Strategi TikTok Marketing Terbaru – TikTok adalah aplikasi sosial media berbasis video yang saat ini banyak digemari oleh kalangan Gen Z.
Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada September 2016, oleh Zhang Yiming. Berbeda dengan aplikasi seperti YouTube, konsep yang ditawarkan dari video ini sedikit berbeda. Di mana TikTok memungkinkan penggunanya untuk upload video berdurasi pendek.
Ya, meskipun di awal peredarannya, aplikasi ini sempat mendapatkan larangan di mana-mana. Terlebih lagi di negara kita yakni Indonesia, yang sempat memblokir 8 jenis DNS (Domain Name Server) daripada TikTok.
Namun, perubahan demi perubahan yang dilakukan oleh pihak TikTok, pada akhirnya menjadikan aplikasi kreasi mereka ini dapat diterima dengan baik. Bahkan, kita dapat melihat banyak instansi-instansi pemerintahan yang menggunakan TikTok sebagai sarana sosialisasi, edukasi, dan juga promosi mereka.
Seiring perkembangan waktu pula, TikTok mulai dapat diandalkan untuk kegiatan digital marketing. Hal ini selaras dengan perkembangan jumlah pengguna TikTok yang terus bertambah dari tahun ke tahun.
Dari data yang didapatkan dari Cloudflare, perusahaan telekomunikasi dan keamanan internet Amerika Serikat mengatakan bahwa TikTok menempati urutan kedua sebagai media sosial terpopuler di tahun 2022.
TikTok berhasil mengalahkan nama-nama besar seperti Instagram, Twitter, LinkedIn, Pinterest, dan juga Reddit. Bahkan di tahun sebelumnya, TikTok berhasil menempati urutan pertama sebagai media sosial terpopuler.
Suksesnya TikTok menempati urutan teratas sebagai media sosial terpopuler ini tidak lepas dari jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) yang terus bertambah. Data dari Business of Apps pada kuartal III/2022 mengungkapkan bahwa TikTok mendapatkan MAU sebesar 1.53 miliar.
Jumlah ini bahkan meningkat 47,93% dibandingkan kuartal setahun sebelumnya. Dari sumber yang sama pula, diungkapkan bahwa TikTok sudah diunduh sebanyak 196 juta kali pada kuartal III/2022.
TikTok Sebagai Tools Marketing
Statistik perkembangan TikTok di atas membuka terbuka peluang bisnis baru di sosial media. Dari yang sebelumnya hanya di dominasi oleh Facebook dan Instagram, TikTok kini hadir bukan hanya sebagai alternatif, tapi juga bisa dijadikan sebagai pilihan utama.
Salah satu alasan mengapa TikTok dipilih sebagai tools marketing adalah mudahnya TikTok diterima oleh kalangan Gen Z. Generasi yang kita tahu sebagai generasi yang FOMO (Fear of Missing Out) dan cenderung alami compulsive buying.
Baca Juga: Cara Jitu Menjalankan FOMO Marketing kepada Audiens yang Tepat!
Data dari Katadata.co.id mengatakan pengguna TikTok di seluruh dunia didominasi oleh mereka yang berada pada kelompok usia 20-29 dengan nilai 35%. Kelompok 10-19 tahun dengan nilai 28%.
Data-data di atas menjadikan banyak pebisnis semangat untuk memulai kampanye marketing mereka di TikTok. Gerakan pertama yang dilakukan tentu saja adalah merancang strategi TikTok marketing. Nah, untuk menambah wawasan Anda, berikut ini adalah 7 Strategi TikTok Marketing Terbaru yang bisa Anda terapkan. Apa saja?
7 Strategi TikTok Marketing Terbaru 2023
1. Cerita Perjalanan
@skindivore cerita sedikit perjalanan hidupku, kalian jg pasti bisa☺️🙏💪 #skindivore #serunyaditiktok #gayaditiktok #layanganputus #jerawat #fyp
Yang pertama adalah dengan menjalankan strategi TikTok marketing dengan menjalankan konten bertemakan cerita perjalanan. Konten seperti ini sedang booming di TikTok, dan poin terpenting dari konten ini adalah kekuatan Anda dalam bercerita melalui kata-kata dan pemilihan gambar yang tepat.
Model video yang dijalankan pun terkesan sederhana, yakni hanya dengan mengandalkan transisi perpindahan slide gambar. Terdapat banyak ide konten yang memanfaatkan tema ini.
Semisal Anda bisa menjalankan konten yang menjelaskan tentang;
- Perjalanan Anda menggunakan produk skincare/perawatan tubuh.
- Perjalanan Anda dalam memulai bisnis.
- Cerita tentang perjalanan Anda dalam menghadapi customer dan lain-lain.
Konten seperti ini bagus untuk membangun citra baik pada bisnis Anda.
2. TikTok Ads
@legingpremium #NonStopAntiNgedrop #tiktokshopindonesia #PercayaSemuaBisaDiAtur
Yang kedua adalah dengan menjalankan TikTok Ads. MinTiv sendiri sudah membahas TikTok Ads ini pada artikel khusus. Anda bisa membaca artikel tersebut pada link di bawah ini.
Baca Juga: Jenis Jenis Iklan yang Ada di TikTok Ads
Manfaat terbesar yang bisa dirasakan jika Anda menggunakan TikTok Ads adalah jangkauan yang lebih luas serta jaminan untuk dapat tampil di FYP (For Your Page).
3. Stitch Videos
@rivaldi.putra20 #stitch dengan @🖇𝓭𝓭_𝓮𝓷𝔂〽️ apa lagi yg kurang warna ungu 😌 #fyp
Berikutnya adalah dengan memanfaatkan fitur dari TikTok itu sendiri yakni Stitch. Stitch adalah fitur TikTok yang memungkinkan penggunanya untuk dapat memberikan komentar langsung melalui video tersendiri setelah sekilas video yang distitch muncul.
Anda bisa melihat contohnya pada konten di atas.
Di sini, Anda bisa saja berkreasi dengan menawarkan produk-produk Anda yang memiliki warna dengan akhiran huruf U seperti Biru maupun Ungu. Semisal Anda stitch video di atas untuk promosi tas berwarna biru.
“Ini tas warnanya unguuuu, cocok banget untuk kamu yang unyuuu, ayo segera pesan dan bikin pasanganmu bilang uwuuuu, buruan beliin dan jadikan mantan cemburuuu”. Ya, untuk ini, Anda bisa melakukan improvisasi konten lain.
4. Live TikTok
Keempat, masih dengan menggunakan fitur TikTok, kali ini adalah dengan memanfaatkan fitur live. Perlu diketahui bahwa fitur live sendiri sudah bisa membantu Anda untuk dapatkan penghasilan tambahan. Setiap gift yang berhasil dikumpulkan dari akun yang datang ke Live Anda, dapat diuangkan.
5. Promosi Bergaya Meme
@lawakchannel_ #j1800 #vidiolucuindonesia #vidiomemelucungakak #vidiomemelucungakak #vidiolucutiktokindonesia #memelucuindonesia #memetiktokindo #fypシ゚viral
Selanjutnya adalah dengan membuat konten video promosi bergaya meme atau humor lawak.
Konsep video seperti ini sangat digemari oleh pengunjung, karena tidak tertebak, dan juga tidak ujug-ujung langsung iklan. Sama seperti Anda, audiens tentunya akan bosan melihat konten Anda jika Anda “terang-terangan dalam berjualan”.
Gunakan teknik soft selling yang kekinian. Contohnya bisa Anda lihat pada konten di atas, abaikan bagian awal dan akhir daripada video.
6. Quotes Video Estetik
@yudasamboo Kasih kata-kata terbaik kalian di akhir bulan april🙌 #NgabuburitGaya #sad #aestheticvideos
Di nomor 6 adalah dengan membuat quotes video estetik.
Sama seperti strategi yang pertama, Anda bisa memanfaatkan konten video seperti ini untuk meningkatkan citra baik bisnis Anda. Semisal menggunakan kata-kata bijak yang berasal dari pemikiran Anda sendiri. Menyematkan kata-kata bijak tersebut dengan nama bisnis Anda di dalam video.
Atau Anda bisa menggunakan konsep video seperti dengan kata-kata yang anak nyeleneh. Semisal;
“Umur sudah 25 ke atas, tapi berasa hampa karena belum rasain enaknya makan di Restoran Creativism”.
7. Proses Pengemasan/Pembuatan Produk
@levelfour.id panggilan euyyy!!
Yang terakhir adalah dengan menjalankan strategi TikTok marketing dengan menjalankan konten video yang memperlihatkan proses pengemasan/pembuatan produk. Konsep video seperti ini bagus untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap Anda.
Baca Juga: Perbedaaan Antara SEO dengan SEM?
Rasa keraguan daripada pelanggan ketika akan membeli produk Anda perlahan akan hilang setelah melihat konten seperti ini.
Inilah 7 strategi marketing terbaru untuk platform TikTok. Apabila Anda membutuhkan Jasa Kelola Akun TikTok lengkap dengan talent, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Inilah Strategi Tiktok Marketing Terbaru 2023 […]