Cara Meningkatkan Brand Awareness – Ada banyak metrik penting yang harus dapat Anda ketahui dan pelajari ketika menjalankan bisnis. Terlebih di era digital sekarang ini yang menuntut orang-orang untuk dapat terus berpikir kreatif. Salah satu dari sekian banyak metrik penting tersebut adalah brand awareness.
Brand awareness sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seberapa jauh pemahaman target audience terhadap brand Anda. Atau, seberapa jauh brand Anda dikenal oleh target audience. Metrik ini sendiri terdiri dari 4 tingkatan utama. 4 tingkatan tersebut adalah;
- Unaware brand.
- Brand recognition.
- Brand recall.
- Top-of-mind awareness.
Lalu, apa perbedaan antara ke-4 tingkatan brand awareness ini?. Berikut adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda;
Tingkatan Brand Awareness
1. Unaware Brand
Ini adalah tingkatan brand awareness yang paling dasar dan pertama dirasakan oleh setiap brand yang baru memulai perjalanan bisnisnya. Sesuai dengan namanya, unaware brand adalah kondisi di mana brand belum diketahui oleh banyak target audience.
2. Brand recognition
Ini adalah tingkatan teratas setelah unaware brand. Tingkatan ini menggambarkan kondisi brand yang mulai mendapatkan perhatian lebih dari target audience, terutama dalam proses perkenalan.
Contoh mudahnya, semisal Anda adalah pebisnis jual beli baju bekas. Lalu di toko Anda berdatangan calon pelanggan yang melihat-lihat baju yang Anda jual. Bertanya tentang apakah bahannya, berapakah harganya dan lain-lain.
Apa yang dilakukan oleh calon pelanggan ini, menandakan bahwa brand Anda sudah berada di tahap brand recognition. Brand yang berada di tahap ini, dapat dikatakan berhasil menggaet perhatian target audience.
3. Brand Recall
Tingkatan ketiga dari brand awareness adalah brand recall. Sesuai dengan namanya, tingkatan ini menggambarkan kondisi brand yang sudah mulai terngiang-ngiang di kepala calon pelanggan.
Menggunakan studi kasus sebelumnya, seseorang yang melihat baju yang Anda jual, lalu pulang, dan di esok hari datang, berkata “Baju yang bergambar Dora kemarin, masih ada” adalah bagian dari brand recall.
4. Top of Mind Awareness
Ini adalah tingkatan tertinggi dari brand awareness. Hampir semua pebisnis menginginkan ini. Top of Mind Awareness menggambarkan brand yang mudah untuk dikenali, bahkan dalam keadaan spontan sekalipun. Contoh saja, ketika seseorang menyebutkan kata “Santai, ada…”, maka orang lain yang mendengarnya akan menyambungnya dengan kata brand, “Sanken”.
Manfaat Brand Awareness untuk Perkembangan Bisnis
Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dari proses peningkatan brand awareness yang baik. 4 di antara banyak manfaat tersebut adalah;
- Membantu meningkatkan feedback positif pada bisnis secara keseluruhan.
- Bantu pebisnis untuk lebih mudah menyusun kampanye produk/jasanya.
- Anda jadi lebih mudah untuk melakukan monitoring kompetitor.
- Sarana untuk pebisnis ciptakan brand perception positif.
Secara garis besar, brand awareness sangat bermanfaat untuk bisnis dapat membangun relationship marketing yang baik.
Cara Meningkatkan Brand Awareness dengan SEO
Berbicara tentang bagaimana cara meningkatkan brand awareness, tentu saja kita akan menemukan banyak strateginya. Yang paling mudah, atau lebih tepatnya, yang paling sering digunakan oleh pebisnis pemula adalah dengan menjalankan iklan digital.
Tools seperti Meta Ads, TikTok Ads, Google Ads sering digunakan untuk mempercepat proses peningkatan brand awareness bisnis. Hal ini wajar saja karena iklan digital menawarkan kita akan jangkauan audiens yang luas dengan biaya yang dapat disesuaikan.
Sayangnya, iklan digital seperti ini tidak selalu menjadi solusi praktis yang terbaik. Terlebih untuk produk atau jasa yang belum masuk ke dalam kategori winning product. Jika belum, maka Anda mau tidak mau harus mengeluarkan lebih banyak biaya lagi untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda pada target audience yang tepat.
Kondisi seperti ini jelas kurang bersahabat untuk pebisnis pemula yang memang belum memiliki kekuatan financial yang baik. Oleh sebab itu, MinTiv menyarankan kepada Anda untuk fokus pada strategi marketing lainnya bernama SEO.
SEO sendiri adalah kependekkan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu untuk optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine. Ilmu ini difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target.
Lalu, bagaimana cara meningkatkan brand awareness ini dengan SEO?.
Jenis Jenis SEO
Caranya mudah, Anda cukup memahami dan menjalankan 4 metode penting SEO. 4 metode tersebut adalah SEO On Page, SEO Off Page, Local SEO, Technical SEO.
- SEO On Page adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website utama.
- SEO Off Page adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website atau platform brand alternatif.
- Local SEO adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal dan juga profil bisnis.
- Technical SEO adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada hal-hal teknis website.
Di dalam blog Creativism, MinTiv telah menjelaskan secara lengkap tentang panduan masing-masing metode SEO ini. Anda bisa membacanya dengan seksama.
Anda bisa saja memulai perjalanan ini dengan 7 cara sederhana. Dimulai dari;
1. Mendaftarkan Bisnis di Google My Business
Ya, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendaftarkan bisnis di Google My Business. Ini adalah langkah tepat untuk Anda dapat meningkatkan visibilitas website di pencarian lokal.
Baca Juga: Apa itu Local Citation, Ini Dia Cara Memaksimalkannya untuk SEO Website
Ya, ini adalah bagian dari penerapan teknik Local SEO. Tips kecilnya, Anda harus dapat memahami dengan baik apa itu Local Citation.
2. Membangun Website yang SEO Friendly dan Mobile Friendly
Kedua, adalah dengan memastikan bahwa website yang digunakan untuk kampanye SEO, sudah SEO friendly dan Mobile Friendly. Hal ini penting untuk Anda perhatikan, karena berkaitan langsung dengan page experience pengunjung. Page experience sendiri adalah salah satu faktor ranking search engine Google yang telah dikonfirmasi.
3. Melakukan Audit Website
Ketiga, adalah dengan melakukan audit website. Audit website perlu dilakukan untuk dapat mengetahui kelemahan dan kelebihan website. Anda juga akan jadi lebih tahu mengenai potensi tersembunyi yang dimiliki oleh website Anda. Melakukan audit website, akan menghindarkan Anda dari dead link, duplicate content, thin content, dan lain-lain yang bersifat negatif.
4. Membuat Konten yang Berkualitas
Content is king, adalah istilah yang pasti sering Anda dengar ketika menjalankan SEO. Istilah ini, tidak salah, tetapi juga tidak benar sepenuhnya. Karena memang SEO bukan hanya sekedar konten yang ditulis dan dibaca, namun juga konten yang dirasakan interaksinya.
Baca Juga: Cara Membuat Konten Website yang Berkualitas
Btw, Anda bisa membuat konten berkualitas dengan mudah, apabila sudah memahami dengan baik apa itu search intent. Search intent sendiri adalah tujuan seseorang ketika mengetikan kata kunci tertentu di search engine.
5. Mencari Backlink yang Berkualitas
Ya, ini adalah bagian dari teknik penerapan SEO Off Page. Anda harus dapat mencari backlink dari website yang selain berkualitas, juga harus relevan dengan niche utama web Anda. Anda bisa membaca faktor-faktor apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum mencari backlink berkualitas, pada link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Faktor Faktor Backlink Berkualitas
6. Terus Konsisten
SEO adalah soal konsistensi. SEO tidak pernah mengenal kata berhenti.
7. Melakukan Evaluasi Kampanye SEO
Anda harus dapat memahami banyak metrik-metrik penting untuk bisa mengukur tingkat keberhasilan kampanye SEO. Jangan hanya terfokus pada metrik-metrik besar seperti traffic website. Perhatikan juga metrik lain seperti bounce rate ataupun dwell time.
Inilah penjelasan lengkap mengenai cara meningkatkan brand awareness dengan SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik dengan layanan lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.