Apa itu SEO Marketing – Ada banyak yang bisa dilakukan oleh pebisnis ketika ingin melebarkan sayap bisnisnya. Mulai dari menjalankan content marketing di sosial media maupun dengan menjalankan iklan digital seperti Google Ads. Opsi kedua, mungkin lebih banyak digunakan oleh pebisnis, terutama bagi yang memiliki website dan ingin cepat mendapatkan konversi.
Dengan iklan, jangkauan audiens dan juga traffic website akan meningkat sangat drastis. Sayangnya, teknik yang satu ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit, dan juga hanya berlaku selama iklan berjalan saja. Terlebih lagi, bagi Anda yang masih pemula, pastinya membutuhkan waktu yang lama untuk dapat memahami semua tools yang ada di Google Ads.
Dengan sebab itulah, pebisnis mulai banyak mencari alternatif lain, yang lebih murah meriah untuk perkenalkan website bisnis mereka melalui laman pencarian Google. Alternatif lain tersebut adalah SEO marketing.
Apa itu SEO Marketing?
SEO adalah akronim dari search engine optimization. Sebuah teknik optimasi website untuk dapat tampil di halaman pertama Google melalui keyword tertentu. Teknik ini berfokus pada bagaimana cara Anda untuk melakukan riset keyword dan memahami search intent dengan baik.
Tujuan utama daripada penerapan teknik ini adalah meningkatkan traffic website berjenis organik tanpa bergabung pada iklan berbayar.
Pesan Sekarang: Jasa Desain Feed Instagram, Dapatkan Diskon Akhir Tahun!
Apa Saja Jenis-jenis SEO Marketing?
Jika berbicara tentang SEO, maka Anda juga akan berbicara tentang jenis-jenis yang ada didalamnya. Secara umum, SEO dapat diklasifikasikan menjadi 4 bagian utama, yakni On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO dan juga Technical SEO.
Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai keempat teknik tersebut;
On Page SEO – On Page SEO adalah teknik optimasi website yang semua aktivitasnya dilakukan di atas website atau pada websitenya langsung. Ada banyak contoh penerapan dari teknik ini. Salah satunya adalah dengan menjalankan blog SEO. Blog SEO sendiri adalah kumpulan dari banyak artikel SEO yang sesuai dengan niche website.
Baca Juga: Apa itu Blog SEO dan Cara Menjalankannya?
Off Page SEO – Kebalikan dari On Page SEO, Off Page SEO, adalah teknik optimasi website yang segala aktivitasnya dilakukan di luar website atau tidak pada website itu sendiri. Salah satu contoh penerapannya adalah dengan menjalankan backlink.
Local SEO – Teknik optimasi website yang memanfaatkan pencarian lokal dan juga terintegrasi dengan Google My Business. Jika Anda sudah menggunakan Google My Business dan mengisi profilnya dengan benar, maka website Anda bisa saja tampil untuk kata kunci lokal yang ditargetkan. Semisal Mie Ayam Terdekat seperti pada gambar di bawah ini;
Technical SEO – Yang terakhir adalah technical SEO. Sebuah teknik optimasi website yang dilakukan di ranah teknis, seperti pengaturan sitemap XML/HTML, pengaturan domain/hosting, dan juga tentang indexing dan pemasangan plugin.
Cara Kerja SEO Marketing
Secara garis besar, SEO bekerja dengan 3 metode utama, yakni ranking, indexing, dan juga crawling. Berikut adalah penjelasan ketiga metode tersebut secara terperinci;
1. Ranking
Google bekerja dengan sistem ranking, atau biasa dikenal dengan SERP (Search Engine Result Pages). Semakin tinggi relevansi keyword konten website Anda dengan search intent, maka semakin tinggi juga peringkat website Anda di SERP.
Tingginya peringkat yang didapatkan melalui SERP juga otomatis membantu Anda untuk meningkatkan traffic website yang meningkat.
2. Indexing
Yang kedua, SEO bekerja dengan metode indexing. Ya, Google akan melakukan proses indexing terlebih dahulu terdapat konten konten website yang sesuai relevan dengan search intent. Konten website yang belum terindeks, menandakan relevansi yang rendah terhadap search intent dari keyword yang dicanangkan.
Proses indexing dari Google ini memiliki proses yang cukup lama, tergantung kualitas konten Anda. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, karena Google juga sudah menyediakan alternatif lain yakni dengan mendaftarkan URL yang ingin diindeks melalui Google Search Console.
Anda juga dapat membantu proses indexing ini dengan mengatur robots txt pada website Anda.
3. Crawling
Yang terakhir, Google bekerja dengan sistem crawling, atau perayapan. Melalui Googlebot Spider, Google akan mendeteksi konten mana dari website Anda yang memenuhi kriteria untuk dilakukan indexing.
Untuk mempermudah kinerja “laba-laba” ini Anda perlu membuatkan mereka sebuah peta. Peta tersebut adalah sitemap HTML dan juga sitemap XML.
Penggunaan robots txt juga membantu kinerja Googlebot Spider untuk crawling lebih cepat.
Baca Juga: Apa itu A/B Testing dalam Digital Marketing?
Manfaat SEO Marketing dalam Bisnis
Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh jika benar-benar menerapkan strategi marketing yang satu ini. 5 di antara manfaat SEO marketing ini dalam bisnis adalah;
1. Traffic Website Meningkat.
Dengan SEO marketing, traffic website yang dihasilkan akan meningkat. Meningkatnya traffic website ini akan membantu Anda untuk proses peningkatan level branding awareness.
2. Jumlah Traffic Potensial Juga Meningkat.
Yang kedua, jumlah traffic potensial juga akan meningkat. Ya, selain mendapatkan traffic website yang meningkat drastis, konten website yang berada di halaman 1 Google jelas akan mengundang klik dari pengunjung Google.
3. Promosi 24 Jam Gratis di Google.
Berikutnya, adalah Anda akan mendapatkan promosi gratis selama 24 jam di Google. Konten yang sudah masuk ke dalam halaman pertama Google, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa bergeser di halaman 2.
4. Konversi Meningkat.
Selanjutnya, konversi yang didapatkan dari adanya konten website yang masuk di halaman pertama Google tentunya akan meningkat. Terlebih lagi jika konten website tersebut memiliki search intent berjenis transactional. Anda tidak perlu lagi menggunakan PPC seperti Google Ads hanya demi meningkatkan konversi.
5. Kesempatan Mendapatkan Backlinks Lebih Besar.
Terakhir, website yang berada di halaman pertama Google akan memudahkannya untuk dapatkan backlink yang berkualitas. Banyak pebisnis online yang menjadikan website-website di halaman 1 Google sebagai referensi konten mereka. Beberapa pebisnis bahkan dengan sukarela memberikan backlink pada website tersebut meski belum melakukan pendekatan dengan owner-nya.
Baca Juga: 9 Keuntungan Menjalankan SEO Website
Inilah penjelasan lengkap mengenai apa itu SEO marketing. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang SEO marketing ini, Anda bisa membaca link di bawah ini;
Baca Juga: Belajar SEO Lengkap pada Jasa SEO Terbaik
Ingin dapatkan Jasa SEO Terbaik?, segera hubungi Creativism.id. Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 081 22222 7920.
[…] tetap harus menjalankan strategi SEO marketing. SEO sendiri adalah akronim dari Search Engine Optimization. Sebuah teknik untuk mengoptimalkan […]
[…] jika belum memahami SEO marketing dan bagaimana tahapannya agar optimasi web dengan SEO berjalan baik sehingga Anda akan membutuhkan […]