Panduan Optimasi Website Shopify – Shopify adalah salah satu dari sekian banyak e-commerce web builder berbayar yang ada di internet. Website ini banyak digunakan para pebisnis terutama bagi mereka yang berjualan produk untuk membuat toko online.
Dengan Shopify mereka dapat dengan mudah melakukan manajemen produk, inventaris harga, pembayaran dan juga shipping. Bisa dikatakan bahwa Shopify adalah alternatif terbaik bagi pebisnis yang ingin memiliki toko online-nya sendiri. Tampilan dashboard daripada Shopify ini terbilang sederhana, mirip dengan tampilan buildernya Wix.
Adapun Shopify menawarkan tiga paket utama, yakni Basic Shopify, Shopify,dan Advanced Shopify. Anda bisa membaca lebih lengkap fitur masing-masing paket tersebut pada website resmi Shopify.
Meskipun Shopify adalah e-commerce web, tapi bukan berarti website yang dibentuk dengan tools ini tidak dapat dioptimalkan dengan metode SEO. Ya, selama platform yang digunakan adalah website, maka kita bisa memaksimalkannya dengan metode SEO.
Baca Juga: Perbedaan Website Statis dan Dinamis
Lalu bagaimana caranya agar website Shopify ini dapat dioptimalkan?. Berikut ini MinTiv akan memberikan Anda 8 panduan optimasi website Shopify lengkap, dimulai dari;
8 Panduan Optimasi Website Shopify
1. Memilih Tema yang SEO Friendly
Sama seperti WordPress, Shopify juga dapat langsung digunakan menggunakan template yang sudah ada. Untuk itu, Anda perlu template sekaligus tema yang ringan. Abaikan tema dengan fitur yang berlebihan, ataupun memiliki cara kerja yang rumit sehingga menyulitkan pengunjung.
Ingat untuk prioritaskan kesederhanaan dan juga kurangi customer effort.
2. Jalankan Image SEO
Shopify adalah website berjenis e-commerce.
Maka tidak heran jika gambar mengambil peranan penting di dalamnya. Selain digunakan untuk menarik minat pengunjung, gambar juga perlu dioptimalkan agar tidak memperlambat akses website.
Usahakan untuk menggunakan gambar yang sudah kompres kecil, kurang dari 200 KB. Anda bisa menggunakan TinyPNG, iLoveIMG, ataupun Kraken.io. Selain itu, Anda perlu pelajari dengan baik apa itu Image SEO.
3. Minimalkan Penggunaan Aplikasi yang Tidak Perlu
Ketiga adalah dengan meminimalkan penggunaan aplikasi yang tidak perlu di dalam Shopify. Penggunaan aplikasi memang akan membantu tampilan website Anda lebih menarik dan interaktif. Hal itu juga akan berdampak pada meningkatnya fungsionalitas website.
Tapi ingat, setiap aplikasi yang ditambahkan akan memuat kode HTML/CSS/JavaScript baru. Tambahan kode ini jelas akan memperberat kinerja server website.
4. Gunakan Caching
Keempat adalah dengan menggunakan caching. Didapatkan Freecodecamp, Caching atau cache adalah proses penyimpanan data sementara, mengurangi proses loading dari suatu aplikasi atau website. Saran terbaik adalah dengan menggunakan CDN (Content Delivery Network).
5. Optimalkan Penggunaan JavaScript dan CSS
Kelima adalah dengan optimalkan penggunaan JavaScript dan CSS. Anda bisa melakukannya dengan menghapus beberapa kode yang tidak diperlukan, komentar yang tidak perlu, ataupun dengan menghapus spasi yang kosong.
Lakukan minifikasi ukuran file, dan itu akan mempercepat proses pengiriman data website menuju server browser pengunjung website.
6. Hindari Redirect ataupun Pop-up Ads
Berikutnya adalah dengan menghindari redirect ataupun pop-up Ads. Menghindari keduanya, tentu akan meningkatkan pengalaman baik (good experience) pengunjung website Anda. Pengunjung akan lebih betah membaca atau melihat konten produk Anda, dan tidak teralihkan fokusnya pada sesuatu yang memang tidak diinginkan.
7. Pelajari dan Prioritaskan Above-The-Fold Content
Selanjutnya adalah dengan mempelajari above-the-fold content. Pilihlah konten terbaik, semisal konten produk andalan yang memang banyak dicari-cari pelanggan di bisnis Anda untuk tampil halaman home atau bagian teratas website.
Sematkan gambar dengan kualitas terbaik, dan isilah deskripsinya dengan lengkap dan juga menarik.
8. Menerapkan Lazy Loading
Lazy Loading adalah teknik untuk membuat server website hanya memuat konten website yang terlihat saja oleh pengunjung.
Inilah penjelasan lengkap tentang panduan optimasi website Shopify. Apabila Anda memiliki website Shopify dan ingin mengoptimalkannya, tapi tidak punya cukup banyak waktu karena harus mengurus bisnis di lapangan, hubungi saja Creativism.
Pesan Juga: Jasa Buat Website Toko Online
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 62812- 2222- 7920.