After Sales Service Adalah – Apa yang Anda lakukan ketika sudah mendapatkan pelanggan?. Bersyukur, itu pasti. Mencatatnya ke dalam database pelanggan itu wajib. Tapi, apakah Anda sudah melakukan teknik after sales service kepada pelanggan tersebut?.
Jika belum, maka Anda tidak mengerti betapa besarnya manfaat dari after sales service dalam proses meningkatkan loyalitas pelanggan. Ya, after sales service adalah cara terbaik bagi pebisnis untuk mendongkrak brand positioning serta brand perception bisnis di mata pelanggan.
Pelanggan yang tadinya hanya ingin membeli produk atau menggunakan jasa Anda, akan jauh lebih bersimpati pada proses bisnis yang ada. Mereka akan ikut berkontribusi pada kelangsungan bisnis Anda secara tidak langsung dengan menjadi pelanggan tetap.
Ya, after sales service adalah cara ampuh bagi pebisnis mempertahankan pelanggan agar tidak beralih kepada kompetitor. Ataupun jika pelanggan tersebut memiliki dorongan kuat untuk beralih ke kompetitor, setidaknya after sales service bisa menjadi penghambat agar proses peralihan tersebut tidak berjalan cepat.
Lalu, apa sih after sales service itu?
After Sales Service Adalah
Sebenarnya, MinTiv sudah menerangkan sedikit tentang apa itu after sales service di bagian awal artikel. Tapi, untuk menambah wawasan Anda tentang arti sebenarnya dari after sales service, berikut ini adalah 3 penjelasannya dari para ahli;
Tjiptono – Ia menjelaskan after sales service sebagai layanan yang disediakan oleh pihak produsen kepada konsumen pasca pembelian.
Kotler dan Armstrong – Hampir mirip dengan definisi yang diberikan oleh Tjiptono sebelumnya, Kotler dan Amstrong mengatakan bahwa after sales service sebagai layanan yang disediakan oleh pihak produsen untuk pihak konsumen pasca konsumen membeli produk dari perusahaan.
Hindle dan Thomas – Layanan yang disediakan oleh produsen setelah konsumen membeli produk atau menggunakan jasa dari pihak produsen.
Contoh After-Sales Service Sederhana
Ada banyak contoh kegiatan after-sales service yang bisa Anda lakukan.
Anda bisa melakukannya dengan cara yang paling sederhana, hingga melibatkan proses perencanaan yang matang. Nah, berikut ini adalah beberapa referensi kegiatan after-sales service yang bisa Anda terapkan dalam bisnis, dimulai dari;
1. Mengucapkan Terima Kasih
Sumber: Google.com
Yang pertama adalah dengan mengucapkan terima kasih.
Sederhana, tapi ucapan terima kasih bisa berikan dampak positif yang besar, layaknya ripple effect. Pelanggan akan merasa sangat diperhatikan dan juga diprioritaskan. Ucapan terima kasih inilah yang juga sering Anda dengar setelah selesai berbelanja di toko supermarket terdekat
“Terima kasih, Sampai Belanja Kembali”.
2. Memberikan Voucher atau Kupon
Kedua adalah dengan memberikan voucher atau kupon.
Anda bisa memberikan voucher atau kupon ini sebagai bagian dari strategi promosi Anda. Jangan lupa untuk memberikan persyaratan khusus agar pelanggan bisa mendapatkan kupon tersebut.
Tapi jangan membuat persyaratan yang rumit, usahakan untuk meminimalkan customer effort yang ada.
Semisal, pelanggan bisa mendapatkan voucher gratis pembelian produk tertentu apabila sudah membeli 2 produk Anda, atau mau memberikan nomor teleponnya, untuk dikirimkan info-info promo menarik.
Lagi lagi, strategi seperti ini sudah banyak diterapkan di berbagai toko supermarket terdekat.
Yang unik tentu saja adalah strategi voucher dari Indomaret. Mereka sediakan voucher Rp.100.000 seharga Rp.100.00 agar pelanggan bisa kembali belanja ke tempat mereka.
Selain menguntungkan pihak Indomaret, pelanggan juga akan ikut terbantu dengan program ini, karena mereka bisa menghemat lebih banyak pengeluaran di tempat lain.
3. Pengemasan Barang
Sumber: Google Images
Ketiga adalah membantu pelanggan dalam proses pengemasan barang ataupun dengan mengemas barang yang mau dikirim ke pelanggan dengan kemasan yang rapi dan juga bersih. Bila perlu tambahkan sedikit desain kartu ucapan mini berisikan kata-kata baik Anda kepada pelanggan.
4. Memberikan Garansi
Keempat adalah dengan memberikan garansi.
After sales service jenis ini akan sering Anda jumpai terutama pada toko atau perusahaan elektronik. Usahakan untuk menuliskan keterangan pada garansi dengan jelas dan tidak ambigu.
Baik itu untuk Anda sendiri sebagai pemilik bisnis, apalagi untuk pelanggan. Sayang dalam prakteknya, seringkali pelanggan dipersulit untuk mendapatkan klaim garansi dengan berbagai persyaratan yang super duper rumit.
Ingat, bahwa pelanggan adalah poros utama perputaran bisnis, usahakan mereka mendapatkan layanan terbaik dengan effort atau usaha yang minimal.
Dilihat dari Standar Nasional Indonesia, garansi dalam teknik after sales service ini dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian, yakni;
- After sales service selama masa garansi, seperti pemeriksaan, perbaikan, pergantian barang atau komponen yang rusak dan lain-lain. Biaya untuk layanan ini biasanya dibebankan pada pihak produsen atau principal.
- After sales service pasca garansi, seperti perawatan berkala, bantuan dari teknisi dan lain-lain. Biasanya, biaya untuk layanan ini dibebankan pada pihak konsumen.
5. Memberikan Informasi Promosi Terbaru
Yang terakhir adalah dengan memberikan informasi promosi terbaru kepada pelanggan.
Manfaat Melakukan After Sales Service
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari dijalankannya after sales service ini di dalam bisnis. Dimulai dari manfaat;
- Menciptakan loyalitas pelanggan serta meningkatkannya.
- Membantu meningkatkan penjualan bisnis.
- Menghambat pelanggan untuk beralih kepada kompetitor.
- Diferensiasi produk dengan kompetitor, strategi unique selling point bisa diterapkan.
- Reputasi atau citra baik bisnis di mata pelanggan semakin meningkat ke arah yang positif.
- Word of Mouth Marketing yang efektif dapat berjalan otomatis.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu after sales service. Adapun kunci utama untuk bisa menjalankan strategi ini adalah dengan mempelajari komunikasi marketing yang baik. Fokus untuk membangun relationship marketing yang baik.
Apabila Anda berminat mendapatkan Jasa Promosi Bisnis Terbaik dengan after sales service yang ramah dan insightful, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.