Ide Konten Facebook Profesional. Sebutkan salah satu media sosial terpopuler di dunia?. Satu di antara banyak jawaban yang ada, mungkin akan mengarahkan Anda kepada media sosial yang dikreasikan oleh Mark Zuckerberg, Facebook. Ya, hal ini wajar mengingat Facebook adalah perusahaan media sosial terbesar di dunia.
Dapat dikatakan bahwa Facebook lah yang membawa demam pengembangan media sosial muncul di kalangan developer era tahun 2000-an. Meskipun Facebook sudah dihadang sana sini oleh berbagai aplikasi media sosial yang muncul belakangan, namanya tetap berada di urutan teratas media sosial terpopuler di dunia.
Strategi pengembangan yang dilakukan oleh Mark Zuckerberg, menjadi alasan kuat mengapa Facebook masih bisa terus eksis hingga sekarang. Mark tidak hanya fokus pada pengembangan fitur aplikasi saja, tapi juga proses bisnis yang ada di dalamnya.
Seperti yang kita ketahui bersama, Facebook telah berhasil mengakuisisi WhatsApp, Instagram, dan juga Messenger. Pengembangan bisnis yang dilakukan oleh Mark ini terus berlanjut. Ia bahkan sampai mengganti nama perusahaan Facebook .Inc menjadi Meta Platforms .Inc di tahun 2021 lalu.
Perubahan nama ini jelas mengindikasikan keseriusan Mark akan gurita bisnis yang dimilikinya, tidak terkecuali dengan media sosial yang melambungkan namanya, Facebook.
Meskipun sebagian besar netizen menganggap bahwa Facebook sudah ketinggalan zaman dan lebih akrab digunakan oleh generasi X, atau bahkan Baby Boomers. Nyatanya jumlah pengguna Facebook terus meningkat dari tahun ke tahun.
Di Indonesia, per September 2024 lalu, jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai persentase 81,6%. Hanya kalah dari WhatsApp 90,9% dan juga Instagram 85,3%. Ada banyak alasan mengapa Facebook masih bisa terus eksis hingga sekarang ini. Satu di antara banyak alasannya, adalah adanya fitur monetisasi yang diberikan kepada penggunanya.
Daftar Isi
ToggleMengenal Sedikit Facebook Pro
Dulu kita bisa melakukan monetisasi dari grup, artikel Instan Facebook, streaming game, dan juga marketplace. Tapi, karena berbagai hal, 3 jenis monetisasi di awal, telah ditiadakan oleh Facebook.
Lantas, mengapa MinTiv menyebut fitur monetisasi sebagai salah satu alasan kuat mengapa Facebook dapat bertahan?.
Facebook memang telah meniadakan 3 fitur monetisasi tersebut. Tapi, Facebook telah menggantinya dengan program monetisasi yang jauh lebih menggiurkan. Program monetisasi ini dapat dijalankan melalui akun Facebook Pro.
Melalui akun Facebook Pro, pengguna bisa mendapatkan berbagai manfaat, seperti;
- Membangun personal branding sebagai kreator konten.
- Mengembangkan komunitas global atau khusus.
- Mendapatkan kesempatan monetisasi.
- Dapat mengakses fitur Insights.
- Menjadi lebih mudah ditemukan.
- Dan lain-lain.
Adapun syarat untuk dapat mengubah akun Facebook menjadi Facebook Pro adalah;
- Akun utama atau halaman memenuhi Standar Komunitas Facebook.
- Akun utama atau halaman mematuhi Kebijakan Monetisasi Mitra dan Kebijakan Monetisasi Konten Facebook.
- Memiliki minimal 500 pengikut selama 30 hari berturut-turut.
- Berusia minimal 18 tahun.
- Negara tempat pengguna Facebook Pro, mendukung syarat untuk fitur monetisasi Star.
Fitur-Fitur Monetisasi Facebook Pro

Sumber: Facebook.com
Ada banyak fitur monetisasi dari Facebook Pro yang bisa Anda manfaatkan. Tidak tanggung-tanggung, Facebook bahkan sampai menyediakan 6 jenis monetisasi yang bisa pengguna manfaatkan. 6 jenis monetisasi ini adalah;
1. Bintang
Program monetisasi di mana pengguna bisa mendapatkan pundi-pundi cuan dari pemberian gift yang dilakukan oleh pengguna Facebook lainnya. Perlu diketahui bahwa setiap Star yang didapatkan memiliki nilai $0,01 atau sekitar Rp. 156.
2. Iklan Kemitraan
Program monetisasi di mana pengguna dapat menampilkan iklan mitra Facebook di dalam kontennya. Konten yang Anda kreasikan, akan menampilkan akun pengiklan atau mitra di bagian header.
3. Iklan di Reels
Program monetisasi selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan adalah Iklan di Reels. Iklan ini terbagi ke dalam 2 jenis, yakni Video on Demand dan juga Video siaran langsung.
4. Bonus
Program monetisasi di mana pengguna mendapatkan uang hasil dari interaksi di postingan. Program monetisasi jenis ini, terbilang sulit didapatkan karena harus menunggu undangan dari pihak Facebook.
5. Iklan In-Stream
Program monetisasi ini akan menampilkan iklan advertiser, baik itu berupa gambar atau video, pada video yang pengguna Facebook Pro upload. Perlu diketahui bahwa program monetisasi ini sudah dihentikan sejak 4 Oktober 2024 lalu.
6. Langganan
Seperti yang sudah bisa Anda tebak, fitur monetisasi ini, mirip dengan sistem kerja fitur konten eksklusif yang ada di Instagram.
Pengguna Facebook Pro yang Meresahkan
Silahkan lihat dan simak baik-baik video di atas. Ya, pengguna Facebook yang rata-rata didominasi oleh generasi tua, yakni generasi milenial, X dan juga baby boomers, menjadi salah satu sebab mengapa konten yang dihadirkan oleh pengguna Facebook Pro kebanyakan, adalah konten-konten receh.
Tidak adanya gambaran konten yang berkelas atau setidaknya memiliki value, menjadi sebab utama mengapa pengguna Facebook Pro lebih senang membuat konten tanpa effort sama sekali. Mereka lebih senang melakukan komentar “Salam Interaksi” dan sejenisnya.
Lagi pula, generasi ini, rata-rata awam akan dunia kreator konten. Kebanyakan tidak mengerti tentang apa itu riset audience, proses pembuatan content pillar yang matang, copywriting dan sebagainya.
Hal ini juga diperparah dengan inspirasi konten receh yang mereka dapatkan dari Gen Z di media sosial Tik Tok. Tidak heran juga konten yang kreator Facebook Pro kreasikan, kebanyakan mirip dengan konten-konten “sampah” yang ada di TikTok. Konten joget, konten selfie mengikuti lirik lagu, konten sensual, dan konten-konten tidak jelas lainnya.
Jika Anda ingin menjadi kreator konten yang profesional, tentu saja cara seperti di atas, tidak bisa Anda andalkan. Anda hanya akan menghasilkan sedikit cuan dari program monetisasi yang ada, dan pada akhirnya sangat bergantung kepada komunitas “Salam Interaksi”.
Oleh sebab itu, Anda perlu memperbanyak referensi ide konten Facebook Profesional yang lebih baik. Di dalam artikel ini, MinTiv akan memberikan 7 referensi ide konten Facebook Profesional yang bisa Anda jadikan sebagai acuan. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
1. Konten Memasak
Ide konten Facebook profesional pertama, yang bisa Anda jadikan sebagai acuan, adalah konten memasak. Memang, untuk bisa membuat konten memasak bukanlah perkara yang mudah, terlebih untuk pemula yang tidak tahu menahu angle pengambilan gambar yang bagus.
Tapi, Anda perlu ingat bahwa demografi pengguna Facebook rata-rata adalah mereka generasi tua. Membuat konten memasak dengan konsep apa adanya, justru lebih relate untuk mereka (bukan berarti membiarkan 100% pengambilan gambarnya jelek ya).
2. Konten Game Quiz
Selanjutnya adalah konten game quiz. Konten jenis ini, pastinya sudah sering lewat di beranda video Anda semua. Konsepnya sederhana, di mana Anda bertanya kepada orang lain, dan orang lain tersebut harus dapat menjawab pertanyaan yang diberikan. Jika tidak, maka ia akan mendapatkan hukuman, tidak mendapatkan hadiah, atau kalah begitu saja.
3. Konten Sepak Bola
Berikutnya adalah konten Sepak Bola. Didapatkan dari data Statista, per April 2024 lalu, pengguna Facebook rata-rata didominasi oleh pria. Seperti yang kita ketahui bersama, rata-rata pria di dunia ini menggemari olahraga Sepak Bola. Membuat konten tentang Sepak Bola, tentu saja bisa jadi pilihan tepat untuk Anda.
4. Konten Storytelling Anime/Film/Video Pendek
Ide konten Facebook profesional berikutnya adalah konten storytelling anime, film atau video pendek. Anda bisa memanfaatkan kemampuan Anda dalam melakukan voice over manual ataupun dengan memanfaatkan fitur voice over AI (Artificial Intelligence).
Sedikit tips, jangan lupa untuk mencantumkan link konten selanjutnya di bawah kolom komentar apabila konten Anda membutuhkan part 2.
5. Konten Lucu (Terstruktur)
Ide konten Facebook Pro selanjutnya adalah konten lucu. Tentu saja konten lucu yang MinTiv maksud adalah konten lucu yang terstruktur atau terkonsep dengan rapi. Bukan konten lucu yang sekedar diberikan backsound ketawa ngakak.
6. Konten Motivasi
Menjelang akhir, ada ide konten motivasi. Ya, Anda menggunakan video footage alam yang menakjubkan, dan kemudian diberikan kata-kata motivasi yang menginspirasi.
7. Konten Meme
Ide konten terakhir, untuk Anda para pengguna Facebook Pro adalah konten meme. Untuk ide konten yang terakhir ini, Anda bisa mendapatkan banyak referensinya dari website meme seperti 9Gag, Knowyourmeme.com, dan lain sebagainya. Anda juga bisa mendapatkan referensinya dari berbagai fanspage meme Facebook.
FAQ Seputar Konten
- Apakah Facebook Pro cocok untuk semua jenis pengguna?. Facebook Pro lebih cocok untuk kreator konten yang ingin membangun personal branding, mengembangkan komunitas, dan menghasilkan uang melalui konten yang dibuat. Ini lebih disarankan bagi mereka yang serius dalam menghasilkan uang melalui media sosial, bukan hanya sekedar berbagi konten sehari-hari.
- Apakah Facebook Pro hanya untuk konten generasi tua?. Meskipun demografi pengguna Facebook cenderung lebih tua, dengan menggunakan strategi yang tepat, konten di Facebook Pro dapat menarik audiens dari berbagai kalangan. Konten yang beragam dan relevan dengan audiens target tetap dapat sukses, meskipun mayoritas pengguna adalah generasi milenial dan Baby Boomers.
Referensi Bacaan dari Creativism
Setelah membaca artikel 7 ide konten Facebook Profesional di atas, MinTiv sarankan kepada Anda untuk membaca beberapa artikel lainnya yang relevan, demi menambah wawasan yang ada. Dimulai dari;
- 7 Strategi Facebook Marketing Terbaik Terbaru!.
- 6 Kunci Sukses Facebook Ads, Pemula Wajib Merapat!.
- Berapa Biaya yang Diperlukan untuk Iklan di Facebook?.
Referensi dari Luar
Terkait referensi bacaan dari website luar, berikut ini MinTiv berikan beberapa referensi, dimulai dari;
- Facebook Analytics: 6 Tips to Get More Actionable Insights. Ditulis oleh Kajetan Walczak, seorang Advertising Specialist dari Brand24.
- How to Monetize Your Profiles With Facebook’s Professional Mode. Ditulis oleh Pragnya Singh, seorang Senior Digital Marketer dari SocialPilot.
Kesimpulan
Inilah penjelasan lengkap tentang ide konten Facebook Profesional. Pada intinya, sebagai kreator konten, kita harus dapat menampilkan konten yang memiliki value.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi mereka langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!!.