Cara Menguasai Keyword Search Volume Rendah. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama hasil pencarian search engine. Terutama search engine terpopuler di dunia, yakni Google. Ilmu ini sendiri difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama.
Di dalam prosesnya, ada banyak hal penting yang mesti Anda pelajari dan jalankan. Salah satunya adalah mempelajari proses keyword research dengan baik. Dapat dikatakan bahwa keyword research adalah proses awal dari berjalannya metode On-Page SEO tertarget.
Tanpa adanya proses keyword research, strategi SEO terutama yang berkaitan dengan On-Page SEO akan mengambang tanpa mencapai target atau tujuan tertentu. Keyword research sendiri adalah proses untuk dapat menemukan keyword utama yang tepat sekaligus relevan untuk website bisnis.
Di dalam proses keyword research ini, Anda akan mempelajari banyak istilah penting. Beberapa di antaranya adalah search intent, search volume, dan juga competition.
Search intent adalah tujuan sebenarnya seorang pengguna search engine mengetikan keyword tertentu. Semisal keyword yang ia gunakan di pencarian adalah Jual Beli Sepeda Bekas. Maka informasi yang ia butuhkan bersifat transaksional atau komersil.
Mereka yang mengetikan keyword seperti ini, tidak memerlukan terlalu banyak keterangan informational panjang seperti tips memilih sepeda bekas terbaik, atau sejenisnya.
Perlu diketahui sendiri bahwa search intent terdiri dari 4 jenis utama. 4 jenis search intent ini adalah informational, transactional, commercial, navigational. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang apa itu search intent melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Jenis Jenis Search Intent yang Wajib Diketahui
Apa itu Search Volume dan Competition dalam Keyword SEO?
Lalu, bagaimana dengan search volume dan competition?. Search volume adalah metrik yang digunakan untuk dapat mengukur seberapa besar pencarian keyword tertentu di search engine. Sedangkan competition adalah metrik yang digunakan untuk dapat mengukur seberapa besar tingkat kompetisi yang dimiliki keyword tertentu.
Baik search volume dan juga competition, dapat kita klasifikasikan menjadi 3 jenis, yakni Low, Medium dan juga High. Pada umumnya, keyword dengan search volume tinggi, juga akan memiliki tingkat kompetisi yang tinggi pula.
Sebagai pemula, terlebih untuk yang baru menjalankan website bisnis, keyword seperti ini, wajib untuk dihindari terlebih dahulu. Banyak Ahli SEO menyarankan kepada pemula untuk fokus pada keyword dengan search volume serta kompetisi yang rendah terlebih dahulu.
Lalu, bagaimana caranya menguasai keyword dengan search volume rendah?. Di dalam artikel ini, MinTiv akan memberikan 5 tips jitunya untuk Anda. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
5 Cara Menguasai Keyword Search Volume Rendah
1. Menggunakan Tools Research Keyword Mumpuni
Cara pertama untuk dapat menguasai keyword dengan search volume rendah adalah dengan menggunakan tools research keyword mumpuni. Ada banyak opsi yang bisa Anda gunakan. MinTiv sendiri menyarankan kepada Anda untuk menggunakan SEMrush premium.
Tapi, jika Anda tidak memiliki cukup banyak modal, maka tool seperti Google Keyword Planner sudah lebih dari cukup. Di sana, Anda bisa mendapatkan visualisasi data terkait keyword dengan search volume dan competition yang rendah. Data-data tersebut bisa Anda manfaatkan, untuk kemudian dijadikan daftar keyword tertarget. Anda bisa menggunakannya untuk menjadikan proses keyword research tidak berulang di kemudian hari.
Ada 2 metode research keyword yang bisa Anda jalankan di Google Keyword Planner. 2 metode tersebut adalah Discover new keywords dan juga Get Search Volume and Forecasts. Anda bisa membaca tutorial penggunaan kedua metode tersebut lebih lengkap melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Menggunakan Google Keyword Planner
2. Membuat Topic Cluster
Kedua adalah dengan membuat topic cluster. Apa itu topic cluster?. Topic cluster adalah pengelompokkan topik utama menjadi beberapa kelompok topik atau sub topik. Strategi seperti ini akan membantu proses riset konten Anda lebih cepat.
Anda hanya cukup melakukan sekali proses riset konten untuk bisa menemukan 10 hingga lebih ide konten terbaru. Adapun topic cluster untuk SEO memiliki 3 elemen penting. 3 elemen penting ini adalah content pillar, subtopic atau cluster content dan juga internal link.
Perumusan topic cluster yang baik, akan memudahkan Anda menemukan struktur konten yang rapi dan dalam. Perlu diketahui juga bahwa pelaksanaan topic cluster di dalam strategi SEO akan membantu website mendapatkan dwell time yang maksimal.
Hal ini wajar terjadi, dikarenakan pengunjung yang tertarik untuk mempelajari materi tertentu di website secara mendalam. Ada banyak teknik topic cluster yang bisa Anda gunakan. Yang paling sering digunakan adalah topic cluster dengan menyematkan teknik wawancara sederhana 5W + 1H.
Anda bisa saja mempelajari teknik topic cluster lain seperti Lotus Blossom, Reframing, dan juga 18 content. Pelajari lebih banyak tentang apa itu topic cluster melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Teknik-Teknik Topic Cluster untuk Membantu Content Marketing Jadi Lebih Menarik
3. Mempelajari Content 10x
Berikutnya adalah dengan mempelajari teknik produksi Content 10x. Apa itu maksudnya MinTiv?. Content 10x adalah istilah teknik produksi konten yang dipopulerkan oleh Rand Fishkin, salah satu dari SEO marketer ternama di dunia, sekaligus pendiri daripada perusahaan analisis Moz.
Content 10x atau 10x Content adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan proses pembuatan konten yang 10x kali lebih baik daripada konten yang sudah muncul di SERP (Search Engine Results Page).
Selain ditujukan untuk dapat membantu performa konten website di SERP, teknik ini juga ditujukan untuk dapat memberikan pengalaman membaca konten yang berbeda. Teknik ini mampu membantu pengunjung memahami lebih dalam pesan promosi atau branding yang hendak ingin Anda sampaikan.
Bagaimana cara menjalankan teknik ini?. Mudah saja, Anda tinggal menargetkan konten tertentu, semisal konten yang berada di urutan teratas halaman pertama Google untuk kemudian dikalahkan kualitas dan kuantitasnya.
Semisal Anda ingin mengalahkan konten 5 Cara Menjalankan Bisnis Online dengan Baik di SERP. Anda tinggal membuat ulasan yang jauh lebih banyak ketimbang menghadirkan 5 cara saja. Semisal menghadirkan hingga 15 cara.
Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat konten tersebut dengan visualisasi data yang lebih menarik. Menggunakan tata bahasa yang lebih ringan dan mudah dipahami oleh target audience. Tidak lupa, Anda juga memasang backlink berkualitas yang mengarah ke konten tersebut untuk menunjang performanya.
Kalau kita pikir baik-baik, strategi ini sekilas mirip dengan teknik skyscraper content ala Brian Dean.
4. Memahami Local SEO
Cara menguasai keyword search volume rendah berikutnya adalah dengan memahami Local SEO. Local SEO adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal dan juga optimalisasi bisnis.
Metode ini, akrab dengan penggunaan keyword spesifik terutama yang berkaitan lokasi bisnis atau daerah tertentu. Semisal Jasa Reparasi Komputer Jogja.
Tentu saja keyword seperti ini memiliki search volume dan competition yang tidak setinggi keyword Jasa Reparasi Komputer. Kata Jogja yang muncul di akhir frasa keyword digunakan untuk dapat membantu pengunjung, terutama yang berasal dari lokasi Jogja, lebih mudah menemukan bisnis Anda.
Ketika bisnis Anda mudah ditemukan, maka tentunya itu akan memberikan efek domino di mana metrik lead dan konversi meningkat drastis. Didapatkan dari Search Engine Journal, 76% pelanggan yang datang ke toko bisnis, adalah mereka yang berawal dari pencarian lokal.
5. Lakukan Monitoring dan Evaluasi
Terakhir, adalah dengan melakukan monitoring dan evaluasi performa keyword. Untuk cara atau tips yang terakhir, ini Anda juga bisa memanfaatkan tools gratis seperti Google Search Console ataupun Google Analytics.
Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftarkan website bisnis yang ada ke dalamnya. Pelajari dengan seksama metrik-metrik penting yang ada. Ingat, untuk jangan terlalu terpaku terhadap metrik traffic website saja. Pelajari juga performa website dari metrik-metrik penting lainnya seperti bounce rate, dwell time, page views, dan sebagainya.
FAQ Seputar Konten
- Apa saja manfaat menguasai keyword dengan search volume rendah?. Anda jadi memiliki kesempatan yang besar untuk dapat menambah traffic website berjenis organic, tanpa harus merasakan persaingan konten yang sulit.
- Apakah mempelajari cara menguasai keyword dengan search volume rendah, ada kaitannya dengan Low-hanging fruit keyword?. Tentu saja ada. Low-hanging fruit keyword sendiri adalah keyword yang paling rendah pencarian dan kompetisinya sehingga mudah untuk dioptimalkan. Keyword ini termasuk bagian dari jenis long-tail keyword, hanya saja dengan frasa kata yang lebih panjang atau lebih spesifik.
Inilah penjelasan lengkap cara menguasai keyword search volume rendah. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Apa itu Footprint SEO, Manfaat dan Bagaimana Caranya?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda.
Promo Spesial Agustus 2024
Di bulan yang spesial ini, Creativism tengah mengadakan Promo naSEOnal untuk paket Bronze. Anda bisa membaca keterangan lengkap mengenai promo naSEOnal spesial ini melalui Instagram mereka di @creativism.id.
Silahkan hubungi mereka melalui nomor WhatsApp 081 22222 7920 untuk konsultasi lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat.