Skill Penting Digital Marketer – Era bisnis sekarang ini telah banyak berubah. Pelaku perubahan tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah teknologi digital. Ya, masuknya teknologi digital ke dalam bisnis, memberikan kita banyak ruang untuk melakukan berbagai kreasi dan inovasi besar. Teknologi digital memberikan kita banyak kemudahan untuk memasarkan produk dan jasa yang hendak ditawarkan.
Melalui modal yang tidak terlalu besar, kita sudah dapat menjangkau audiens pasar yang luas. “Sayangnya”, kemudahan ini tidak hanya dirasakan oleh golongan tertentu saja, tetapi berlaku untuk semua jenis pebisnis.
Baca Juga: Cara Membuat Outline Konten SEO Menarik
Hal ini menjadikan persaingan era digital marketing, tidak berbeda jauh dari persaingan bisnis di era sebelumnya. Bahkan tergolong lebih gila, karena data-data yang didapatkan begitu banyak dan terkadang pebisnis mengalami banjir informasi.
Belum kelar dari masalah tersebut, pebisnis juga diharuskan agar dapat berpikir kreatif dan inovatif setiap saat. Sebisa mungkin mereka harus bisa menjalankan strategi marketing yang unik dan orisinil. Nah, di sinilah peran penting dari soft skills yang dimiliki. Soft skills sendiri, didapatkan dari The Balance Careers, adalah kemampuan komunikasi, karakteristik seseorang, kecerdasan sosial yang melekat serta kemampuan adaptasi.
Apabila kita mengaitkannya dengan proses digital marketing, tentu ada banyak soft skill penting yang wajib digital marketer miliki. Tapi, tenang saja, karena di dalam artikel ini, MinTiv hanya akan menjelaskan tentang 5 soft skill penting yang wajib digital marketer miliki, dan sudah cukup untuk bantu performa digital marketingnya. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
5 Skill Penting Wajib Dimiliki Digital Marketer
1. Memiliki Kemampuan Analisis yang Baik
Skill penting yang wajib dimiliki digital marketer pertama adalah memiliki kemampuan analisis yang baik. Kemampuan seperti ini, akan membantu Anda lebih mudah memahami kebutuhan, keinginan dan ekspektasi terbaru dari target audience.
Melalui kemampuan seperti ini, digital marketer dapat dengan mudah mencari data-data yang relevan untuk proses perencanaan bisnis yang lebih matang. Perumusan strategi digital marketing menjadi lebih mudah dilakukan dan sesuai dengan tren yang ada.
Termasuk di dalam kemampuan analisis ini, adalah digital marketer yang harus bisa memvisualisasikan data yang didapatkan ke dalam bentuk informasi yang mudah dipahami. Informasi seperti ini, akan menjadikan kolaborasi antar tim lebih terarah dan jauh dari kesalahpahaman.
2. Mampu Bekerja Sama dengan Baik Bersama dengan Tim
Skill kedua yang wajib dimiliki digital marketer adalah mampu bekerja sama dengan baik bersama dengan tim. Ingat, bahwa manusia itu bukanlah makhluk individu, yang selalu bisa melakukan semuanya sendirian. Hal ini juga berlaku untuk digital marketer, di mana ruang lingkup digital marketing itu luas.
Anda tidak bisa menjalankan berbagai strategi digital marketing seperti social media marketing, email marketing, SEO marketing, PPC Marketing sendirian. Jika pun bisa, hasilnya tidak akan begitu maksimal, dan Anda malah hanya akan menghabiskan lebih banyak sumber daya saja.
3. Komunikatif dan Terbuka
Ketiga adalah digital marketer yang harus komunikatif dan bersifat terbuka. Sifat komunikatif seperti ini sangat penting untuk digital marketer dapat menyalurkan brand knowledgenya. Melalui sifat inilah, target audience yang dihadapi akan jauh lebih tertarik dan penasaran dengan penawaran yang Anda berikan.
Sifat ini jugalah yang jadi salah satu penentu terciptalah relationship marketing yang baik. Selain komunikatif, seorang digital marketer harus memiliki integritas yang tinggi. Mereka harus dapat jujur, berbicara apa adanya dan terbuka.
4. Fleksibel
Keempat adalah digital marketer yang harus memiliki sifat atau skill yang fleksibel. Maksudnya mudah beradaptasi dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan yang memang cepat berubah. Kemampuan seperti ini, akan membantu bisnis Anda bertahan lebih lama, dan customer base yang ada dapat terus tumbuh dan melahirkan banyak loyal customer.
Sebisa mungkin untuk bersabar menerima keluh kesah dari klien. Sifat Anda yang mendengarkan klien atau calon pelanggan, adalah salah satu bentuk dari strategi brand perception yang baik. Di mana bisnis Anda akan mendapatkan cap yang baik karena peduli dengan kebutuhan pelanggan.
5. Tegas dan Memiliki Sikap Seorang Pemimpin
Yang terakhir adalah tegas dan memiliki sikap seorang pemimpin. Ya, dengan adanya sikap seperti ini, tim akan lebih hormat dan menghargai setiap keputusan bisnis yang Anda ambil.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu digital marketer?. Orang yang melakukan pemasaran melalui perangkat digital.
- Apa yang dimaksud dengan soft skills?. Kemampuan komunikasi, karakteristik seseorang, kecerdasan sosial yang melekat serta kemampuan adaptasi.
- Skill apa saja yang wajib dimiliki digital marketer?. 1. Kemampuan Analisis yang Baik. 2. Mampu Bekerja Sama dengan Tim 3. Komunikatif dan Terbuka 4. Fleksibel. 5. Tegas dan Berjiwa Pemimpin
Inilah penjelasan lengkap tentang skill penting yang wajib dimiliki digital marketer. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan partner digital marketing terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Tangerang Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.