Jenis Jenis Sidebar Website – Apa itu sidebar website?. Anda pasti sudah sering mendengarnya bukan?. Sidebar website adalah kolom atau area tertentu yang berada pada sisi kanan atau kiri daripada konten utama website.
Biasanya area tersebut akan diisi dengan elemen pendukung untuk tambahan informasi dan juga memudahkan pengunjung untuk lakukan navigasi di dalam website. Adanya sidebar di website akan memberikan Anda banyak manfaat. 3 di antara banyak manfaat tersebut adalah;
1. Dwell Time Meningkat
Ya, yang pertama adalah meningkatnya dwell time. Semakin tinggi nilai dwell time maka semakin bagus nilai SEO yang dimiliki. Dwell time sendiri adalah lama waktu pengunjung di website Anda sebelum kembali ke hasil pencarian di SERP Google.
Hal ini bisa terjadi karena elemen yang Anda berikan untuk sidebar website benar-benar menarik perhatian audiens. Ketika Anda memasukan link untuk media sosial Anda dengan nilai Open Link in New Tab, maka otomatis dwell time website bisa bertambah selama pengunjung tersebut berada di halaman web lain.
Interaksi atau engagement yang didapatkan pun otomatis akan meningkat.
2. Memudahkan Anda untuk Merapikan Tampilan Website
Ya, dengan menggunakan sidebar, konten akan lebih mudah dibaca dan juga rapi untuk dilihat. Adanya sidebar akan memudahkan Anda untuk mengatur related posts, kolom pencarian dan lain sebagainya.
3. Dapat Dioptimalkan Sebagai Ruang untuk Tingkatkan Konversi
Manfaat ketiga adalah sidebar dapat digunakan untuk ruang website mendapatkan lebih banyak peluang konversi bisnis. Ya, Anda bisa memasukkan elemen call-to-action, form subscribe atau pembelian, dan lain-lain.
Lantas, elemen atau jenis jenis sidebar website apakah yang ampuh digunakan untuk tingkatkan SEO website Anda?. Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda;
Jenis Jenis Sidebar Website yang Dapat Bantu Performa SEO Website
1. Profil Pemilik Website
Yang pertama adalah profil pemilik website. Sesuai dengan namanya, elemen yang diberikan berupa informasi mengenai pemilik website, dan biasanya memuat bio singkat mengenai dirinya. Bio singkat ini juga dapat Anda isi dengan keterangan terkait apa saja keahlian yang dimiliki, ataupun proyek-proyek yang Anda kerjakan.
Informasi seperti ini dapat meningkatkan kredibilitas website Anda di mata pengunjung. Jika kredibilitas yang dimiliki meningkat maka otomatis authority daripada website tersebut juga akan meningkat.
Ingat juga bahwa SEO bekerja dengan poin Trust pada algoritma E-E-A-T. Sidebar seperti ini sangat cocok untuk website jenis blog pribadi, atau web portofolio.
2. Testimoni Pelanggan
Berikutnya, adalah dengan menampilkan informasi mengenai testimoni pelanggan bisnis Anda. Pemberian informasi seperti ini di bagian sidebar terbilang jarang, karena biasanya ditaruh pada bagian home atau pada konten utama di halaman tertentu yang memang ditargetkan.
Adanya informasi ini di bagian sidebar tentunya akan memberikan sugesti pada pengunjung, bahwa mereka memang sedang benar-benar berada di dalam website yang dapat dipercaya.
3. Akun Media Sosial
Berikutnya adalah akun media sosial. Pemberian informasi berupa link akun media sosial ini berguna untuk tetap menjaga audiens terhubung dengan bisnis Anda.
Anda bisa dengan mudah mendapatkan lebih banyak data tentang calon pelanggan Anda, dan menggunakannya untuk bangun customer base yang lebih baik.
4. Popular Post, Latest, Related Post
Informasi popular post yang diberikan di bagian sidebar website akan memancing perhatian pengunjung untuk membacanya.
Penggunaan popular post seperti ini sendiri dapat dikatakan sebagai bagian kecil dari penerapan FOMO Marketing. Konsep yang sama juga berlaku untuk latest post, atau konten terbaru. Sedangkan related post digunakan untuk menjaga perhatian pengunjung agar tetap bisa fokus pada tema informasi yang ia akses di awal.
Baca Juga: Cara Menjalankan Strategi FOMO Marketing
Semisal Anda mengakses sebuah website untuk mengetahui informasi lebih tentang apa itu ccTLD, dan di dalam artikel apa itu ccTLD tersebut, terdapat link yang mengarahkan pembaca untuk tahu lebih banyak tentang cara mendapatkan ccTLD dengan mudah.
5. Tombol Sharing
Berikutnya adalah tombol sharing. Seperti yang sudah bisa Anda tebak, tombol ini digunakan untuk mempermudah pengunjung berbagi konten website pada di media sosial, semisal Facebook, Email, Twitter, LinkedIn dan lain-lain.
Anda mungkin bisa saja memicu rasa sharing dari pengunjung website dengan menulis Call to Action di dalam konten utama, seperti;
“Yuk, gunakan tombol sharing yang ada di bagian kanan website, agar temanmu tahu apa yang kamu tahu”.
6. Call to Action untuk Subscribe
Berikutnya adalah informasi berupa Call to Action (umumnya berbentuk tombol) untuk subscribe blog website Anda.
Teknik subscribe seperti ini sendiri akan memudahkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak data email pengunjung. Anda bisa menggunakan untuk strategi email marketing.
Dan bagi pengunjung, mereka akan mendapatkan lebih banyak informasi konten yang berkualitas sesuai dengan niche bisnis yang ingin mereka pelajari.
7. Search Box
Berikutnya adalah search box. Kolom pencarian ini dimaksudkan agar pengunjung bisa lebih mudah mencari konten di dalam website Anda, berdasarkan keyword yang mereka inputkan. Search box di dalam website sangatlah penting untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung dalam mencari informasi yang mereka inginkan.
8. Breadcrumb
Berikutnya adalah breadcrumb. Breadcrumb pada website biasa digunakan untuk memberitahu pengunjung di halaman manakah pengunjung sekarang berada. Penggunaan breadcrumbs seperti ini, dapat membantu meningkatkan good experience pengunjung website.
Terlebih jika audiens market Anda kebanyakan berasal dari generasi X atau Y, atau bahkan baby boomers.
9. Filter Produk
Selanjutnya, adalah filter produk. Filter produk seperti ini umumnya digunakan pada website berjenis e-commerce ataupun online shop. Filter produk yang diberikan sendiri beragam, dan bergantung pada kategori produk yang Anda tawarkan sendiri.
10. Shopping Cart
Yang terakhir adalah Shopping Cart. Shopping cart ini dapat memicu motivasi pengunjung untuk membuat wishlist daftar belanjaan mereka sebelum benar-benar dibeli. Sama seperti sebelumnya, informasi sidebar seperti ini banyak digunakan untuk website berjenis e-commerce ataupun online shop.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa saja jenis jenis sidebar website yang dapat membantu performa SEO website. Mungkin, di antara Anda pembaca setia, ada yang mau menambahkan lagi jenis sidebar yang dapat membantu performa SEO di kolom komentar?.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Website Terbaik lengkap dengan layanan backlinknya, hubungi saja Creativism.
Pesan Juga: Jasa Kelola Instagram Terbaik, Harga Bersahabat!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Jenis Jenis Sidebar Website yang Ampuh untuk Tingkatkan SEO […]