SEO untuk Website Olahraga. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google, search engine terpopuler di dunia. Proses optimasi website ini dilakukan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalamnya, kita akan menemukan banyak metode-metode penting.
4 di antaranya adalah On Page SEO, Off Page, Local SEO, dan juga Technical SEO. Keempat metode SEO ini, harus dapat Anda jalankan bersamaan secara maksimal dan juga konsisten. Selain itu, Anda juga harus dapat memastikan jalannya keempat metode tersebut sesuai dengan algoritma terbaru daripada Google.
Jika 2 hal penting di atas sudah Anda lakukan, maka lambat laun berbagai manfaat dari SEO bisa Anda dapatkan. Dimulai dari;
- Mampu meningkatkan pencarian website bisnis di Google.
- Memberikan website peningkatan metrik traffic berjenis organic yang signifikan.
- Membantu pebisnis untuk menghemat lebih banyak biaya promosi bisnis.
- Mampu menjangkau audiens yang luas.
- Mendorong performa metrik lead dan konversi dari website bisnis menjadi lebih baik.
Tidak heran jika SEO menjadi salah satu jenis channel marketing favorit untuk kebanyakan pebisnis.
Tapi, perlu diketahui sendiri bahwa SEO bukan hanya ilmu yang dapat diterapkan di website bisnis saja. Tapi juga untuk seluruh jenis website yang ada. Tidak terkecuali untuk website olahraga.
Lalu, bagaimana caranya menjalankan SEO untuk website olahraga?. MinTiv akan menjelaskannya lengkap di dalam artikel ini. Jadi, silahkan simak baik-baik ya!.
Daftar Isi
ToggleStrategi SEO untuk Website Olahraga
1. Menemukan Niche Paling Unik
Strategi SEO website olahraga pertama adalah dengan menentukan terlebih dahulu niche olahraga yang ingin dijelajah. Ada banyak jenis niche olahraga yang bisa Anda pilih. Dimulai dari membahas;
- Salah satu jenis olahraga populer, seperti Sepak Bola, Basket, Badminton, Tenis Meja, Tenis, dan lain sebagainya.
- Berita keseharian dari atlet-atlet olahraga.
- Klub olahraga terpopuler, seperti Manchester United, Liverpool, AC Milan, dan lain sebagainya.
- Hal-hal unik seputar dunia olahraga.
- Jadwal dan hasil pertandingan olahraga.
- Dan lain-lain.
Semakin unik dan juga spesifik niche konten yang Anda pilih, maka semakin kuat pula target audience yang Anda miliki. Memang, kalau diukur dari segi jangkauan, tidak akan seluas jika Anda memilih niche olahraga yang umum.
Tapi, memilih niche olahraga secara umum juga memberikan Anda tantangan tersendiri. Terutama soal konsistensi produksi konten. Memilih niche olahraga umum, itu artinya juga mewajibkan Anda belajar banyak hal.
Beda halnya jika Anda memilih niche olahraga yang spesifik. Anda tidak perlu melakukan banyak riset pada topik yang begitu luas, plus nilai lead dan konversi yang didapatkan akan jauh lebih powerful.
2. Menyusun Menu dan Struktur Navigasi yang Mudah Dipahami
Strategi berikutnya adalah dengan menyusun menu serta struktur navigasi yang mudah untuk dipahami. Semisal Anda sudah menetapkan niche konten spesifik tentang klub olahraga sepakbola Liverpool. Anggap saja Anda sudah memiliki domain seperti ini Beritaliverpool.com.
Nah, Anda bisa memasukan beberapa menu navigasi seperti di bawah ini;
- Berita Transfer.
- Update Cedera.
- Jadwal Pertandingan.
- Highlight Pertandingan.
- Opini.
- Statistik.
Pemilihan menu navigasi ini, adalah poin krusial yang harus dapat Anda rumuskan baik-baik di masa-masa awal pembuatan website.
3. Konten Berkualitas Prioritas Utama
Berikutnya adalah dengan mulai melakukan produksi konten yang berkualitas. Pastikan Anda menjadikan kualitas sebagai prioritas utama. Hindari thin content karena itu dapat mengurangi pengalaman baik yang didapatkan oleh pengunjung website.
Sebisa mungkin untuk berikan konten berkualitas dengan jumlah kata minimal mencapai angka 500.
Adapun penggunaan clickbait di dalam judul konten olahraga, lumrah dilakukan dan memang jadi salah satu senjata ampuh untuk website dapatkan lebih banyak klik. Yang paling penting, jangan gunakan teknik clickbait ini secara berlebihan.
Saran dari MinTiv, hindari penggunaan konten berhalaman seperti di bawah ini, karena itu akan memberikan customer effort lebih tinggi pada pengunjung.
Tidak sedikit pula pengunjung harus beralih 3 kali ke halaman 3 dari konten, sebelum benar-benar mendapatkan jawaban dari informasi yang dicarinya.
4. Daftarkan Website di Google News
Strategi SEO untuk website olahraga berikutnya adalah dengan mendaftarkan website di Google News. Strategi keempat ini, dimaksudkan agar website Anda lebih mudah ditemukan oleh pengunjung. Anda bisa mendapatkan lebih banyak keyword click daripada hanya sekedar mengandalkan keyword click dari model SERP (Search Engine Results Page) biasa.
Melalui Google News, Anda dapat menciptakan customer base ke level loyal customer. Pelanggan bisa mendapatkan pengalaman personalisasi informasi yang lebih relevan untuknya.
5. Lakukan Link Building dengan Web Sejenis atau Relevan
Strategi SEO website olahraga berikutnya adalah dengan melakukan link building pada website sejenis atau yang relevan. Masih dengan menggunakan contoh domain beritaliverpool.com sebelumnya. Anda bisa saja berusaha untuk mendapatkan backlink dari website mitra yang juga membahas tentang liverpool.
Semisal mitra Anda memiliki website dengan domain allaboutliverpool.com. Tentu saja nilai relevansi backlink yang didapatkan dari domain tersebut sangatlah tinggi.
Apakah backlink yang didapatkan harus berasal dari website yang punya niche yang sama?.
Tidak juga, Anda bisa berusaha mendapatkan backlink dari website lain yang nichenya masih relevan. Semisal mendapatkan backlink dari website berita olahraga umum yang topiknya bukan hanya seputar Liverpool saja.
Link building seperti ini, akan membantu performa website Anda, terutama untuk metrik domain authority dan juga page authority menjadi lebih baik.
6. Manfaatkan Media Sosial
Terakhir dalam pembahasan strategi SEO untuk website olahraga, adalah Anda yang harus dapat memaksimalkan penggunaan media sosial. Ya, media sosial dapat Anda manfaatkan untuk membantu performa website lebih baik.
Anda bisa menggunakannya untuk mengarahkan audience membaca konten website Anda. Ini jelas akan membantu performa traffic website terutama yang berjenis social traffic lebih baik. Melalui media sosial juga, Anda bisa dengan bebas melakukan brand mention secara gratis.
Adapun media sosial terbaik rekomendasi MinTiv untuk Anda yang memiliki website olahraga, jatuh kepada YouTube. Strategi inilah yang juga diterapkan oleh salah satu website olahraga terpopuler tanah air, Stratingeleven.id.
FAQ Seputar Konten
- Apa saja manfaat SEO bagi website olahraga?. Manfaat SEO bagi website olahraga antara lain. 1. Meningkatkan visibilitas situs di Google. 2. Mendatangkan lebih banyak pengunjung organik. 3. Memperluas jangkauan audiens. 4. Menghemat biaya promosi. 5. Meningkatkan lead dan konversi melalui trafik berkualitas.
- Apa itu Google News dan mengapa penting untuk website olahraga?. Google News adalah platform berita yang menampilkan konten dari berbagai sumber terpercaya. Dengan mendaftar di Google News, website Anda memiliki peluang lebih besar untuk ditemukan pengguna, meningkatkan klik, dan membangun loyalitas pembaca.
- Berapa lama hasil SEO dapat terlihat pada website olahraga?. Hasil SEO biasanya terlihat dalam waktu 3-6 bulan, tergantung pada tingkat persaingan, kualitas optimasi, dan konsistensi penerapan strategi.
Referensi Bacaan dari Creativism
Setelah membaca lengkap tentang strategi SEO untuk website olahraga di atas, MinTiv sarankan kepada Anda untuk membaca beberapa artikel tambahan di bawah ini, untuk menambah wawasan yang ada. Adapun artikel yang dimaksud tersebut, dimulai dari;
Apabila Anda berminat untuk membangun website olahraga dengan konsep user-generated content, maka artikel di atas akan sangat banyak membantu Anda.
Jika tujuan Anda adalah menjalankan website olahraga khusus komunitas tertentu, maka strategi-strategi SEO pada artikel di atas, akan sangat banyak membantu.
Terkadang, di dalam konten olahraga kita ingin membuat konten yang bersifat tutorial. Nah, artikel di atas akan memberikan Anda insights terbaik bagaimana seharusnya konten tutorial dirumuskan.
Referensi dari Luar
Terkait referensi bacaan dari website luar, berikut ini MinTiv berikan beberapa referensi, dimulai dari;
- Top 10 SEO Tips for Sports Websites and Blogs in 2025. Ditulis oleh Jorge Costa, seorang Content Manager dari Fortis Media.
- 10 SEO Tips for Sports Teams & Sports Websites. Ditulis oleh Zach Colman. Seorang founder dari Creatitive.
Kesimpulan
Inilah penjelasan lengkap tentang strategi SEO terbaik untuk web olahraga. Secara garis besar, strategi SEO yang digunakan tidak jauh berbeda untuk website lain pada umumnya. Hanya saja memang ada keunikan tersendiri, terutama di bagian pemilihan niche dan juga kategori menu konten web.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi mereka langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!!.