Storytelling untuk Konten SEO. Konten adalah nyawa utama dalam dunia SEO marketing. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa Content is King. Pernyataan ini, memang benar adanya. Tetapi perlu diketahui bahwa konten bukanlah satu-satunya faktor penting yang dapat memengaruhi performa SEO. Masih banyak faktor-faktor penting lainnya yang mesti pebisnis optimalkan. Sebut saja seperti Pagespeed website, keamanan website, pencarian lokal, dan lain sebagainya.
Meskipun begitu, faktanya memang konten mengambil bagian paling besar dari perjalanan optimasi website. Tentu saja konten yang dapat memengaruhi kampanye SEO ke arah yang lebih baik adalah konten yang berkualitas tinggi. Untuk membuat konten berkualitas tinggi sendiri, kita bisa menggunakan banyak metode atau teknik. Satu di antaranya adalah teknik storytelling.
Apa itu teknik storytelling?. Storytelling adalah teknik untuk dapat menyampaikan pesan promosi dari sebuah brand menggunakan narasi yang unik dan juga emosional. Output utama daripada teknik ini adalah cerita yang dapat membangun koneksi emosional dengan audiens.
Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penerapan teknik ini. 3 di antara banyak manfaat tersebut adalah;
- Menciptakan relationship marketing yang lebih kuat dengan target audience.
- Mampu memberikan dorongan lebih untuk target audience lakukan interaksi.
- Brand awareness meningkat setidaknya sampai level brand recall.
Menariknya, didapatkan dari Research Epsilon 2018, 80% konsumen cenderung membeli sebuah produk yang dapat menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi melalui sebuah cerita.
Lantas, bagaimana caranya menjalankan teknik storytelling ini untuk konten SEO?. Bukankah storytelling adalah teknik yang lebih akrab dipraktekkan untuk kegiatan public speaking?.
MinTiv akan menjelaskan bagaimana caranya menjalankan teknik storytelling untuk konten SEO lengkap di dalam artikel ini. Jadi, silahkan simak baik-baik ya!.
Daftar Isi
ToggleCara Menjalankan Teknik Storytelling untuk Konten SEO
Tidak tanggung-tanggung, di sini MinTiv akan langsung berbagi 7 tips menjalankan teknik storytelling untuk konten SEO kepada Anda. Dimulai dari tips yang pertama yakni;
1. Tentukan Siapa Target Audience Anda
Ya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memahami terlebih dahulu siapa yang menjadi target audience Anda. Langkah pertama ini, berkaitan erat dengan proses perumusan business plan Anda. Anda bisa menggunakan dokumen sebelumnya untuk membantu proses pemahaman target audience lebih baik.
Pahami dengan seksama apa yang sekiranya target audience butuhkan. Seperti apa demografi, perilaku dan juga preferensi mereka. Pemahaman yang baik terhadap ini semua, akan membantu Anda lebih mudah temukan gaya bahasa yang tepat sasaran.
2. Pahami dengan Baik Apa itu Search Intent
Tips kedua agar Anda dapat menjalankan teknik storytelling untuk konten SEO, adalah dengan memahami dengan baik apa itu search intent. Search intent adalah tujuan sebenarnya ketika seseorang menggunakan keyword tertentu di mesin pencarian.
Semisal seseorang menggunakan keyword Jasa SEO Jogja Terbaik, maka tujuan sebenarnya ia menggunakan keyword tersebut adalah untuk mendapatkan informasi berjenis komersial atau transaksional. Ia membutuhkan informasi, di Agency Jogja manakah, ia bisa mendapatkan layanan jasa SEO terbaik. Fitur, cara kerja, dan juga harga adalah jenis info yang ia butuhkan.
Seseorang yang menggunakan keyword Jasa SEO Jogja Terbaik, 90% sudah tahu apa itu SEO beserta dengan manfaatnya. Search intent sendiri terdiri dari 4 jenis utama, yakni informational, transactional, comercial, dan juga navigational.
3. Gunakan Keyword yang Relevan
Selanjutnya adalah dengan menggunakan keyword yang relevan. Anda bisa menggunakan data-data sebelumnya yang didapatkan dari tips pertama untuk menjadi dasar pengambilan keputusan keyword yang relevan.
Semisal target audience Anda adalah seorang pebisnis digital, senang melakukan pencarian di Google dan memiliki website bisnis tersendiri. Tetapi tidak memiliki tim khusus yang bisa mengelola websitenya. Anda bisa saja menggunakan target keyword seperti Jasa Kelola Website untuk target audience seperti ini.
4. Rancang Intro Konten yang Menarik dan Relevan
Tips keempat adalah dengan merancang intro konten yang menarik dan juga relevan. Intro konten adalah pemikat utama agar pengunjung yang datang bisa terus membaca konten Anda hingga akhir.
Anda bisa saja menyebutkan subtopik apa saja yang bakal dibahas dalam bentuk pertanyaan. Atau menyinggung sedikit permasalahan umum yang ada di dalam konten.
5. Jangan Lupakan Optimasi Meta Description
Meta description adalah keterangan yang muncul di bawah judul konten pada SERP (Search Engine Results Pages). Keterangan ini dimaksudkan agar pengguna search engine mengetahui sedikit ringkasan dari konten yang bakal di-kliknya.
Dapat dikatakan bahwa meta description adalah salah satu pemikat kuat untuk pengguna search engine melakukan klik. Meskipun Google secara otomatis akan mengisi meta description ini jika Anda tidak mengisinya, tetapi alangkah lebih baiknya untuk Anda mengisinya manual.
Anda bahkan bisa menggunakan meta description ini untuk memasang lebih banyak call to action.
6. Gunakan Gaya Bahasa Layaknya Sebuah Percakapan
Tips storytelling untuk konten SEO berikutnya adalah dengan memastikan gaya bahasa yang digunakan, ringan, dan disajikan layaknya sebuah percakapan.
Bagaimana caranya MinTiv?.
Apabila Anda sering membaca blog Creativism ini, maka Anda pastinya sudah tahu contoh nyatanya. Yaps, MinTiv sering menggunakan gaya bahasa layaknya sebuah percakapan di dalam konten blog Creativism. Gaya bahasa seperti ini, selain mudah dimengerti, juga membantu Anda lebih cepat melakukan produksi konten.
7. Gunakan Visual yang Dapat Mendukung Cerita
Terakhir, tetapi tidak kalah penting adalah dengan menggunakan visual (baik itu gambar atau video) yang dapat mendukung cerita. Karena sekarang AI sedang trend, Anda bisa menggunakan layanan image generator untuk hasilkan gambar yang sesuai dengan konten Anda.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu teknik storytelling dalam konteks SEO?. Storytelling dalam SEO adalah metode menyampaikan pesan promosi melalui narasi unik dan emosional. Teknik ini bertujuan menciptakan cerita yang membangun koneksi emosional dengan audiens sekaligus mendukung tujuan optimasi mesin pencari.
- Mengapa storytelling penting dalam konten SEO?. Storytelling penting karena 1. Membantu menciptakan hubungan lebih kuat dengan audiens (relationship marketing). 2. Mendorong interaksi yang lebih aktif dari audiens. 3. Meningkatkan brand awareness dan memungkinkan audiens mengingat brand lebih baik.
- Bagaimana merancang intro yang menarik untuk konten SEO? 1. Menyebutkan subtopik yang akan dibahas. 2. Mengajukan pertanyaan menarik 3. Menyinggung permasalahan umum yang akan dijawab dalam konten.
Referensi Bacaan dari Creativism
Setelah Anda puas membaca konten di atas, di sini MinTiv akan memberikan beberapa rekomendasi bacaan yang dapat membantu Anda lebih mudah aplikasikan teknik storytelling ini di dalam konten SEO.
Dimulai dari;
Sebelumnya, MinTiv sempat menyinggung bahwa search intent terbagi ke dalam 4 jenis. Memahami search intent akan memudahkan Anda dalam proses pembuatan konten SEO friendly.
Artikel di atas akan membantu Anda lebih mudah lakukan variasi teknik storytelling di dalam konten SEO.
Storytelling adalah satu dari sekian banyak metode yang bisa Anda gunakan untuk membuat winning content marketing. Artikel di atas, akan membantu Anda mengetahui lebih banyak tentang cara membuat winning content marketing lainnya.
Referensi dari Luar
Terkait referensi bacaan dari website luar, berikut ini MinTiv berikan beberapa referensi, dimulai dari;
- Storytelling and SEO: Create valuable content for your website. Ditulis oleh The Amplify Team.
- Turning SEO Content from “Meh” to Wow with Storytelling. Ditulis oleh John Davier, seorang Content Marketer dari Mailmunch.
Kesimpulan
Inilah penjelasan lengkap tentang teknik storytelling untuk konten SEO friendly. Teknik ini bertujuan menciptakan cerita yang membangun koneksi emosional dengan audiens sekaligus mendukung tujuan optimasi mesin pencari.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi mereka langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!!.