Prediksi Trend SEO Tahun Depan – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama search engine. Terutama search engine terpopuler di dunia, yakni Google. Ilmu optimasi website ini sendiri, dijalankan dengan melibatkan keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalam prosesnya, ada banyak hal penting yang mesti Anda pahami.
Satu di antaranya, adalah dapat memahami perkembangan terbaru daripada algoritma Google. Hal ini penting untuk dipahami karena dapat membantu Anda untuk terhindar dari metode Black Hat SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkahnya menyalahi aturan serta tidak sesuai dengan algoritma terbaru search engine Google.
Apabila Black Hat SEO ini diterapkan, baik secara sengaja ataupun tidak sengaja, maka website akan mendapatkan dampak yang buruk. Salah satunya adalah website yang mengalami deindex atau konten sulit muncul di SERP (Search Engine Results Page).
Termasuk dalam hal memahami perkembangan terbaru daripada algoritma Google, adalah Anda yang harus tahu apa saja trend SEO yang sedang berlangsung atau akan berlangsung ke depannya. Ya, Anda harus up to date akan segala prediksi trend SEO, termasuk untuk 1 tahun ke depan.
Baca Juga: 5 Cara Menguasai Pasar Keyword Search Volume Rendah
Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan tentang apa saja prediksi trend SEO di tahun depan. Penasaran?, simak baik-baik artikel ini ya!.
5 Prediksi Trends SEO di Tahun Depan, 2025
1. Konten Masih Menjadi Poros Utama
Prediksi trend SEO pertama yang bakal terjadi di tahun depan, adalah konten yang bakal terus menjadi bagian paling penting. Bahkan diprediksi konten akan terus menjadi poros utama dari berjalannya strategi SEO untuk beberapa tahun mendatang.
Konten untuk website sendiri terdiri dari banyak model. Dimulai dari yang paling umum yakni konten artikel, landing page, halaman produk, halaman promosi, halaman infografis, halaman download dan lain sebagainya.
Tentu saja konten yang dimaksud adalah konten yang berkualitas tinggi. Bagaimana caranya kita dapat mengetahui konten yang sedang dikreasikan berkualitas tinggi?. Kita dapat memahaminya dengan mudah melalui beberapa ciri-ciri penting di bawah ini;
- Memiliki topik yang relevan dengan niche utama website.
- Relevan dengan search intent keyword tertarget.
- Keyword density yang seimbang.
- Memiliki skor readability yang tinggi. Mudah dan enak dibaca oleh manusia.
- Memberikan solusi atau informasi mendalam bagi pengunjung.
- Shareable. Konten tidak terlalu pendek maupun terlalu panjang. Sesuai dengan kebutuhan pengunjung website.
Lalu bagaimana caranya membuat konten website berkualitas tinggi?. Anda bisa mempelajari cukup banyak langkah-langkah pentingnya, melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Membuat Konten Website Berkualitas Tinggi
Di dalam proses pembuatan konten website berkualitas ini, Anda bisa menggunakan berbagai teknik produksi konten keren. Dimulai dari teknik;
- SEO Copywriting.
- ATM (Amati Tiru Modifikasi).
- Skyscraper content.
- 10x content.
- Pendalaman topic cluster (menggunakan berbagai teknik detail seperti 5W + 1H, FAQ Content, Lotus Blossom, Reframing, 18 Content).
Bocoran Data
Sedikit bocoran dari bot bernama Yoshi Code Bot di GitHub. Ia mengatakan bahwa ada 2 elemen penting yang mesti SEO marketer perhatikan untuk meningkatkan performa websitenya. 2 elemen penting ini, ia didapatkan dari penjabaran Google’s API Content Warehouse.
2 elemen penting yang dimaksud adalah;
- Setiap blog post perlu menambahkan biodata singkat penulisnya. Biodata singkat yang berada di bawah konten blog ini, dapat membantu meningkatkan kredibilitas konten blog/web. Selain itu, ini juga akan berdampak positif pada algoritma E-E-A-T.
- Selalu memberikan konten terbaru. Anda bisa saja memanfaatkan konten lama, untuk kemudian diberikan pembaruan data di dalamnya.
Anda bisa membaca link artikel di bawah ini, untuk dapat mengetahui cara update konten lama yang efektif serta efisien.
Baca Juga: Cara Update Konten Lama Agar Bisa Ranking
2. Optimasi Website dengan AI
Prediksi trend SEO di tahun depan yang kedua adalah mulai maraknya penggunaan AI untuk keperluan optimasi website.
Bahkan sekarang, kita sudah bisa menemukan berbagai penerapan AI pada setiap proses penting SEO dengan mudah. Dimulai dari pembuatan website, produksi konten, research keyword dan analysis competitor, backlink, evaluasi dan monitoring, dan sebagainya.
Kehadiran Chat GPT yang booming sejak Desember 2022 lalu, juga memberikan warna baru untuk SERP Google. Di mana Google kini menghadirkan fitur Featured Snippets baru bernama AI Overviews.
Fitur AI Overviews ini mampu menghadirkan hasil pencarian yang sudah dirangkum otomatis oleh mesin AI. Rangkuman ini didapatkan dari berbagai konten website terbaik yang tembus di halaman pertama Google.
Baca Juga: Apakah Featured Snippets Memberikan Pengaruh Zero Click?
Google sendiri bahkan sudah mengembangkan teknologi terbaru untuk konsep Search Generative Experience, layaknya Chat GPT. Teknologi yang MinTiv maksud tersebut adalah Google Gemini yang dulunya bernama Google Bard.
Google juga sudah menjelaskan dengan baik hukum daripada penggunaan konten generate AI untuk SEO di laman resminya. Di mana Google tidak akan pernah mempermasalahkan hasilnya, selama memenuhi standar human friendly dan juga algoritma paten mereka saat ini, E-E-A-T.
Berikut ini adalah daftar rekomendasi tools AI yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan, dimulai dari keperluan;
Pembuatan Website SEO Friendly Otomatis
- Wix.
- ZipWp.
- Jimdo.
- Framer.
Pembuatan Konten
- Jasper.
- Rytr.
- WriterSonic.
- AI Frase.
- NeuronWriter.
Research Keyword/Monitoring
- SEMrush.
- Ahrefs.
- ClickUp.
- Surfer.
- Junia.
Backlink/Link Building
- Link Hunter.
- Link Whisper.
- Monitor Backlinks.
- Buzzstream.
- Hunter.io.
Local SEO
- Local SEO Checklist.
- Moz Local.
- SEO Scout.
- Yext.
- Answer The Public.
3. E-E-AT- Masih Akan Digunakan
Ketiga adalah algoritma E-E-A-T yang sepertinya bakal akan terus digunakan oleh Google untuk waktu yang lama. Google E-E-A-T sendiri adalah algoritma terbaru Google untuk menggantikan algoritma lama mereka yakni Google E-A-T.
Perubahan ini sendiri sudah dilakukan sejak 15 Desember tahun kemarin. E-E-A-T adalah kependekan dari Experience, Expertise, Authoritativeness, Trust. Definisinya kurang lebih sama dengan Google E-A-T.
Hanya saja memang terdapat tambahan pada huruf E pertama yang berarti Experience. Maksud kata Experience ini adalah Google akan mempertimbangkan konten yang di dalamnya juga memuat pengalaman si pembuat konten.
Semisal Anda ingin membuat konten tentang review makanan di restoran tertentu. Di dalam konten tersebut, Anda juga memberikan penilaian pribadi beserta dengan elemen foto di mana Anda makan makanan yang ada di dalam restoran tersebut. Apa yang Anda lakukan ini, sudah melupakan implementasi elemen penting experience dari E-E-A-T.
4. Optimasi Video dan Answer Engine Optimization
Keempat adalah optimasi video serta Answer Engine Optimization. Sesuai dengan namanya, optimasi ini dilakukan fokus pada pencarian video dan juga mesin penjawab. Biasanya ditujukan agar konten Anda mampu tampil sebagai informasi utama dari fitur Featured Snippets berjenis video dan People Also Ask.
Apabila Anda bertujuan untuk mengoptimalkan video di dalam website, atau untuk akun YouTube, maka Anda bisa melakukan beberapa tips jitu di bawah ini, dimulai dari;
- Identifikasi keyword yang relevan.
- Memberikan judul, deskripsi menarik dengan keyword relevan.
- Memenuhi tag dan kategori yang tepat untuk video.
- Desain thumbnail yang menarik.
- Terdapat transkip.
Untuk Answer Engine Optimization, Anda bisa melakukan beberapa tips jitu di bawah ini, dimulai dari;
- Membuat struktur konten berdasarkan FAQ.
- Fokus pada jenis question keyword.
- Memberikan bagian FAQ konten di dalamnya. Semisal di bagian akhir seperti yang sudah MinTiv lakukan di artikel ini.
- Membuat konten dengan tata bahasa yang ringan, layaknya sebuah percakapan.
5. Voice Search Optimization
Terakhir, adalah Voice Search Optimization. Sesuai dengan namanya, voice search optimization adalah teknik optimasi website yang difokuskan pada hasil pencarian berdasarkan suara. Jenis optimasi website seperti ini, sangat penting untuk Anda pelajari.
Didapatkan dari Statista, jumlah orang-orang yang akan melakukan pencarian via suara ini, diperkirakan akan terus bertambah hingga tahun depan. Untuk tips dan trik prediksi trend SEO yang terakhir, bisa Anda baca lengkap melalui link di bawah ini;
Baca Juga: 5 Cara Kembangkan Voice Search Optimization
FAQ Seputar Konten
- Apa saja prediksi trend SEO tahun depan?. 1. Konten Berkualitas Masih Menjadi yang Utama 2. Optimasi Website dengan AI 3. E-E-A-T Masih Akan Eksis 4. Optimasi Video dan AEO. 5. VSO
- Mengapa mempelajari trend SEO itu penting?. Karena dapat membantu Anda untuk terhindar dari metode Black Hat SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkahnya menyalahi aturan serta tidak sesuai dengan algoritma terbaru search engine Google.
Inilah penjelasan lengkap Prediksi Trend SEO Tahun Depan. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda.
Promo Spesial Agustus 2024
Di bulan yang spesial ini, Creativism tengah mengadakan Promo naSEOnal untuk paket Bronze. Anda bisa membaca keterangan lengkap mengenai promo naSEOnal spesial ini melalui Instagram mereka di @creativism.id.
Silahkan hubungi mereka melalui nomor WhatsApp 081 22222 7920 untuk konsultasi lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat.