Metrik SEO Penting Selain Traffic. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google. Ilmu ini mengharuskan penggunanya untuk memahami banyak metode-metode penting.
Terutama yang berkaitan dengan 4 metode SEO utama yakni On-Page SEO, Off-Page SEO, Local SEO dan juga Technical SEO. Setiap metode ini, memiliki metriknya tersendiri yang dapat memudahkan pengguna untuk mengukur tingkat keberhasilan yang dimilikinya.
Baca Juga: Apa itu SEO Forecasting, Manfaat dan Cara Menjalankannya?
Metrik sendiri adalah pengukuran kuantitatif yang digunakan untuk menilai kinerja atau melacak kemajuan yang didapatkan. Metrik ini biasanya digambarkan dalam bentuk skala rasio, rata-rata, dan juga persentase.
Di dalam SEO, traffic mungkin menjadi metrik yang paling terkenal. Hal ini wajar, mengingat manfaat besar dari SEO ini adalah mampu meningkatkan visibilitas pencarian website. Yang itu dapat dilihat melalui tingginya metrik traffic yang didapatkan. Metrik traffic sendiri terdiri dari banyak jenis. Dimulai dari;
- Organic traffic: Traffic website yang didapatkan dari hasil pencarian keyword tertarget oleh pengunjung web di halaman pencarian Google.
- Paid traffic: Traffic website yang didapatkan dari hasil membayar iklan digital atau Pay Per Click Marketing. Erat kaitannya dengan proses Search Engine Marketing.
- Direct traffic: Traffic website yang didapatkan dari hasil menuliskan langsung URL website lengkap di address bar web browser.
- Referral traffic: Jenis traffic website yang didapatkan dari hasil tanam link di website yang berbeda.
- Social traffic: Sesuai dengan namanya, jenis traffic website yang satu ini didapatkan dari media sosial.
- Email traffic: Jenis traffic website yang didapatkan dari kegiatan email marketing.
Untuk jenis metrik traffic yang biasa menjadi fokus utama ketika menjalankan SEO, jelas adalah organic traffic. Anda bisa melihat jumlah organic traffic ini pada website dengan jelas melalui berbagai perangkat atau tools analisis. Sebut saja salah satunya adalah SEMrush.
Metrik SEO Penting Selain Traffic
Saking pentingnya metrik ini untuk perkembangan SEO, tidak sedikit pebisnis yang lupa bahwa masih banyak metrik SEO penting selain traffic yang wajib dipelajari. Mereka lupa bahwa performa metrik traffic sangat dipengaruhi oleh metrik-metrik SEO lainnya. Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan 7 metrik SEO penting selain traffic yang wajib Anda pelajari.
7 metrik penting ini dimulai dari;
1. Keyword Click
Metrik SEO penting selain traffic yang wajib Anda pelajari pertama adalah keyword click. Metrik ini digunakan untuk dapat mengetahui keyword apakah yang paling banyak mendatangkan traffic. Keyword click jelas bisa menjadi pembantu Anda dalam menentukan strategi konten yang sistematis, berdasarkan keyword yang sering digunakan pengunjung untuk menemukan website utama Anda.
2. Keyword Ranking
Metrik selanjutnya adalah keyword ranking. Sesuai dengan namanya, metrik ini digunakan untuk dapat mengukur posisi terbaru dari setiap target keyword yang ada. Semakin tinggi posisi terbaru yang didapatkan oleh setiap target keyword, tentu menjadi pertanda yang jelas bahwa terdapat pergerakan metrik traffic yang signifikan.
3. Loading Speed
Selanjutnya adalah Loading Speed. Seperti yang sudah bisa Anda tebak, Loading Speed adalah metrik yang digunakan untuk seberapa cepat website dapat diakses. Tool yang biasa digunakan untuk mengukur loading speed ini adalah Google Pagespeed Insights. Semakin cepat sebuah website diakses, tentu akan meningkatkan nilai website tersebut pada faktor Page Experience.
Diketahui juga bahwa salah satu alasan mengapa website memiliki banyak pengunjung adalah karena akses datanya yang mudah dan cepat.
4. Engagements
Berikutnya adalah metrik engagements. Sama seperti sebelumnya, metrik ini juga memiliki hubungan yang erat dengan faktor ranking website yakni Page Experience. Metrik engagements sendiri adalah metrik yang digunakan untuk dapat mengetahui seberapa besar interaksi pengunjung website.
Metrik ini memiliki 3 turunan metrik tersendiri. 3 turunan metrik itu adalah bounce rates, average visit duration dan juga pages/visit.
5. Organic CTR
Di nomor 5 ada Organic CTR. Organic Click-through rate adalah metrik yang digunakan untuk mengukur seberapa besar ukuran keterlibatan pengguna saat mereka masih berada di SERP (Search Engine Results Page). Dengan kata lain, metrik digunakan untuk mengetahui kekuatan sebuah website, apakah website tersebut mampu menarik klik calon pengunjung ketika masih berada di halaman hasil pencarian.
6. Returning Visitor
Seperti yang sudah bisa Anda tebak, returning visitor adalah metrik yang digunakan untuk mengukur seberapa banyak pengunjung website yang sama, datang lebih dari 1 kali. Metrik ini sangat berhubungan dengan metrik traffic.
Semakin banyak returning visitor yang didapatkan, tentunya semakin besar pula metrik traffic yang didapatkan. Selain itu, metrik ini juga dapat digunakan sebagai bagian dari strategi menemukan loyal customer.
7. Crawl Errors
Terakhir adalah metrik crawl errors. Metrik ini digunakan untuk dapat mengetahui seberapa banyak kesalahan website sehingga dapat berakibat fatal pada proses crawling. Apabila nilai metrik ini terlalu tinggi, tentu saja metrik traffic yang didapatkan suatu website, tidak akan pernah maksimal.
FAQ Seputar Konten
- Adakah metrik-metrik SEO penting selain traffic yang wajib dipelajari?. Tentu saja ada. Anda bisa membaca pembahasannya lebih lengkap melalui klik link artikel ini.
Inilah penjelasan lengkap tentang metrik-metrik SEO penting selain traffic. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap, Terbaik dan Tepercaya, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Jasa SEO Jogja Creativism, Pelayanan Lengkap dan Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.