Mengapa Website Perlu Dioptimalkan – Memiliki website bagi seorang pebisnis di era digital sekarang ini, hukumnya terasa wajib. Bisnis yang memiliki website memiliki nilai lebih di mata pelanggan. Kesan bisnis yang profesional dan juga kredibel akan tercipta dari cara pandang pelanggan terhadap bisnis Anda.
Ya, website memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis di era digital. Bagaimana tidak?. Hampir semua jenis marketing channel lainnya berhubungan dengan website. Dimulai Facebook/IG Advertising, Google Ads, TikTok Ads dan tentu saja SEO.
Keempat jenis marketing channels ini membutuhkan website sebagai platform utama informasi produk/layanan yang ditawarkan berada. Terkhusus yang terakhir, yakni SEO, Anda tidak diharuskan untuk mengeluarkan banyak biaya kampanye.
“Biaya kampanye” yang Anda perlukan hanyalah biaya untuk langganan hosting dan juga domain website. Sayangnya, masih banyak pebisnis yang abai untuk menjalankan strategi SEO ini.
Padahal SEO memiliki banyak peran penting untuk kemajuan bisnis secara menyeluruh. Paling kentara tentu saja adalah meningkatkan nilai jual bisnis di mata pelanggan melalui search engine nomor 1 di dunia, yakni Google.
Ada banyak alasan mengapa masih ada pebisnis yang memiliki website tapi tidak dioptimalkan.
Alasan utamanya adalah tak punya waktu yang cukup untuk mengelola website. Klise, tapi di dalam bisnis, seseorang yang memiliki komitmen tinggi untuk maju, bukanlah yang mereka menunggu kapan ada waktu, tapi berusaha meluangkan waktu.
Baca Juga: Manfaat SEO untuk Bisnis Secara Menyeluruh
Nah, untuk memotivasi Anda agar semakin mengoptimalkan website bisnisnya, berikut adalah penjelasan lengkap tentang 5 alasan mengapa website perlu dioptimalkan.
5 Alasan Mengapa Website Perlu Dioptimalkan
1. Tidak Hanya Menjadi Beban Penambah Biaya Operasional Bisnis.
Alasan yang pertama adalah website tidak hanya menjadi beban bagi Anda.
Ya, memiliki website berarti Anda harus siap untuk membayar biaya hosting dan domain-nya. Terkait harganya, tergantung pada layanan penyedia server hosting yang dipilih. Tapi secara garis besar, harga untuk layanan tersebut tidaklah murah.
Akan sayang rasanya jika website yang digunakan hanya akan menambah beban biaya operasional bisnis tanpa ikut serta membantu bisnis dapatkan ROI yang maksimal.
2. Website Anda Jadi Lebih Optimal Sebagai Tools Marketing.
Kedua, website yang dioptimalkan akan menjadikannya sebagai tools marketing yang maksimal. Website dapat menjadi sarana bagi pebisnis untuk mendapatkan data-data pelanggan yang datang sebagai pengunjung website.
Melalui fitur form ataupun live chat, Anda bisa mendapatkan data-data pelanggan tersebut untuk keperluan personalized ads. Manfaat lain, data tersebut bisa digunakan oleh tim Customer Service dalam proses follow up pelanggan
3. Bisnis Anda Terhindar dari Cap Buruk Pengunjung “Tidak Up to Date”.
Ketiga, adalah menghindarkan Anda dari cap buruk pengunjung atau brand perception yang buruk. Ya, website yang tidak dioptimalkan, biasanya memiliki tampilan yang kurang nyaman bagi pengunjung.
Plus tidak ada alasan lain bagi pengunjung untuk berlama-lama di website Anda (karena tidak ada konten yang menarik). Praktis, bounce rate yang didapatkan akan tinggi, dan website Anda semakin terbenam di urutan terakhir SERPs Google.
Untuk langkah pencegahan, Anda bisa mulai menjalankan strategi blog marketing.
Jangan berpikir untuk membuat konten SEO Friendly terlebih dahulu jika belum punya pemahaman research keyword dan search intent yang kuat.
Fokus saja pada konten yang menjelaskan tentang kegiatan bisnis. Semisal menceritakan perusahaan yang sedang melakukan acara bakti sosial dengan warga sekitar.
4. Website yang Rajin Terurus Tidak Mudah Terkena Serangan Hacker.
Keempat, website yang rajin diurus, biasanya tidak mudah terkena serangan hacker. Ya, kita tahu bahwa tidak ada sistem yang aman. Pasti ada celah yang bisa dibobol oleh seorang hacker.
Tapi dengan fakta bahwa website selalu diurus atau optimalkan, praktis kita tidak akan panik berlebih ketika website benar-benar mendapatkan serangan hacker. Adanya cadangan data atau backup dari proses optimasi yang dilakukan, jadikan Anda lebih tenang menghadapi situasi tersebut, jika terjadi.
5. Anda Bisa Menjadikan Website Tersebut Sebagai Database Online.
Kelima, Anda bisa menjadikan website tersebut sebagai database online Anda.
Di mana Anda tidak lagi membutuhkan catatan offline untuk melihat penawaran jasa atau produk yang pernah dibuat, dan cukup mengaksesnya dengan internet.
Jika Anda diundang sebagai pembicara materi tertentu di sebuah seminar, maka Anda tidak perlu lagi membuka banyak lembaran buku untuk proses pembuatan presentasi pitching.
Anda cukup membuka website Anda melalui gadget, dan proses pembuatan presentasi pitching itu pun bisa terus berlangsung.
Inilah 5 alasan mengapa website perlu Anda optimalkan. Apabila Anda ingin mencari partner bisnis yang tepat yang dapat mengoptimalkan website Anda, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 0812 2222 7920.
[…] Baca Juga: Mengapa Website Perlu Dioptimalkan? […]
di kantor saya websitenya cukup lama menganggur. Saya mau membenahi kok ya bingung mulai dr mana. Tapi ada benarnya juga lho artikel kakak, karena website itu menunjukkan jatidiri perusahaan
Setuju, Mas. Website kalau gak diurus bakal rentan di-hack.
Lebih baik kalau gak mampu megang sendiri, serahkan aja ke jasa optimasi web ya, Mas.
Emang penting banget mengoptimalkan website. Apalagi yang sudah dimonetisasi, selain meningkatkan trafik, ternyata website yang udah dioptimalkan bikin pengunjung betah. Hehehe.. ❤️
[…] Baca Juga: Mengapa Website Perlu Dioptimalkan? […]