Strategi Facebook Marketing Terbaik – Siapa yang di antara Anda yang masih memainkan media sosial Facebook?. Mungkin banyak yang menjawab sudah lama tidak memainkan media sosial yang satu ini. Ada yang menjawab juga bahwa akun Facebook-nya hanya digunakan untuk login aplikasi lain saja. Semisal game, dan lain-lain.
Bahkan ada juga yang bertanya balik dengan mengatakan seperti ini;
“Emang masih ada ya orang-orang yang bermain Facebook?”.
Jawabannya jelas ada, tapi memang untuk audiens yang berasal dari generasi millenial dan gen Z lebih sedikit. Di Facebook, Anda mungkin akan lebih banyak menjumpai audiens dari generasi X dan juga baby boomers. Kehadiran TikTok serta banyaknya perubahan fitur yang lebih modern dan kekinian dari Instagram memang menjadikan media sosial ini seperti ketinggalan di mata generasi millenial ke atas.
Data dari websiterating.com juga mendukung pernyataan ini. Berdasarkan data yang mereka teliti, ditemukan fakta bahwa pengguna Facebook yang berusia 13-17 tahun di tahun 2022 telah berkurang setengahnya sejak tahun 2015.
Tapi, ajaibnya masih banyak pebisnis digital yang masih mau melakukan marketing mereka di media sosial satu ini.
Alasan utama kenapa banyak pebisnis digital yang masih mau menggunakan platform media sosial Facebook, adalah Facebook masih tercatat sebagai rajanya media sosial terpopuler di dunia.
Alasan tersebut didukung banyak data dan fakta dari lembaga analisis, dimulai dari data;
- Facebook adalah sosial media terpopuler nomor 1 di awal tahun 2023 dengan jumlah pengguna aktif mencapai 3 miliar. (databoks.katadata.co.id)
- 1.8 miliar orang menggunakan Grup Facebook di tiap bulannya. (Websiterating.com)
- Angka keterlibatan audiens dalam strategi branding di Facebook tergolong tinggi. Fanspage yang mendapatkan 10k-100k penggemar memiliki tingkat keterlibatan satu per 455 pengikut. (Sumber sama dengan yang sebelumnya).
- Setiap hari, ada 1 miliar story Facebook yang dibagikan. (Sumber sama dengan yang sebelumnya).
- 74% audiens yang berpenghasilan tinggi setidaknya dengan pendapatan $75.000 per bulan menggunakan Facebook untuk mencari produk yang ingin dibeli. (Sumber sama dengan yang sebelumnya).
7 Strategi Facebook Marketing Terbaik Terbaru!
Ya, Facebook masih sangat menjanjikan untuk opsi pebisnis digital jalankan strategi digital marketing-nya. Meremehkan Facebook jelas adalah kesalahan besar. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk segera memikirkan strategi Facebook marketing terbaik.
Baca Juga: Apa Saja Tren Bisnis Digital di Tahun 2023?
Nah untuk menambah insight Anda tentang strategi Facebook marketing terbaik ini, MinTiv akan berikan 7 rekomendasinya. Penasaran apa saja 7 rekomendasi strategi Facebook marketing itu?, simak baik-baik artikel ini ya!.
1. Membuat FansPage Facebook
Yang pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat fanspage Facebook. Ya, ini adalah bagian awal yang harus lalui pertama kali. Fanspage Facebook akan memudahkan Anda untuk melacak perkembangan tiap konten yang dipost. Terutama yang berkaitan dengan engagement post seperti jumlah like, komentar, share dan juga jangkauan yang didapatkan.
Baca Juga: 5 Ide Bisnis yang Menjanjikan di Tahun 2023, Wajib Tahu!
Di halaman Facebook inilah Anda bisa menjalankan iklan Facebook.
2. Memaksimalkan Grup Facebook
Kedua adalah dengan memaksimalkan fitur Grup Facebook.
Fitur yang satu ini bisa Anda andalkan untuk membuat audiens yang memang tertarik dengan niche bisnis Anda berkumpul dalam satu grup. Penggunaan grup ini akan memudahkan Anda untuk membangun komunitas bisnis yang lebih besar.
Yang pada akhirnya akan memudahkan Anda untuk melakukan komunikasi bisnis ke tingkat yang lebih tinggi, bukan lagi B2C tetapi B2B.
Di dalam fitur Grup Facebook sendiri Anda akan disediakan berbagai pilihan atau format postingan yang menarik. Mulai dari galang dana, penandaan produk, berbagi musik, polling dan lain-lain.
3. Menggunakan Konten Bernada Humor
Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan konten bernada humor.
Strategi memanfaatkan konten bernada humor ini sendiri tidak hanya ampuh digunakan untuk Facebook Marketing tapi juga untuk platform media sosial lainnya. Hanya saja memang saat ini media sosial Facebook lebih didominasi oleh konten bernada humor.
Terlebih di Facebook, Anda akan lebih mudah temukan berbagai meme atau shitpost yang lucu. Anda bisa gunakan satu atau dua kali postingan yang memang fokus untuk konten humor saja. Seperti apa yang dilakukan oleh Fanspage Indonesian Hoaxes di atas.
4. Menggunakan Video Panjang
Keempat adalah dengan menggunakan video panjang. Ya, Facebook memiliki fitur tersendiri yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengupload video dengan durasi lebih dari 20 menit.
Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk sharing video promosi Anda. Atau jika Anda tidak ingin membuat audiens bosan dan langsung scrolling begitu saja, lakukan pendekatan dengan cara yang berbeda.
Semisal fokus untuk mengembangkan product knowledge dengan video berkonsep soft selling. Alias tidak melulu tentang “Ayo Beli Produk Ini Segera!”
5. Konten Clickbait
Kelima adalah dengan menggunakan konten clickbait.
Meskipun kurang bersahabat untuk audiens, tapi nyatanya konsep konten seperti ini sedang banyak bertebaran di Beranda Facebook. Di mana terdapat konten video yang orang di dalamnya tidak sedang berjualan, tetapi di bagian caption terdapat link Shopee tentang produk/fashion yang dikenakan oleh orang yang ada di dalam video.
Meskipun terasa seperti clickbait, Anda bisa memperhalusnya sedikit seperti pada contoh di atas.
6. Menggunakan Reels
Ketiga adalah dengan menggunakan reels.
Ya, reels di Facebook tergolong masih baru, Anda bisa menggunakan fitur ini jika Anda menggunakan aplikasi Facebook Mobile (bukan yang lite) dan juga desktop.
Hanya saja memang fitur ini masih banyak kekurangannya. Terutama menyangkut pilihan lagu yang masih sedikit. Berbeda dengan Instagram yang memang menyediakan Anda banyak pilihan lagu atau audio yang sedang viral. Beberapa pebisnis bahkan menggunakan konsep yang agak nyeleneh untuk memaksimalkan reels Facebook ini dalam strategi mereka.
Yakni dengan membuat video reels yang terbagi menjadi 2 layar, layar atas yang berisikan video lucu (kebanyakan dari serial kartun Family Guy atau The Simpsons), dan di bawahnya baru memuat video tentang produk. Meskipun efektif digunakan untuk strategi scroll stopper dan viewnya dapat meningkat, nyatanya perhatian audiens pada video produk akan terpecah.
7. Menjalankan Facebook Ads
Yang terakhir adalah dengan menjalankan Facebook Ads.
Untuk bagian yang terakhir ini, ada banyak hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Bagian terpentingnya adalah memiliki fanspage Facebook, memiliki website atau setidaknya landing page yang sudah terpasang Facebook Pixel, dan terakhir adalah paham soal campaign, adset, dan juga ads.
Baca Juga: Strategi Instagram Marketing Terbaik Terbaru
Jika Anda ingin menjalankan strategi yang terakhir, maka lakukan perencanaan yang matang terutama soal budgeting dan targeting. Jika tidak, maka iklan Anda akan menjadi boncos atau berakhir “sedekah bagi Facebook”.
Pesan Sekarang: Jasa Facebook Instagram Ads Terbaik
Apabila Anda ingin mendapatkan Jasa Kelola Media Sosial Terbaik, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281222227920
[…] Baca Juga: Strategi Facebook Marketing Terbaru […]