja memahami affiliate marketing ini dengan definisi yang jauh lebih sederhana. Yakni proses promosi di mana pihak ketiga akan memberikan kode atau link tertentu yang mengarahkan penggunanya ke produk atau layanan bisnis. Setiap kali kode atau link tersebut digunakan, maka pihak ketiga akan mendapatkan komisi sesuai dengan yang disepakati di awal.
Baca Juga: Jenis Jenis Affiliate Marketing dan Bagaimana Cara Menjalankannya?
Affiliate marketing sendiri terdiri dari 3 jenis utama. Yakni unattached affiliate marketing, related affiliate marketing, dan juga involved affiliate marketing.
FAQ Seputar Konten
- Apa pentingnya website mendapatkan banyak traffic?. Website yang memiliki metrik traffic begitu besar, menandakan bahwa visibilitas pencariannya juga besar. Hal ini juga menandakan bahwa strategi promosi bisnis yang dilakukan melalui website, sukses besar.
- Apakah traffic website terdiri berbagai jenis?. Ya, setidaknya ada 6 jenis traffic website yang diketahui hingga saat ini. 6 jenis tersebut adalah organic, paid, direct, referral, social dan juga email.
- Manakah jenis traffic website yang penting untuk didapatkan?. Semuanya penting, tergantung dari tujuan dan strategi pengembangan website bisnis Anda sendiri.
- Apakah ada cara tambahan lainnya dari MinTiv untuk bisa meningkatkan traffic web?. Ada. Anda bisa menjalankan podcast marketing dan juga influencer marketing.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara mendapatkan traffic web berlimpah. Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan Jasa Kelola Website Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda.
Promo Spesial Agustus 2024
Di bulan yang spesial ini, Creativism tengah mengadakan Promo naSEOnal untuk paket Bronze. Anda bisa membaca keterangan lengkap mengenai promo naSEOnal spesial ini melalui Instagram mereka di @creativism.id.
Silahkan hubungi mereka melalui nomor WhatsApp 081 22222 7920 untuk konsultasi lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat.