Tantangan Menjalankan SEO – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di halaman pertama Google. Ilmu ini menjadi salah satu ilmu marketing yang banyak diinginkan ataupun ingin dikuasai oleh pebisnis.
Bagaimana tidak?.
SEO akan memudahkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak traffic potensial di Google tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Ya, Anda tidak perlu banyak memusingkan strategi budgeting yang merepotkan dengan Google Ads.
Plus, tingkatan brand awareness Anda di mata konsumen akan meningkat. Ya, jika konten Anda sudah berada di Page 1 Google, maka mudah bagi Anda untuk menyusun berbagai strategi penawaran yang menarik. Yang Anda perlukan pun “hanyalah konten website berkualitas”.
Baca Juga: Apa Saja Keuntungan Menjalankan SEO untuk Web Bisnis?
Tapi benarkah SEO hanya sekedar membuat konten website berkualitas?.
Jawabannya tidak. SEO tidaklah semudah yang kita bayangkan. Konten website berkualitas memang menjadi pondasi penting agar website bisa masuk ke dalam kategori SEO Friendly. Namun, itu bukan satu-satunya faktor yang harus Anda perhatikan.
Masih banyak faktor-faktor lainnya yang harus Anda perhatikan ketika akan menjalankan SEO. Faktor-faktor ini bisa menjadi tantangan bagi Anda ketika menjalankan SEO.
Lalu apa saja tantangan menjalankan SEO tersebut?. MinTiv akan menjelaskannya secara lengkap di dalam artikel ini. Lengkap dengan solusi untuk menghadapinya. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa Saja Tantangan Menjalankan SEO?
1. Anda Harus Memahami SEO Lengkap
Ketika mempelajari SEO pertama kali, pastinya Anda akan langsung akrab dengan 2 metode umum SEO yakni On Page & Off Page.
On Page SEO adalah metode optimasi website yang seluruh kegiatannya dilakukan di atas website langsung. Salah satu contoh tekniknya adalah dengan membuat artikel SEO friendly.
Sedangkan Off Page SEO adalah metode optimasi website yang seluruh kegiatannya dilakukan pada website yang berbeda dari website utama. Umumnya teknik yang digunakan di dalamnya adalah link building dengan website yang relevan dan memiliki DA PA tinggi.
Tapi perlu diketahui bahwa SEO bukan hanya itu. Ada juga Local SEO dan Technical SEO.
Local SEO bermanfaat untuk bantu website bisnis lebih optimal hasilkan konversi dari pencarian lokal. Data dari Search Engine Journal mengatakan bahwa 78% pencarian lokal tersebut berakhir pada pembelian yang dilakukan user secara offline.
Sedangkan Technical SEO adalah alasan utama mengapa website bisa begitu mudah perform di Page 1 Google. Tingkat page experience atau pengalaman baik pengunjung ketika berada di website Anda akan meningkat. Tentunya ini baik untuk munculkan first impression yang memukau.
Solusi untuk menghadapi tantangan ini tidak lain adalah dengan konsisten terus mempelajari SEO.
2. Memahami Riset Keyword yang Baik
Kebanyakan pemula mungkin sudah senang apabila konten website mereka berhasil masuk di Page 1 Google. Padahal jika dicek, target keyword yang digunakan tidak memiliki search volume yang memadai sama sekali.
Tentu saja keberhasilan meraih Page 1 Google tersebut akan terasa hambar.
Ibaratnya Anda adalah pebisnis di bidang konstruksi rumah. Lalu Anda menargetkan keyword Jasa Kontraktor Hunian. Anda mungkin akan mendapatkan konten itu berada di Page 1, tapi itu tidak cukup untuk Anda mendapatkan traffic yang potensial hasilkan konversi.
Lagi pula, orang-orang akan lebih banyak mengetikkan keyword Jasa Kontraktor Rumah ketimbang Jasa Kontraktor Hunian.
Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memahami riset keyword yang baik.
Jangan hanya berfokus untuk memenangkan persaingan pada keyword dengan search volume dan persaingan yang rendah.
Tapi, untuk bisa melakukan riset keyword yang baik juga, bukanlah perkara yang mudah.
Solusi untuk tantangan ini adalah Anda mengerti tentang jenis-jenis keyword terlebih dahulu. Setelahnya, Anda baru bisa lanjut pada materi memahami tentang cara penggunaan tools research keyword.
3. Menuliskan Konten SEO Friendly Sekaligus Menjual
Tantangan berikutnya adalah proses pembuatan konten SEO friendly dan juga menjual. Mungkin Anda bisa sedikit terbantu untuk membuat konten SEO friendly dengan plugin Yoast SEO.
Tapi, apakah Anda yakin konten itu benar-benar bisa menjual?. Ingat bahwa konten SEO friendly bukan hanya dibuat untuk bisa “bersahabat” dengan search engine.
Tapi juga “bersahabat” dengan manusia, karena manusia lah alasan kita membuat konten SEO Friendly. Apabila konten tersebut enak dibaca dan dilihat manusia, tentunya Googlebot akan memprioritaskan konten tersebut di Page 1.
Adapun solusi untuk tantangan ini adalah Anda mempelajari lebih dalam tentang apa itu SEO Copywriting.
4. Konsistensi
Berikutnya adalah konsistensi dalam menjaga traffic yang ada.
Tidak konsisten adalah alasan kuat mengapa banyak pebisnis yang gagal ketika menjalankan SEO. Kebanyakan cepat berputus asa ketika kontennya tidak berada di Page 1 Google. Padahal SEO itu bukan berlari cepat, melainkan maraton.
Perlahan namun pasti akan memberikan hasil.
Solusi untuk menghadapi tantangan ini adalah memperbaiki mindset Anda, bahwa SEO itu bukan lari cepat melainkan maraton. Jika Anda sudah sampai pada titik terakhir, maka Anda bisa meminta bantuan kepada Agency SEO yang lebih berpengalaman.
5. Menggunakan Tools Research Keyword Gratisan Jelas Tidak Cukup
Jika Anda menjalankan website untuk keperluan blogging, maka Google Keyword Planner pastinya sudah cukup. Tapi jika Anda ingin menjalankan website untuk keperluan bisnis, jelas Anda butuh tools research keyword yang lebih powerful.
Baca Juga: Daftar Tools SEO Gratis Terbaik
Anda membutuhkan tools research seperti SEMrush. Sayangnya untuk bisa menggunakanya secara lengkap, Anda diharuskan untuk membayar biaya langganan yang tidak murah. Per bulan $119.5 atau sekitar Rp. 1.800.000.
Jika Anda tidak punya cukup biaya untuk bisa berlangganan tools research keyword premium, gunakan tools gratis juga tidak masalah. Asalkan Anda benar-benar memaksimalkannya untuk dapatkan keyword dengan search volume yang memadai.
6. Algoritma Google Berubah-Berubah
Tantangan yang terakhir adalah algoritma Google yang berubah-ubah. Untuk yang satu ini, bukanlah faktor yang bisa Anda kontrol, melainkan Anda harus bisa beradaptasi dengannya.
Cara terbaik untuk menghadapi tantangan ini adalah dengan selalu memperbarui ilmu SEO Anda. Anda bisa membaca tentang apa saja algoritma Google terbaru di Blog Creativism. MinTiv rajin memberikan info atau berita tentang Google di sana.
Jika Anda ingin mendapatkan referensi lain, Anda bisa membacanya melalui daftar blog SEO rekomendasi di bawah ini;
Baca Juga: Daftar Blog SEO Rekomendasi untuk Pemula
Jangan sampai Anda menjadi pebisnis yang kepedean menggunakan strategi SEO lama, padahal strategi itu tidak lagi relevan dengan algoritma terbaru Google!.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa saja yang akan Anda hadapi ketika menjalankan SEO. Perlu diketahui pula bahwa 6 tantangan di atas ini hanyalah beberapa dari sekian banyak tantangan SEO lainnya.
Apabila Anda ingin mendapatkan Jasa SEO Terbaik yang sudah terlatih, profesional, ahli, dan up to date, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apa Saja Tantangan Menjalankan SEO Bagi Pemula? […]
[…] Baca Juga: Yakin Mau Jalankan SEO? Baca Apa Saja Tantangannya di Sini! […]
[…] Tantangan Menjalankan SEO untuk Pebisnis. […]