Trends Strategi Marketing 2023! – Siapa di antara Kawan Creativ yang sudah tidak sabar menunggu pergantian tahun kali ini? Atau mungkin ada juga yang sudah mempersiapkan diri untuk menjalankan planning besar dalam usaha kamu. Wah pasti sudah tidak sabar ya.
Nah kali ini MinTiv akan berikan kisi-kisi marketing yang akan ngetrend di tahun 2023 untuk kamu. Sudah penasaraan? Yuk MinTiv Spill ya.
1. AI (Artificial Intelligence)
Trends strategi marketing 2023 yang pertama adalah AI. AI atau artificial intelligence merupakan program kecerdasan buatan yang dapat memprediksi pola sifat dan aktivitas dari konsumen. Biasanya yang menggunakan AI adalah layanan software.
Ada berbagai macam teknologi masa kini yang mengandalkan AI, salah satunya adalah automatic content generation. Fitur ini akan mempermudah kamu membuat konten secara otomatis berdasarkan kriteria yang dipilih.
Waw canggih banget ya!
2. Visual Search
Teknologi ini dapat digunakan dalam membantu penggunanya untuk melakukan pencarian dengan berbasis gambar. Walaupun yang seperti kita ketahui, pencarian di mesin pencari masih banyak yang menggunakan keyword atau tulisan, namun ternyata visual search ini jauh lebih menguntungkan pengusaha loh. Kok bisa?
Karena menurut penelitian ternyata 62% millenial lebih tertarik pada terknologi visual search dari pada teknologi lainnya. Selain itu akan diprediksi teknologi ini bisa meningkatkan keuntungan online sebesar 30%. Untuk saat ini, perusahaan yang sudah mulai menggunakan visual search adalah Google dan Pinterest.
3. UGC (User Generated Content)
UGC adalah konten yang diciptakan oleh para konsumen atau followers kamu di media sosial. Biasanya konten ini dibuat dalam bentuk tantangan atau challenge untuk para followersnya, serta brand akan memberikan hadiah untuk karya yang terpilih.
UGC ini bisa menjadi salah satu strategi yang bisa digunakan, karena ada 90% konsumen yang menganggap bahwa UGC bisa mempengaruhi keputusan pembelian mereka.
Salah satu perusahaan yang telah menggunakan UGC adalah Fanta, perusahaan ini menawarkan hadiah untuk para followersnya untuk membuat video yang bertemakan Fantamoji Challenge.
Apakah Kawan Creativ tertarik untuk gunakan strategi yang satu ini?
Baca Juga: 5 Strategi Social Commerce Terbaik untuk Tingkatkan Konversi
4. Omnichannel Marketing
Siapa yang belum kenal dengan strategi marketing yang satu ini?
Omnichannel Marketing merupakan praktik marketing yang mengandalkan banyak platform sekaligus, seperti menggunakan website, media sosial, email, hingga toko. Kemudian semua platform ini diselaraskan supaya dapat menyampaikan pesan dan gambaran yang sama dan konsisten.
Jika Kawan Creativ menggunakan Omnichannel Marketing ini, brand kamu akan terasa lebih dekat dengan konsumen atau followers kamu loh, karena mereka akan mudah menemukan brand kamu apapun platform yang mereka gunakan.
Keuntungannya jika kamu menggunakan startegi ini adalah, jumlah engagement dan pembelian akan meningkat, jika dibandingkan dengan menggunakan strategi marketing dengan 1 channel.
Salah satu brand yang menggunakan Omnichannel Marketing adalah program Mitra Bukalapak. Dengan menyatukan warung tradisional di Indonesia, Bukalapak telah berhasil menjadikan program offline-to-online yang efektif.
5. AR (Augmented Reality)
Teknologi marketing yang satu ini pasti pernah digunakan oleh Kawan Creativ dalam bermain video game. Benar, kamu ngga salah baca kok.
Teknologi AR atau Augmented Reality bisa menyatukan antara realita dengan dunia digital. Ngga percaya? Nah sekarang MinTiv coba tanya ya, apakah Kawan Creativ pernah bermain game Pokemon Go? Jika iya, kamu sudah merasakan teknologi dari AR ini. Karena dalam game ini, kamu bisa menangkap Pokemon di kehidupan nyata dengan menggunakan kamera handphone.
Tahukah kamu? Ternyata teknologi marketing ini sudah mulai dilirik dan diterapkan oleh beberapa brand loh, salah satunya adalah perusahaan kacamata yang bernama KCMTKU. Perusahaan ini menyediakan fitur Virtual Try-on yang memudahkan pengunjung untuk mencoba kacamata dengan menggunakan kamera.
6. Social Media Stories
Untuk strategi marketing yang satu ini, mungkin sudah sangat dekat dan tidak asing lagi ya Kawan Creativ. Karena social media stories sudah menjadi fitur yang sering digunakan dan tersedia di berbagai media sosial seperti Instagram, TikTok, Snapchat, serta Facebook dan memiliki potensi yang baik.
Selain bisa dinikmati oleh para followersnya, ternyata ada manfaat baik dari beberapa fitur stories ini seperti, melakukan survei via polling, membuat QnA dan kuis, menggunakan hashtag yang sedang hits, ada location tag juga, hingga Kawan Creativ juga bisa menghubungkan sosial media ke website loh.
Walaupun sudah banyak yang mengenal strategi pemasaran ini, namun masih banyak brand atau perusahaan yang menggunakannya, salah satunya adalah KFC.
7. Video Marketing
Video marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang akan ngetrend di tahun 2023 ini, sebab konsumsi video dari perangkat mobile telah terus meningkat sekitar 100% setiap tahunnya. Bahkan di tahun 2020 saja sudah ada 85% perusahaan atau brand yang menggunakan video sebagai strategi pemasarannya.
Apa saja platform yang bisa Kawan Creativ gunakan untuk menggunakan video marketing? Tenang saja, kini kamu sudah bisa menggunakan banyak platform loh seperti, Instagram, Facebook, TikTok, hingga Youtube juga bisa.
Tidak hanya itu, ternyata data statistik telah menunjukkan terdapat 96% konsumen telah memanfaatkan video marketing untuk membuat keputusan pembelian. Wah ini bisa jadi peluang yang bagus untuk usaha Kawan Creativ ya.
Itu dia 7 Trends Strategi Marketing yang Hits di Tahun 2023! Kira-kira mana nih strategi yang ingin Kawan Creativ gunakan? Jangan sampai salah pilih ya, dan gunakan strategi marketing ini sesuai dengan pasar dan kebutuhan usaha kamu.
Semoga informasi ini bermanfaat, jika Kawan Creativ ingin bertanya, konsultasi, atau bahkan ingin gunakan Jasa Digital Marketing di Jogja, bisa hubungi kami ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.
[…] Baca Juga: Prediksi Tren Strategi Marketing untuk Tahun 2023 […]