Apa itu Zero Click – Mempelajari seluk beluk SEO memang tidak akan ada habisnya.
Pembahasan ini mengharuskan Anda untuk benar-benar tidak tidur saking banyaknya sub pembahasan yang ada di dalamnya. Ketika mempelajarinya, Anda akan mengenal 4 metode yakni SEO On Page, SEO Off Page, Local SEO dan juga Technical SEO.
Tapi, sama halnya seperti pertanyaan “beranak” dari guru Anda ketika sekolah dulu, “Sebutkan 5 contoh, dan jelaskan pengertian masing-masing 5 contoh tersebut, beserta berikan pendapatmu, bla-bla”. 4 metode yang MinTiv sebutkan tadi juga masing-masing memiliki “anak yang banyak”.
Untuk SEO On Page saja, Anda temukan lebih dari 100 teknik penerapannya.
Baca Juga: 14 Panduan Lengkap Terbaru SEO On Page!
Begitu juga dengan metode lain seperti Off Page, Local SEO, dan juga Technical SEO. Bersyukurnya, hal ini tidak menyurutkan semangat pebisnis online untuk terus belajar agar sukses membranding website mereka di Google.
Nama website yang menjadi besar serta visibilitas website yang meningkat di Google adalah tujuan banyak pebisnis. Jumlah traffic website pun akan meningkat. Manfaat ini bisa didapatkan apabila konten website Anda berada pada halaman pertama Google.
Namun, apa jadinya jika Google malah “mengkhianati” hasil jerih parah konten yang masuk di Page 1 dengan Zero Clicknya.
Sebuah kondisi dari Google untuk mempersingkat informasi dari konten website tertentu agar lebih mudah dipahami. Kondisi inilah yang menjadikan calon pengunjung website bisa mendapatkan informasi rinci tanpa harus klik website yang berikan informasi lebih lanjut.
Jika sudah begini, apa yang harus Anda lakukan?. Apa itu Zero Click dan benarkah itu akan menghalangi Anda dari peluang mendapatkan traffic potensial?.
Baca Juga: Jenis Jenis Traffic Pada Website
MinTiv akan membahasnya lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!
Apa itu Zero Click?
Sumber: Google.com
Zero-click adalah keadaan di mana pengguna Google dapat melihat informasi secara langsung dan menyeluruh pada hasil pada pencarian Google. Istilah ini dikenal bersamaan dengan fitur Google yakni Featured Snippets.
Fitur seperti ini Google kembangkan untuk meningkatkan User Experience terhadap cara Google menampilkan informasi sebagai hasil pencarian dari keyword tertentu.
Bukan hanya featured snippets tapi juga fitur-fitur lain seperti knowledge panel, maps, instant answer, definition, kalkulator, dan lain sebagainya akan meningkatkan fenomena terjadinya Zero Click.
Contohnya bisa Anda lihat pada gambar di atas. Di mana ketika Anda mengetikkan keyword Daftar Website Belajar Copywriting, Google akan menampilkan konten yang paling relevan dengan isi yang dipersingkat.
Mereka yang mencari dengan kata kunci tersebut jadi tidak perlu melakukan klik lagi untuk dapatkan jawaban dari pertanyaan mereka. Kecuali jika mereka ingin mendapatkan informasi yang lebih detail.
Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Search Engine Journal, dijelaskan bahwa hasil pencarian pada desktop 34,4% atau hampir 35%–nya adalah Zero Click. Dan 62.5% dari pengguna tidak melakukan klik link ke hasil pencarian.
Apakah Zero Click ini Merugikan Pebisnis Online?
Sumber: Google Images
Jika dipahami sekilas, Zero Click ini bisa kita katakan merugikan pebisnis online, terutama bagi mereka yang memilih marketing channel berjenis web marketing dengan SEO.
Baca Juga: Jenis Jenis Marketing Channel yang Pebisnis Wajib Tahu!
Bahkan di tahun 2019, pembahasan mengenai Zero Click menjadi bahasan yang begitu panas.
Zero Click dianggap menguntungkan Google dan tidak berpihak kepada website penyedia konten. SparkToro mengatakan bahwa hanya 35% pencarian yang menghasilkan klik dan sisanya adalah Zero Click.
Studi dari SparkToro, mengatakan bahwa setiap tahun persentase Zero Click ini meningkat. Bahkan Danny Goodwin dari Search Engine Land mengatakan bahwa Zero Click akan naik ke angka 85% jika SparkToro melakukan studinya di tahun 2021.
Gonjang-ganjing apakah Zero Click ini merugikan atau tidak, dijawab langsung oleh Danny Sullivan. Public Liaison for Search dari Google itu mengatakan bahwa adanya Zero Click justru akan memperbesar terjadinya lebih banyak traffic ke dalam website setiap tahun.
Dikutip dari Search Engine Journal, Google juga telah menerbitkan artikel khusus untuk membantah hipotesis dari SparkToro ini. Google mengatakan Zero Click justru memiliki peran penting dalam penyempurnaan riset jutaan keyword.
Dengannya, data search volume dari sebuah keyword dapat ditampilkan dengan mudah melalui tools keyword research.
Yang Perlu Anda Lakukan untuk Menyikapi Zero Click
Setelah mengetahui bahwa Zero Click tidak merugikan, maka Anda harus memahami cara terbaik untuk bisa “mendapatkannya”. Dalam artian berusaha agar konten Anda mendapatkan featured snippets.
Baca Juga: Cara Membuat Artikel SEO Friendly dengan Mudah
1. Membuat Konten dengan Struktur yang Jelas
Anda bisa memulainya dimulai dari membuat paragraf pembuka yang mencantumkan sedikit keyword yang digunakan. Kemudian menggunakan heading 2 yang memuat keyword Anda. Jangan lupa untuk gunakan heading 3. Masing-masing dari heading 2 dan 3 tersebut diberi penjelasan yang cukup di bawahnya.
2. Membuat Konten dengan Pedoman FAQ
Selanjutnya adalah membuat konten dengan pedoman FAQ (Frequently Asked Question) bisnis Anda. Apakah harus merujuk pada bisnis Anda?, tentu saja tidak.
Anda bisa menggunakan FAQ ini sesuai dengan konteks konten yang Anda ingin kreasikan. Misal Anda ingin membuat konten seputar Cara Mengatasi Laptop yang Lemot, maka Anda bisa gunakan FAQ dari masalah laptop yang lemot.
Seperti apa yang menyebabkan laptop menjadi lemot, bagaimana cara mengatasinya,dan juga bagaimana cara mencegahnya.
Kesimpulan dari Zero Click
Dapat kita simpulkan bersama, bahwa Zero Click ini tidak merugikan pebisnis online yang jalankan web marketing mereka dengan SEO.
Zero Click ini tidak perlu dikhawatirkan terlalu dalam, karena justru membantu kita untuk menyempurnakan kemampuan riset keyword.
Yang perlu Anda lakukan untuk adalah mencari cara bagaimana konten Anda mendapatkan Featured Snippets atau model Snippets lainnya sebagai hasil pencarian Google.
Jika Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Website Terbaik, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 62812-2222-7920.
[…] Baca Juga: Apa itu Zero Click dan Pengaruhnya untuk SEO? […]