SEO untuk Website Berbasis Donasi. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google. Ilmu ini, dijalankan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalamnya, kita akan mempelajari banyak metode penting, seperti Local SEO, Technical SEO, On Page SEO, Off Page SEO.
Adapun website yang dapat diterapkan ilmu ini, tidak terbatas. Semua jenis website dapat Anda terapkan proses optimasinya. Tidak terkecuali dengan website berbasis donasi. Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan tentang strategi SEO untuk website berbasis donasi yang relevan.
Penasaran apa saja?. Simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
ToggleStrategi SEO untuk Website Berbasis Donasi
1. Melakukan Keyword Research
Strategi SEO yang pertama adalah dengan melakukan keyword research. Ya, ini adalah langkah awal yang harus Anda lakukan. Anda harus dapat memastikan keyword yang digunakan sebagai target kampanye SEO, relevan dengan niche bisnis Anda. Pastikan keyword yang digunakan tersebut, juga sering digunakan oleh target audience Anda.
Untuk menghindari persaingan ketat dengan website kompetitor, Anda bisa coba menggunakan kombinasi atau turunan daripada long-tail keywords. Long-tail keywords sendiri adalah keyword yang terdiri dari lebih 2 frasa kata, contohnya “Jasa SEO Jogja Terbaik”.
Anda bisa saja menggunakan target keyword yang di dalamnya terkandung lokasi fisik bisnis Anda. Contohnya seperti tadi. Meskipun long-tail keywords menawarkan search volume yang lebih kecil ketimbang short-tail keywords, tetapi dengan itu target audience yang ingin digapai akan jauh lebih tertarget.
Long-tail keywords memiliki potensi lead dan konversi yang lebih besar ketimbang short-tail keywords.
2. Membuat Konten SEO Friendly Berkualitas dan Konsisten
Strategi SEO yang kedua adalah dengan mulai membuat konten SEO friendly yang berkualitas dan juga konsisten. Konten yang dikreasikan bisa saja berupa halaman website atau artikel blog.
Untuk bisa membuat konten SEO friendly sendiri bukanlah perkara yang rumit. Anda cukup memperhatikan keyword density konten, tampil sebanyak 1-2% di dalamnya. Pastikan keyword utama konten ada di bagian-bagian penting, seperti;
- Judul konten.
- URL konten.
- Meta description.
- Alt image.
- Subheading.
- Paragraf pertama konten.
Agar proses pembuatan konten SEO friendly ini lebih mudah, Anda bisa menggunakan bantuan dari plugin Yoast SEO.
3. Melakukan Link Building
Strategi SEO untuk website berbasis donasi berikutnya adalah dengan melakukan link building. Link building adalah teknik untuk dapat menanamkan link web utama pada platform informasi atau web yang berbeda. Tujuan daripada teknik ini, selain untuk menambah traffic website berjenis referral, juga untuk meningkatkan domain authority dan page authority website.
2 metrik terakhir tadi, berhubungan erat dengan elemen Trust pada algoritma E-E-A-T Google. Website donasi yang mendapatkan banyak backlink berkualitas dan relevan dari web lain, tentu akan memudahkannya tampil di halaman pertama Google. Google langsung yang akan merekomendasikannya.
4. Mendaftarkan Bisnis di Google My Business
Berhubungan dengan elemen Trust, adalah Anda yang harus dapat memaksimalkan Google My Business. Daftarkan profil bisnis Anda di sana, dan lengkapi informasi bisnis yang ada. Dimulai dari nama, foto produk atau foto toko, alamat, nomor hp, website, jam buka, opsi pelayanan, profil media sosial dan lain sebagainya.
Bila perlu, aktifkan juga Google Post untuk share konten terbaru dari media sosial atau website Anda.
5. Memastikan Website Tampil Responsive
Strategi SEO untuk website berbasis donasi berikutnya, adalah dengan memastikan website tampil responsive. Karena sekarang sudah zamannya menggunakan Content Management System seperti WordPress, maka Anda hanya tinggal memilih theme yang responsive dan menginstallnya.
Lakukan compress data website, agar konten-konten yang diminati pengunjung, mudah dimuat dan cepat diakses. Gunakan tools Gzip Compression. Apabila Anda upload foto atau gambar di dalam konten web, maka lakukan compress file size terlebih dahulu. Usahakan agar file size yang diupload tidak melebihi 200KB.
Untuk file berbentuk video, gunakan link embed dari YouTube saja. Ya, jadi Anda mengupload video tersebut terlebih dahulu di YouTube.
6. Menempatkan Fitur Donasi yang Bekerja dengan Baik
Terakhir, adalah dengan menempatkan fitur donasi di dalam website langsung. Ini akan membantu memberikan pengalaman baik bagi pengunjung web yang ingin berdonasi.
Mereka tidak perlu lagi berpindah-pindah platform, seperti dari website, menyimpan nomor WhatsApp pengatur donasi, menghubunginya, menunggu lalu mengirimkan donasi. Adanya fitur donasi di dalam website akan mempersingkat customer effort atau juga funnel marketing yang ada.
Jika Anda adalah penggunaan Content Management System seperti WordPress, maka Anda bisa langsung menggunakan beberapa rekomendasi plugin donasi di bawah ini, dimulai dari;
- GiveWP.
- WP Simple Pay.
- DonorBox.
- Charitable.
- Seamless Donations.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu SEO, dan bagaimana manfaatnya bagi website berbasis donasi?. SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian teknik untuk mengoptimalkan website agar tampil di urutan teratas halaman pencarian Google pada kata kunci tertentu. Untuk website berbasis donasi, SEO dapat membantu meningkatkan visibilitas, menjangkau lebih banyak audiens, dan mendorong lebih banyak orang untuk berdonasi.
- Mengapa long-tail keywords direkomendasikan untuk website berbasis donasi?
Long-tail keywords menawarkan target audiens yang lebih spesifik, sehingga dapat meningkatkan peluang lead dan konversi, meskipun memiliki search volume yang lebih rendah dibandingkan short-tail keywords. - Apa keuntungan menempatkan fitur donasi langsung di website?. Fitur donasi langsung mempersingkat proses donasi, meningkatkan pengalaman pengguna, dan mengurangi customer effort. Hal ini dapat meningkatkan jumlah donasi yang diterima.
Referensi Bacaan dari Creativism
Setelah membaca lengkap tentang apa saja strategi SEO untuk website berbasis donasi di atas, MinTiv sarankan kepada Anda untuk membaca beberapa artikel tambahan di bawah ini, untuk menambah wawasan yang ada. Adapun artikel yang dimaksud tersebut, dimulai dari;
Artikel di atas, akan membantu Anda untuk dapat membuat konten SEO friendly dengan mudah untuk keperluan blog web donasi.
Website donasi, biasanya adalah website yang dikembangkan oleh komunitas. Artikel di atas, akan membantu Anda memahami beberapa strategi SEO lainnya yang relevan.
Website yang menjalankan donasi, biasanya adalah website non-profit, dan donasi yang digunakan, dibutuhkan untuk kegiatan sosial.
Referensi dari Luar
Terkait referensi bacaan dari website luar, berikut ini MinTiv berikan beberapa referensi, dimulai dari;
- Tips dan Trik Optimalisasi Internal Link untuk Konten SEO Website. Ditulis oleh Tim SEO Creativism.
- 14 SEO Best Pratices and Strategies for Online Fundraising. Ditulis oleh Tim Blog Iraiser.
Kesimpulan
Inilah penjelasan lengkap tentang strategi SEO untuk website berbasis donasi. Secara garis besar, strategi SEO yang digunakan hampir mirip dengan strategi SEO website pada umumnya.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi mereka langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!!.