Cara Menulis Konten yang Menarik – Content writing adalah salah satu bagian penting dari Content Marketing. Sesuai dengan namanya, Content Writing adalah proses penulisan konten.
Adapun konten yang ditulis tersebut beragam, tidak hanya berupa artikel, tapi juga post di media sosial (caption dan teks untuk gambar) dan lain-lain yang dimuat di media online. Adapun output yang dihasilkan dari proses ini biasanya adalah informasi panjang berisikan informasi mengenai brand knowledge Anda kepada audiens.
Berbeda dengan Copywriting, Content Writing lebih akrab digunakan bersamaan dengan teknik penjualan, Soft Selling. Soft Selling adalah teknik penjualan yang berfokus pada kualitas hubungan Anda dengan pelanggan. Semakin bagus kualitas hubungan tersebut maka prospek penjualan yang diharapkan akan meningkat.
Baca Juga: Apa itu Content Writing dalam Digital Marketing?
Dari sini kita dapat menyadari bahwa Content Writing memiliki peran penting dalam tumbuh kembang bisnis Anda. Anda harus dapat memastikan strategi ini berjalan dengan baik dan menghasilkan output yang benar-benar menarik.
Nah, untuk menambah wawasan Anda, berikut ini adalah 8 tips atau cara menulis konten yang menarik dari MinTiv. Simak baik-baik artikel ini ya!.
Cara Menulis Konten yang Menarik Perhatian Audiens
1. Sadari Audiens Anda Terlebih Dahulu
Sebelum masuk ke tahap penulisan konten, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu siapa audiens market Anda. Pahami kebutuhan, minat dan juga masalah yang mereka hadapi. Memahami siapa audiens Anda akan membantu Anda dalam proses penyusunan topik konten atau outline konten yang relevan sekaligus menarik.
2. Mulai dari Judul/Headline yang Menarik
Selanjutnya adalah mulai mencari judul atau headline yang menarik. Judul adalah elemen pertama yang dilihat oleh audiens. Melalui judul yang menarik, audiens dapat memberikan feedback-nya dengan mudah.
Baca Juga: Cara Menuliskan Judul Konten yang Menarik
Semisal Anda menggunakan judul atau headline yang sedikit clickbait untuk konten Instagram, maka itu akan mengundang banyak pengguna untuk memberikan komentarnya. Ingat bahwa 80% audiens akan fokus pada headline Anda, dan hanya 20% dari orang tadi yang membaca seluruh isi konten Anda.
3. Membuat Intro atau Pengantar yang Kuat
Ketiga adalah membuat intro atau pengantar yang kuat. Pengantar diperlukan agar audiens bisa memberikan lebih banyak interaksinya kepada Anda. Anda bisa menggunakan sedikit cerita ataupun fakta menarik sebelum masuk ke bagian inti dari topik yang Anda angkat jadi konten.
Semisal Anda menuliskan konten tentang 5 Rekomendasi Sling Phone Bag Terbaik. Maka di bagian awal Anda bisa sedikit bercerita tentang keuntungan menggunakan Sling Phone Bag. Bagian awal ini akan memperkuat alasan audiens untuk segera membeli produk Anda
4. Usahakan untuk Menuliskan Konten yang Orisinil
Anda perlu mempelajari lebih dalam lagi mengenai niche bisnis Anda.
Setelah mendapatkan data yang cukup, barulah Anda bisa mulai menuliskan konten yang sesuai dengan pemahaman Anda. Menggunakan tata bahasa Anda sendiri, yang itu pastinya orisinil dan memiliki keterkaitan yang kuat dengan pengalaman Anda sendiri.
Konten seperti ini akan meningkatkan kredibilitas bisnis di mata audiens.
5. Menuliskan Konten yang Mampu Memberikan Jawaban Masalah
Kelima adalah belajar menuliskan konten yang mampu memberikan jawaban masalah. Pelajari lebih dalam tentang apa itu search intent.
Search intent sendiri adalah tujuan utama seseorang mengetikkan kata kunci tertentu. Semisal jika audiens menuliskan kata kunci Jasa SEO Terbaik, maka informasi yang dibutuhkan adalah seputar komersial.
Anda tidak bisa memasukkan penjelasan panjang mengenai apa itu SEO, manfaat SEO dan lain-lain, karena pasti, seseorang yang mengetikkan kata kunci tersebut sudah tahu apa itu SEO dan juga manfaatnya untuk bisnis.
6. Menambahkan Ilustrasi Gambar ataupun Data Statistik
Keenam adalah menambahkan ilustrasi gambar atau data statistik tertentu. Jika Content Writing yang Anda lakukan bertujuan untuk mengisi post blog website, maka Anda bisa gunakan teknik external link.
Baca Juga: Cara Mengoptimalkan External Link dengan Baik
Pastikan Anda memilih sumber website yang kredibel dan terpercaya untuk menjadi tujuan external link Anda.
7. Menggunakan Struktur Konten yang Jelas
Ketujuh adalah dengan menggunakan struktur konten yang jelas. Dimulai dari menetapkan pengenalan, hingga poin-poin utama yang ingin dibahas dan juga kesimpulannya. Kumpulkan ide-ide tersebut secara runtut dan teratur.
8. Edit Sebelum Posting
Terakhir, adalah memastikan bahwa konten tersebut jauh dari typo, tata bahasa, ejaan kalimat yang kurang bisa dimengerti dan lain-lain.
Inilah 8 tips menulis konten yang menarik yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Content Writing Terbaik, hubungi Creativism. Mereka akan membantu Anda dapatkan konten terbaik baik itu untuk keperluan Instagram Marketing ataupun SEO Marketing.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Website Bergaransi
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.