Apa itu Social Listening – Menjalankan bisnis di era digital saat ini, bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak hal penting yang mesti pebisnis pelajari demi dapat mencapai tujuan utamanya. Satu dari sekian banyak hal penting yang mesti dipelajari tersebut adalah social listening. Apa itu social listening?.
Baca Juga: Manfaat Besar Voice of Customer
Dapat dikatakan bahwa social listening adalah cara terbaik untuk pebisnis bisa lebih dekat dengan calon pelanggannya. Social listening adalah cara terbaik untuk pebisnis bisa meramu buyer persona terbaiknya. Lantas, apa sih social listening itu?. MinTiv akan menjelaskannya secara lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Social Listening?
Sesuai dengan namanya, social listening adalah cara Anda dalam mendengar atau melacak nama bisnis Anda di media sosial. Di dalam social listening ini, terdapat 2 langkah utama yang bisa Anda jalankan. 2 langkah utama itu adalah;
Sesuai dengan namanya, social listening adalah cara Anda dalam mendengar atau melacak nama bisnis Anda di media sosial. Di dalam social listening ini, terdapat 2 langkah utama yang bisa Anda jalankan. 2 langkah utama itu adalah;
- Monitoring seluruh social media channels yang menyebutkan brand Anda. Baik di dalam konten mereka, produk, atau keyword di dalam website mereka.
- Analisis informasi untuk bahan pertimbangan aksi yang selanjutnya bakal Anda lakukan.
Terdapat banyak metrik penting yang bisa digunakan untuk proses social listening. 4 di antaranya adalah;
- Brand mentions.
- Hashtag
- Competitor mention
- Dan juga tren industri.
Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari kegiatan satu ini. 3 di antara banyak manfaat tersebut adalah;
- Memudahkan Anda untuk mendengarkan kebutuhan terbaru dari target pasar. Anda bisa menemukan data-data pemasaran yang jauh lebih relevan dan up to date. Melalui social listening ini, Anda bisa selangkah lebih maju di depan kompetitor.
- Anda bisa menemukan pola manajemen krisis yang tepat sasaran. Anda jadi tahu langkah terbaik yang perlu dilakukan ketika masalah datang.
- Anda bisa mengetahui peluang pasar terbaru, sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi target pasar.
Cara Melakukan Social Listening dengan Baik
Untuk bisa melakukan social listening ini dengan baik, bukanlah perkara yang sulit amat. Anda cukup melakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini, dimulai dari;
Baca Juga: Apa itu Customer Journey?
- Mengetahui apa yang perlu Anda dengar. Ya, terutama terkait nama brand, produk, jasa, kompetitor bisnis Anda.
- Lakukan data enrichment. Untuk yang satu ini, Anda bisa berharap banyak tools digital seperti SEMrush, HubSpot, Mailchimp dan lain-lain. Jangan lupa untuk lakukan variasi pengambilan data. Ini akan membantu rencana bisnis Anda penuh dengan ide brilian.
- Tracking pesaing. Ya, Anda bisa melakukan social listening ini dengan mudah melalui proses “mencuri” analisis dari kompetitor. Proses ini akan membantu Anda untuk menghemat lebih banyak banyak waktu terkait proses riset.
- Tetapkan pain point. Pain point adalah masalah utama yang dihadapi oleh calon pelanggan, mereka sangat memerlukan solusi.
- Mempelajari produk terbaik untuk jadi solusi pain paint, dan pelajari lebih jauh dengan unique selling pointnya.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu social listening?. Sesuai dengan namanya, cara Anda dalam mendengar atau melacak nama bisnis Anda di media sosial.
- Apa untungnya melakukan social listening?. Salah satu manfaat besarnya adalah dapat memudahkan Anda memahami kebutuhan dan ekspektasi target pasar.
- Bagaimana cara melakukan social listening?. 1. Dengar apa yang perlu Anda dengar. 2. Lakukan data enrichment. 3. Tracking pesaing. 4. Cari pain point 5. Temukan USP bisnis Anda.
- Rekomendasi tools untuk social listening?. 1. HubSpot 2. SEMrush 3. Sprout Social 4. Hootsuite 5. Mailchimp
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu social listening.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Digital Marketing Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: 7 Cara Update Konten Lama Website
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.