Perbedaan Branding vs Marketing – Ketika kita menjalankan bisnis, maka kita akan menemukan banyak istilah penting di dalamnya. 2 di antara banyak istilah tersebut adalah branding dan juga marketing. Kedua istilah ini sering kali terdengar di telinga kita para pebisnis. Saking seringnya, mungkin banyak di antara Anda yang mengira bahwa branding dan marketing adalah 2 istilah yang sama. Padahal branding dan marketing adalah 2 istilah yang jauh berbeda.
Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Ketika Melakukan Rebranding
Lalu, apa sih perbedaan branding vs marketing ini?. MinTiv akan menjelaskannya lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Perbedaan Branding vs Marketing
Untuk lebih memahami perbedaan antara keduanya, kita akan gunakan 4 poin pembanding. 4 poin itu adalah definisi, cara kerja, jangka waktu, dan targeting. MinTiv akan menjelaskan tentang perbedaan branding dan marketing ini dimulai dari poin yang pertama yakni definisi.
1. Definisi
Branding adalah proses di mana pelaku bisnis berusaha untuk bisa menciptakan identitas yang unik di benak target audience nya. Branding memiliki hubungan yang erat dengan brand image atau brand visual. Seperti nama, logo, visi dan misi, dan lain-lain yang sejenis.
Sedangkan marketing adalah proses untuk menyebarkan identitas yang diciptakan dalam tindakan yang mampu memuaskan pelanggan. Kegiatan ini, biasanya dilakukan langsung oleh penjual, retailer, atau juga produsen.
2. Cara Kerja
Poin pembanding kedua yang akan kita bahas adalah cara kerja. Branding memiliki cara kerja yang tertuju pada alasan mengapa sebuah brand harus ada. Semisal Anda adalah seorang pebisnis sepeda, dan sedang mencari sesuatu yang unik dalam bisnis agar memudahkan audiens menemukan Anda. Anda berpikir keras dan kemudian mendapatkan ide untuk memasarkan dinamo sepeda. Ide ini muncul dikarenakan banyak pengguna sepeda konvensional yang terlalu capai untuk terus mengayuh, serta banyaknya pengguna sepeda yang tidak menyalakan lampu saat berkendara di malam hari.
Proses Anda menemukan alasan inilah bagian dari cara kerja branding.
Sedangkan marketing, dapat dikatakan sebagai tindak lanjut dari berhasilnya sebuah alasan brand berdiri ditemukan. Tindak lanjut yang MinTiv maksud adalah berusaha untuk menyebarkannya kepada target audience. Pebisnis akan berpikir keras bagaimana mereka bisa memasarkan dinamo sepeda sebelumnya pada target audience yang tepat.
Marketing adalah proses di mana Anda harus dapat berpikir bagaimana caranya membuat target audience sadar akan keberadaan brand Anda.
Secara garis besar, kita dapat memahami bahwa, branding punya cara kerja yang fokus untuk membangun loyalitas pelanggan. Sedangkan marketing punya cara kerja yang fokus untuk membangun respons calon pelanggan akan keberadaan bisnis Anda.
3. Jangka Waktu
Berikutnya adalah jangka waktu. Branding memiliki jangka waktu yang cukup lama untuk bisa membangun atensi calon pelanggan. Dapat dikatakan bahwa branding adalah strategi long-term, dilakukan secara berulang-ulang. Ya, tentunya tidak mudah bukan untuk bisa menanamkan brand image atau slogan tertentu di dalam benak pelanggan.
Salah satu contoh branding yang sukses menurut MinTiv terdapat pada slogan “Apapun makanannya, minumnya…”.
Anda pasti sudah tahu dengan kelanjutan kalimat di atas bukan?.
Berbeda dengan branding, marketing unggul dalam hal membangun atensi calon pelanggan jangka pendek. Dapat dikatakan bahwa marketing adalah strategi short-term.
4. Targeting
Terakhir, perbedaan branding vs marketing dapat kita lihat pada poin targeting atau penargetan. Di mana targeting pada proses branding cenderung lebih luas atau wide, sedangkan marketing meskipun juga bisa meluas, tetapi pada umumnya ditujukan untuk target audience spesifik atau narrow.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu branding?. Proses di mana pelaku bisnis berusaha untuk bisa menciptakan identitas yang unik di benak target audience nya
- Apa itu marketing?. Proses untuk menyebarkan identitas yang diciptakan dalam tindakan yang mampu memuaskan pelanggan
- Manakah yang lebih baik antara branding atau marketing?. Tidak ada yang lebih baik di antara keduanya, karena di dalam proses menjalankan bisnis, Anda memerlukan kedua konsep ini. Branding without Marketing it’s nothing.
Inilah penjelasan lengkap tentang perbedaan branding vs marketing. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Branding dan Marketing Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Mengapa Keyword Research itu Penting?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.