Apa itu Pogo Sticking – SEO adalah teknik optimasi website untuk dapat tampil di halaman pertama search engine melalui keyword tertentu yang ditargetkan. Hasil dari teknik optimasi website yakni konten dapat tampil di halaman pertama search engine sendiri, bisa didapatkan melalui pemahaman search intent keyword yang baik.
Search intent adalah tujuan seseorang menuliskan kata kunci tertentu di halaman pencarian Google. Semisal Anda menuliskan kata kunci seperti ini: “Jasa Kelola Instagram Jogja”. Maka jenis search intent yang telah Anda lakukan adalah commercial.
Jenis search intent ini biasanya akan menampilkan konten yang memang berisikan informasi detail yang berkaitan dengan komersial. Semisal kelebihan Jasa Kelola Instagram yang ditawarkan, apa saja layanan yang diberikan dan juga harga jasanya. Adapun kata Jogja di bagian akhir dari keyword tadi, menandakan pencarian difokuskan pada lokasi lokal yakni hanya Jogja saja.
Jika Anda malah memberikan informasi yang sifatnya adalah untuk membuka cakrawala baru, semisal menjelaskan tentang apa itu pengelolaan Instagram, teknik pengelolaan Instagram yang baik, fitur-fitur terbaru Instagram, dan lain-lain. Maka itu tidak akan cocok untuk jenis search intent tadi, yakni commercial.
Baca Juga: Apa itu Microsite, dan Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?
Dijamin, konten Anda tidak akan berada di halaman 1 Google. Akibat lain yang didapatkan dari kurangnya pemahaman search intent adalah pengunjung yang berada dalam situasi pogo sticking.
Apa itu Pogo Sticking?. MinTiv akan menjelaskan tentang apa itu Pogo Sticking secara lengkap di dalam artikel ini, jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Pogo Sticking?
Pogo sticking adalah istilah untuk menggambarkan situasi pengunjung website di mana mereka tidak bisa menemukan jawaban memuaskan dari halaman website yang ditampilkan di SERP. Apabila situasi seperti ini terus terjadi maka ranking dari konten website di SERP bisa terus menurun.
Bahkan lebih parahnya lagi, konten website tersebut bisa menjadi salah satu penyebab website terkena pinalti dari Google. Ya, ini terjadi karena pengguna daripada Google tidak mendapatkan jawaban yang kredibel dan relevan pada konten website tersebut.
Apa Saja Penyebab Pogo Sticking Pada Website?
Ada banyak penyebab terjadinya pogo sticking ini pada konten website.
Di bagian intro artikel, MinTiv telah menjelaskan secara gamblang bahwa salah satu penyebab pogo sticking adalah kurangnya pemahaman yang mendalam terkait search intent.
Bisa dibilang bahwa kurangnya pemahaman akan search intent ini, masuk ke dalam kategori penyebab pogo sticking yang berasal dari konten itu sendiri. Penyebab lain pogo sticking dari kategori ini adalah;
- Clickbait content.
- Menggunakan terlalu banyak keyword utama di dalam konten (keyword stuffing).
- Konten yang tidak relevan dengan niche utama website.
- Penulisan konten yang tidak menarik.
Penyebab lain daripada pogo sticking ini, bukan hanya berkaitan langsung dengan konten. Tapi juga bisa datang dari hal-hal yang tidak berkaitan langsung dengan konten, seperti;
- Waktu loading.
- Terlalu banyak pop-up atau iklan yang mengganggu.
- Tampilan dan struktur website yang kurang baik.
Cara Efektif untuk Menghindari Pogo Sticking
1. Mempelajari Lebih Tentang Search Intent
Untuk Anda yang benar-benar membaca artikel ini, pastinya paham bagaimana MinTiv benar-benar menekankan pentingnya pemahaman akan search intent yang baik. Bisa dibilang bahwa pemahaman akan search intent yang baik ini, adalah dasar penting dari penerapan ilmu SEO marketing.
Baca Juga: Jenis Jenis Search Intent untuk Konten SEO
Tanpanya, penerapan ilmu SEO marketing di dalam bisnis akan berakhir dengan sia-sia.
2. Menggunakan Table of Content
Kedua adalah dengan menggunakan table of content. Cara seperti ini dimaksudkan agar pengunjung bisa lebih mudah mencari informasi pada konten Anda.
Mereka bisa mendapatkan detail informasi secara cepat dan tepat. Mereka dapat memilah poin informasi yang memang menjadi fokus pencarian mereka, tanpa harus membaca lebih banyak informasi yang diberikan.
3. Memaksimalkan Penggunaan Internal Links
Berikutnya adalah dengan memaksimalkan penggunaan internal links. Internal link adalah jenis link di dalam website yang tujuannya mengarah balik pada konten lain di website yang sama. Jenis link ini sering digunakan untuk memberikan keterangan lebih lanjut dari sebuah konten.
Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Internal Link untuk Konten SEO
Efektif juga digunakan sebagai “tools” untuk memaksimalkan dwell time pengunjung. Ingat, ketika dwell time pengunjung maksimal, maka nilai dari pogo sticking otomatis akan mengecil. Jangan lupa untuk mengatur nilai daripada internal link dengan Open Link in New Tab.
4. Mempelajari Struktur Konten yang Sesuai dengan E-E-A-T.
E-E-A-T adalah sistem algoritma terbaru dari Google, pengganti daripada algoritma lama yakni E-A-T. Adapun penjelasan E-E-A-T ini adalah;
- E untuk Experience. Menandakan konten harus memuat poin penting tentang pengalaman daripada pemilik konten itu sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk menambah nilai kredibilitas website. Semisal jika Anda menuliskan konten tentang tips dan trik memancing di laut. Maka konten akan jauh lebih bernilai jika di dalamnya Anda mampu menuliskan kalimat yang berasal dari pengalaman Anda sendiri ketika memancing di laut.
- E untuk Expertise. Menandakan konten yang dituliskan berasal dari orang yang benar-benar ahli di bidangnya. Semisal konten SEO dituliskan oleh ahli SEO, akan jauh lebih bernilai di mata Google ketimbang konten SEO yang dituliskan oleh yang bukan ahli. Bagaimana Google bisa tahu jika pembuat konten tersebut ahli SEO atau tidak?. Google bisa tahu dari penjelasan yang diberikan, dan juga dari data-data terkait otoritas pemilik website.
- A untuk Authoritativeness. Bagian ini berfungsi untuk menilai otoritas daripada konten website. Semakin tinggi nilainya, maka semakin kredibel dan juga terpercaya konten yang diberikan. Peluang untuk masuk halaman 1 search engine pun akan semakin tinggi.
- T untuk Trustworthiness. Hampir sama dengan sebelumnya, hanya saja bagian ini digunakan untuk menilai kepercayaan daripada konten website.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu pogo sticking, penyebab dan juga cara menghindarinya. Apabila Anda berminat untuk bekerja sama dengan Jasa SEO Terbaik, hubungi saja Creativism.id
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.