SEO di Industri Game. Di era bisnis digital saat ini, siapa yang tidak mengenal istilah SEO?. Hampir semua pebisnis dari berbagai jenis bidang industri, mengetahui dengan baik apa itu SEO. Tidak terkecuali dengan mereka pebisnis yang berasal dari industri game. Ya, industri game butuh SEO untuk bisa melebarkan sayap bisnisnya.
Baca Juga: Inilah 7 Strategi SEO untuk Web Rumah Sakit, Terbukti Ampuh!
Lalu, yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana caranya menjalankan SEO di industri game?. Apakah caranya akan berbeda dengan ketika kita menjalankan SEO untuk jenis industri lainnya?. Semua pertanyaan Anda ini, akan MinTiv jawab lengkap di dalam artikel. Jadi, silahkan simak baik-baik ya!.
Daftar Isi
ToggleCara Menjalankan SEO di Industri Game
1. Research Keyword yang Relevan dengan Tren Game
Sumber: Eurogamer.net
Cara menjalankan SEO di industri game yang pertama adalah dengan melakukan keyword research yang relevan. Pastikan Anda menggunakan keyword yang relevan dengan tren atau juga niche game Anda sendiri. Perbanyak riset konten dari website kompetitor, dan lihat bagaimana cara mereka menyajikan kontennya kepada target audience.
Baca Juga: Jasa SEO Profesional 2024, Layanan Lengkap, Harga Bersahabat!
Anda bisa menjalankan strategi kuno seperti Amati Tiru Modifikasi untuk membuat konten baru yang terinspirasi dari konten kompetitor. Anda bahkan bisa saja menjalankan strategi yang jauh lebih powerful seperti Skyscraper Content. Umumnya, niche konten game banyak mengandalkan konten musiman, itulah sebabnya MinTiv di awal, menyarankan untuk Anda banyak memperhatikan tren game.
Contohnya seperti sekarang ini, di mana banyak website game yang sedang membahas mengapa GTA 6 ditunda.
2. Pastikan Website Memiliki Performa yang Baik Pada Versi Mobilenya
Kebanyakan game dengan grafis berkualitas tinggi, memang dimainkan melalui perangkat desktop, seperti PC atau platform game khusus seperti xBox, Playstation dan lain sebagainya. Namun, industri game perlahan mulai membuka segmen pasar baru yang cukup menjanjikan, yakni game mobile.
Kehadiran game-game seperti Free Fire, Mobile Legends Bang Bang, PUBG Battlegrounds, dan sejenisnya, tentu tidak bisa diremehkan. Mulai bervariasinya pasar game ini, tentu membuat kita harus lebih aktif menyesuaikan strategi SEO. Kita juga harus dapat memastikan performa website game kita, berjalan baik saat diakses melalui perangkat mobile.
3. Buatlah Konten yang Berkualitas
Sumber: Gamerant.com
Cara menjalankan SEO di industri game berikutnya adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Karena konten ini ditujukan untuk game, maka penerapan konsep SEO di dalamnya bersifat dinamis. Alih-alih 100% menerapkan konsep SEO friendly, mimin lebih menyarankan kepada Anda untuk menggunakan teknik storytelling dalam proses penulisan konten.
Gunakan tata bahasa yang relevan, untuk kalangan para gamer. Tempatkan istilah-istilah gamer seperti AE, AFK, Armor, Gear, Bot, BRB, Buff, Burst , CCD, Char, Clan, Equip, Exp, GGWP, dan lain sebagainya dengan tepat.
4. Lakukan Link Building dari Website yang Relevan dan Berkualitas
Cara keempat untuk dapat menjalankan SEO di industri game adalah dengan melakukan link building dari website yang relevan dan juga berkualitas. Link building sendiri adalah proses untuk dapat menanamkan link utama website pada banyak website atau platform lain yang berbeda, tapi masih memiliki niche yang relevan.
Baca Juga: 7 Tips Membangun Backlink Bersama Web Partner
Ada banyak contoh website yang bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk proses link building ini. Beberapa di antaranya seperti;
- Gamebrott.com,
- Duniagames.co.id,
- Kotakgame.com,
- Wartagames.com,
- Gamerant.com,
- Gamesradar.com,
- Thegamer.com,
- Gamespot.com,
- Dan lain-lain.
Tentu saja, Anda juga bisa memanfaatkan jaringan atau komunitas game blogger yang dimiliki.
5. Memanfaatkan Media Sosial, Optimalkan Video Marketing
Cara yang terakhir adalah dengan memanfaatkan media sosial. Untuk tips dan trik terakhir ini, MinTiv sarankan kepada Anda untuk lebih banyak menerapkan konsep video marketing. Anda bisa menggunakan konsep video explainer, menerangkan hal-hal unik seputar dunia game, perilisan game terbaru, dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan TikTok, Reels IG, dan juga YouTube Shorts untuk distribusi kontennya.
FAQ Seputar Konten
- Mengapa industri game perlu menerapkan SEO? Karena persaingan industri game sangat ketat, dan SEO membantu meningkatkan visibilitas game atau website game Anda di mesin pencari. Semakin mudah ditemukan, semakin besar peluang gamer datang dan bertahan.
- Apa SEO di industri game berbeda dengan SEO di industri lain? Secara prinsip sama, tapi pendekatannya bisa lebih dinamis, khususnya karena tren game cepat berubah dan audiensnya sangat spesifik.
- Bukankah gamer lebih sering mencari review di YouTube, bukan Google? Betul. Tapi sebelum mereka mengetik di YouTube, pada umumnya mereka mencari di Google. Dan saat itu, Anda bisa berada di sana, di halaman yang memberi jawaban pertama.
Dapatkan Free Audit
Sebelum kita sampai kepada kesimpulan dari pembahasan “SEO di Industri Game” ini, MinTiv ingin menginfokan kepada Anda, bahwa Creativism sedang ada jasa Free Audit Website.
Bagaimana cara mendapatkannya?.
Anda cukup klik tombol Free Audit, kemudian isi detail formulirnya. Hasil audit akan kami kirim via whatsapp/email.
Kesimpulan
SEO dalam industri game bukan sekadar upaya menaikkan peringkat di mesin pencari, melainkan strategi menyeluruh untuk membangun visibilitas, relevansi, dan koneksi emosional dengan audiens. Dengan memahami tren, mengoptimalkan performa mobile, serta menciptakan konten yang berbicara dalam bahasa gamer, pelaku industri dapat memperluas jangkauan bisnisnya secara berkelanjutan.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi kami langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!.