Apa itu Topical Authority – Ketika mempelajari SEO, maka wajar jika kita akan menemukan banyak istilah penting di dalamnya. Salah satunya adalah topical authority.
Apa itu topical authority?. Dikatakan oleh banyak ahli, topical authority adalah istilah penting yang mesti dipelajari oleh pebisnis yang memilih SEO sebagai channel marketing-nya.
Topical authority sendiri adalah konsep di mana sebuah website memiliki otoritas yang tinggi pada suatu topik. Dengan kata lain, topical authority adalah gambaran kemampuan sebuah website untuk dapat menjadi sumber terpercaya dari niche atau topik konten tertentu.
Apa itu Topical Authority dan Apa Saja Manfaatnya?
Kita telah mengetahui definisi sederhana dari topical authority. Lalu apa sih manfaat dari memahami istilah ini?.
Memahami topical authority dapat membantu website Anda meraih peringkat keyword di SERP yang lebih tinggi. Peringkat SERP yang lebih tinggi, tentunya akan meningkatkan brand perception yang baik dari audience.
Apabila ini sudah terjadi maka dampaknya akan sangat terasa di bagian peningkatan metrik traffic website. Terutama traffic yang didapatkan dari organic search. Ada banyak cara yang biasanya pebisnis lakukan untuk meningkatkan topical authoritynya.
Yang paling kentara tentu saja adalah dengan menulis konten SEO friendly. Konten tersebut berisikan heading dan subheading yang menempatkan kata kunci utama yang ditargetkan. Contoh saja Anda yang ingin menulis konten SEO friendly untuk topik Jerawat.
Maka susunan heading dan subheading-nya bisa seperti ini;
- Cara Mengatasi Jerawat Ampuh
- Penyebab Jerawat Muncul
- Cara Mengatasi Jerawat yang Salah
- Cara Mencegah Munculnya Jerawat Kembali
Selain itu, pebisnis juga menerapkan topical authority ini dengan menanamkan backlink ke website lain yang punya niche relevan.
Cara terakhir yang biasa pebisnis lakukan untuk optimalkan proses topical authority ini adalah dengan menempatkan inbound link relevan. Semisal di dalam konten A (membahas tentang Cara Salah Mengatasi Jerawat) diberikan link konten B (membahas tentang mitos-mitos jerawat).
Di dalam blog Creativism ini, MinTiv telah memberikan tips dan trik untuk mengoptimalkan inbound link atau yang biasa kita kenal juga sebagai internal link. Simak lengkap melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Internal Link untuk Konten SEO
Strategi Terbaik Menjalankan Topical Authority
Anda bisa mulai dari proses;
1. Perencanaan konten. Hal ini berkaitan dengan proses research keyword. Pastikan Anda sudah menemukan keyword utama yang ingin dioptimalkan. Setelah itu buatlah daftar keyword turunannya.
2. Mengelompokkan keyword berdasarkan subtopik. Ya, selanjutnya adalah Anda yang mesti mengelompokkan keyword turunan sebelumnya berdasarkan subtopik tertentu.
Semisal Anda menargetkan kata kunci utama yakni “Manfaat SEO”, lalu keyword turunannya adalah “Manfaat SEO untuk Bisnis”, “Manfaat SEO untuk Website”, “Manfaat SEO untuk Personal Branding”, dan lain-lain.
Anda bisa mengelompokkan keyword turunan tadi ke dalam beberapa subtopik seperti “Perusahaan” dan “Individu”. Di mana keyword turunan “Manfaat SEO untuk Bisnis” bisa masuk kategori subtopik “Perusahaan”. Agar lebih mudah memahami strategi kedua ini, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu apa itu topic cluster.
3. Memperhatikan dengan baik search intent dan struktur website dengan baik.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu topical authority. Apabila Anda ingin mendapatkan Jasa SEO Terbaik dengan pelayanan lengkap plus ada garansinya. Hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Resiko Menulis Konten Website Terlalu Mengandalkan Tools SEO
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.