Trend Konten TikTok 2025 – TikTok adalah salah satu aplikasi sosial media yang saat ini banyak digandrungi oleh Gen Z dan bahkan banyak dari millenial yang juga menggunakannya. Konsep video pendek yang awalnya dikembangkan oleh Zhang Yiming ini memang sukses menyihir kaula muda untuk lebih bisa bebas berekspresi di jejaring internet.
Meskipun di awal kehadiran TikTok, banyak yang menyangsikan ide ini, nyatanya TikTok mampu bertahan dan bahkan berhasil merajai sektor video marketing. Keberhasilan TikTok ini juga mendapatkan pengakuan langsung dari Mark Zuckerberg, CEO dari Facebook, perusahaan yang juga telah mengakuisisi Instagram dan juga WhatsApp.
Ia mengatakan bahwa TikTok berhasil mengerti keinginan pengguna sosial media sekarang yang lebih tertarik untuk melihat konten yang sedang booming atau trend, tidak peduli siapa yang membuatnya. Pengguna sosial media sekarang cenderung abai untuk melihat status sosial media dari temannya.
Pernyataan ini juga didukung oleh data dari laporan We Are Social. We Are Social merilis bahwa TikTok berhasil mendapatkan sekitar 1.4 miliar pengguna aktif di setiap bulannya dengan rata-rata umur pengguna di atas 18 tahun (kuartal 1 2022).
Indonesia sendiri tercatat sebagai negara pengguna TikTok terbesar kedua setelah Amerika Serikat. Total 99,1 juta jiwa penduduk Indonesia adalah pengguna TikTok. Mereka menghabiskan waktu sekitar 23,1 jam per bulan untuk berada di aplikasi TikTok.
Data data di atas seolah mempertegas peluang social media marketing melalui TikTok. Ya, banyak pebisnis yang ingin terjun ke dalam TikTok marketing, demi bisa meluaskan sayap bisnis mereka.
Jika Anda termasuk ke dalam pebisnis tersebut, maka Anda perlu mempelajari jenis konten apa saja yang sering trending di aplikasi TikTok. Untuk itu, MinTiv akan berbaik hati dengan memberikan trend konten TikTok 2025 terbaru.
Kira-kira apa saja ya?
Trend Konten TikTok 2025
1. Konten Before dan After
@hairnerdsstudio Poni OB kependekan?? Nah kan ini yang kalian suka? #hairnerdsprofessional #hairnerdsstudio #potongrambut #hairnerdsstudiopik #tukangcukur #barbershop #hairnerdsstudiobandung #serunyabelajar #mullet
Yang pertama yang akan kita bahas adalah konten TikTok dengan jenis Before dan After. Konten jenis ini sangat cocok untuk niche beauty yang menampilkan gambar wajah sebelum perawatan dan sesudah perawatan.
Cocok juga untuk niche kesehatan atau produk produk herbal. Tapi, ingat bahwa konten ini bukan hanya tentang menampilkan foto before pemakaian dan after pemakaian suatu produk saja. Anda tetap harus memikirkan bagaimana caranya agar audiens tetap betah menonton video Anda sampai akhir dengan menerangkan bagian process.
2. Konten Transisi
@sukmaasuk makeup transisi lagiyy
Selain dikenal sebagai aplikasi sosial media, TikTok juga dikenal aplikasi sosial media yang memudahkan penggunanya untuk melakukan editing video. Salah satu fitur andalan yang dimiliki oleh TikTok adalah transisi, yakni mengubah klip dari satu ke satu klip yang lainnya.
Fitur ini sering menjadi trending di TikTok atau sering masuk ke dalam FYP (For Your Page). Konten jenis ini sering digunakan pada niche konten make over, di mana pengguna merubah tampilannya dengan cepat. Untuk membuatnya pun tidaklah terlalu sulit, terlebih TikTok juga sudah didukung oleh aplikasi editing video CapCut.
3. Konten Kolaborasi
@axel.romario tipe tipe #stitch
Selanjutnya adalah konten kolaborasi. Bagi Anda yang sering mengakses TikTok pastinya sering mendengarkan kata-kata, “Izin Stitch ya” dan sejenisnya. Meskipun fitur ini sering digunakan untuk beradu argumen antar pengguna TikTok, tetapi banyak juga yang memanfaatkan untuk membuat konten kolaborasi.
Baca Juga: Apa Saja Trend di Sosial Media Selain TikTok?
Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk lakukan kolaborasi dengan rekan bisnis Anda di TikTok.
4. Family Content
@fadiljaidi
Selanjutnya adalah family content. Konten jenis ini banyak disukai oleh segala kalangan karena materinya yang ringan dan memang menghibur. Kita bisa melihat contohnya pada konten keluarga Fadil Jaidi. Konten kedekatan bersama keluarga ini sangat cocok untuk audiens Indonesia yang memang masih “banyak yang kepo” dengan kehidupan keluarga orang lain.
Baca Juga: Inilah Trend Content Marketing 2025 yang Gak Banyak Pebisnis Tahu!
Anda mungkin bisa menambahkan beberapa “bumbu drama” di dalamnya untuk menambah kesan dramatis, dan juga penasaran dari penonton.
5. Konten Lucu/Komedi
@hambaasahaya Mulut beliau memang patut dijaga paspampres
Selanjutnya adalah konten lucu atau komedi. Tidak bisa dipungkiri, jenis konten ini memang banyak digandrungi oleh siapapun, tidak terkecuali dengan masyarakat Indonesia. Di TikTok sendiri, Anda akan temukan berbagai jenis konten lucu dengan berbagai konsep.
Mulai dari konsep animasi, komedi satire, konten relate dengan kehidupan masyarakat, dan bahkan tanpa konsep yang jelas sekalipun seperti yang dimiliki oleh Yohan Sture.
6. Konten Dance Challenge
@hellshaanisha #SpreadHappiness @aquajapanid Iseng2 ikutan dance challenge nya Aqua Japan. Semoga bisa dapetin OVO voucher😉. buat order makanan selama WFH dirumah✌
Berikutnya adalah jenis konten dance challenge.
Ya, dance dan TikTok adalah dua hal yang sekarang ini tidak bisa dipisahkan. Hal inilah yang sempat membuat TikTok mendapatkan larangan di Indonesia, tepatnya tahun 2018 silam. Tetapi seiring perkembangannya waktu, TikTok mulai berbenah diri, dan warga Indonesia pun menyadari bahwa penggunalah yang punya tanggung jawab lebih terhadap konten yang mereka konsumsi.
Dance challenge sendiri sering digunakan oleh beberapa brand ternama Indonesia untuk promosi event atau produk mereka.
7. Konten Inspirasional
@cloudiiyy
Berikutnya adalah konten inspirasional. Konten jenis ini bisa Anda buat sesederhana mungkin memanfaatkan quotes dari orang-orang ternama. Anda bahkan bisa membuat sketsa drama tersendiri. Konten inspirasional ini sangat cocok untuk jenis konten yang mewakili pandangan positif, ataupun dukungan moril terhadap suatu masalah.
8. Konten A Day in My Life
@widyani17 lika liku perjalanan berangkat kerja #krlcommuterline #pejuangrupiah
Beberapa waktu lalu konten A Day in My Life, ataupun konten yang menggambarkan perjalanan seseorang bekerja dari satu daerah ke daerah lainnya menjadi FYP di banyak akun. Konten-konten seperti ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis kuliner atau bekerja sebagai traveller.
9. Konten Live Streaming
@cicichania96 Bantuin mama jualan lagi #pororo #inipororo
Nomor sembilan, adalah konten live streaming. Bahkan Anda bisa menemukan berbagai jenis konsep konten live streaming yang digunakan oleh pengguna TikTok. Beberapa di antaranya bahkan terkesan aneh atau kurang wajar. Seperti mandi lumpur, makan cabe tidak minum, dan lain-lain.
Sebagai seseorang yang masih normal, tentunya Anda tidak mau bukan membuat konten seperti itu bukan?. Anda bisa mencontoh cara kreatif yang dilakukan oleh Pororo yang sukses menjual pakaian-pakaian untuk para kucing atau anabul.
10. Konten Behind The Scene
@vmuliana Jadi beginilah behind the scene ku bikin video di tiktok guyss #behindthescenes #vyattaid #vyattaaddicts @vyattaid @shopee_id
Terakhir adalah konten behind the scene. Konten jenis ini menceritakan tentang proses yang terjadi setelah acara tertentu. Konten jenis ini banyak digunakan oleh influencer setelah mereka mengikuti acara besar. Kunci penting daripada konten ini adalah bagaimana mereka melakukan teknik storytelling dengan sangat baik.
Baca Juga: Cari Tahu Apa Saja Trend Digital Marketing 2025 di sini!
Inilah 10 trend konten TikTok 2025. Secara garis besar 10 jenis konten di atas ini memang masih jadi andalan untuk trending di tahun ini, dan bahkan untuk beberapa tahun kedepan. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Video TikTok lengkap dengan talentnya, hubungi Creativism.id.
Baca Juga: Tren Instagram Marketing 2025
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
Ini adalah update terbaru dari artikel sebelumnya yang berjudul Sebentar Lagi, Prediksi Trend Konten TikTok 2023, Baca di sini!. MinTiv telah memperbarui url konten beserta dengan data-datanya.