Optimasi User Experience Website – SEO adalah salah satu strategi digital marketing yang banyak dipilih oleh para pebisnis. Hal ini wajar mengingat SEO menawarkan pebisnis banyak manfaat. SEO sendiri adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google, search engine terpopuler di dunia. Salah satu dari sekian banyak manfaat SEO ini adalah dapat membantu pebisnis mendapatkan Return on Investment maksimal dengan modal yang minimal.
Secara garis besar, SEO dapat membantu website lebih optimal sebagai tools bisnis. SEO dapat meningkatkan nilai kredibilitas yang dimiliki sebuah website. Tentu saja ini akan berdampak pada meningkatnya kepercayaan bisnis yang dimiliki. Kredibilitas website yang meningkat sendiri, disebabkan oleh beberapa faktor penting. Salah satunya adalah faktor user experience yang benar-benar diperhatikan.
Baca Juga: Cara Melakukan Personalisasi Konten untuk Tingkatkan Konversi
Ya, jika Anda ingin meningkatkan kredibilitas website, maka Anda perlu mempelajari cara optimasi user experience website dengan tepat. Di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan tentang tips dan trik cara melakukannya dengan mudah.
Penasaran apa saja tips dan triknya?. Simak baik-baik artikel ini ya!.
Tips dan Trik: Cara Optimasi User Experience Website
1. Memastikan Akses Website Mudah dan Cepat.
Tips cara optimasi user experience website yang pertama adalah dengan memastikan akses website begitu mudah dilakukan dan juga cepat. Tentu saja hal ini berkaitan erat dengan waktu loading konten. Apabila sebuah website memiliki waktu loading konten lebih dari 3 detik, maka itu jelas akan sangat memengaruhi kenyamanan pengunjung. Waktu loading konten yang begitu lama, akan menyebabkan metrik bounce rate yang didapatkan meningkat.
Bounce rate sendiri adalah metrik yang digunakan untuk menggambarkan seberapa besar persentase pengunjung yang kembali ke SERP (Search Engine Result Page) tanpa melakukan interaksi apapun di dalam website. Semakin tinggi bounce rate, maka semakin rendah pula nilai Page Experience yang didapatkan. Perlu diketahui bahwa Page Experience adalah salah satu faktor ranking Google yang telah dikonfirmasi.
Lalu, bagaimana caranya membuat akses website begitu mudah dan cepat. Anda bisa menjalankan beberapa tips di bawah ini, dimulai dari;
- Menggunakan teknik caching.
- Minify CSS/HTML, JavaScript.
- Menggunakan elemen gambar atau video yang sudah dikompress.
2. Memastikan Website Memiliki Desain yang Responsif
Website yang baik adalah website yang dapat diakses melalui perangkat mana saja. Baik itu perangkat desktop maupun perangkat mobile. Hal ini penting untuk dipastikan, terlebih lagi untuk performa website pada perangkat mobile.
Perlu diketahui bahwa hampir seluruh pengguna internet di dunia, mengunjungi sebuah website melalui perangkat mobile nya masing-masing. Selain itu, optimasi tampilan website yang responsif juga akan sangat memengaruhi performa Local SEO Anda.
Didapatkan dari Search Engine Journal, 76% pencarian mobile ditujukan untuk pencarian lokasi fisik bisnis.
3. Halaman Home yang Menarik
Tips yang ketiga adalah dengan memastikan tampilan home benar-benar menarik. Hal ini wajib untuk Anda perhatikan terlebih jika website yang dikreasikan ditujukan untuk keperluan bisnis. Halaman home yang menarik, secara garis besar akan menjadi call to action untuk Anda.
Untuk itu, perhatikan setiap elemen desain yang ada, dan jangan lupa untuk pastikan tata letak atau layout kontennya benar-benar menarik. Sematkan informasi penting tentang bisnis Anda, untuk meningkatkan trustworthiness dan authority yang ada.
Apabila bisnis Anda bergerak di bidang jasa, maka Anda bisa sematkan gambar portofolio hasil kerja sebagai bagian dari teknik social proof.
4. Membuat Konten Berkualitas Tinggi
Cara optimasi user experience website berikutnya adalah dengan membuat konten berkualitas tinggi. Konten website sendiri terdiri dari banyak jenis, yakni halaman produk, halaman promosi, dan juga yang paling umum adalah konten artikel. Terkhusus yang terakhir, jadi salah satu tonggak utama untuk strategi SEO, terutama pada metode On Page SEO.
Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan pada website utama. Konten artikel berkualitas sendiri dapat dengan mudah kita klasifikasi sebagai konten yang dapat memenuhi search intent keyword tertarget. MinTiv sendiri telah merangkum cara membuat konten artikel berkualitas tinggi pada Buletin LinkedIn ViSEOner. Anda bisa membaca rangkuman tersebut melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Membuat Konten Website Berkualitas Tinggi
5. Memastikan Tidak Adanya Dead Link
Terakhir, tetapi tidak kalah penting adalah dengan memastikan website tidak memiliki dead link. Dead link sendiri adalah sebutan untuk link yang apabila diklik tidak mengarahkan pengunjung ke halaman manapun. Link seperti ini memiliki nilai # pada atribut href di tag Anchor. Tentu saja ini akan sangat memengaruhi user experience pengunjung web.
Mereka akan merasa ditipu atau diprank karena diberikan link yang tidak berguna sama sekali.
FAQ Seputar Konten
- Apakah user experience website memengaruhi performa SEO?. Jelas sekali, terlebih lagi user experience website adalah faktor turunannya dari faktor ranking Google bernama Page Experience.
- Metrik SEO apakah yang berhubungan dengan user experience website?. Bounce rate, loading speed, dwell time, engagements.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara optimasi user experience website. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap, silahkan hubungi Creativism.id.
Baca Juga: Trend SEO 2024, Apa Saja?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.