Yang Harus Dilakukan Setelah Posting Konten – Content marketing adalah salah satu nyawa utama daripada pergerakan bisnis di era digital. Content marketing ini mampu memberikan banyak manfaat bagi pebisnis, terutama dalam hal meningkatkan brand awareness serta memudahkan pelanggan untuk melewati sales funnel yang ada.
Calon pelanggan akan dengan mudah mengawali peta perjalanannya dalam memahami brand Anda (Customer Journey) mulai dari Cold, Warm, hingga Hot yang itu berhubungan erat dengan proses Consideration dan juga Decision.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjalankan strategi yang satu ini. Karena definisinya yang luas, kita bisa menerapkannya di berbagai platform seperti media sosial Instagram atau TikTok. Ingat bahwa Content Marketing itu terdiri dari 2 pilar utama, yakni proses pembuatan konten yang berkualitas, dan distribusi yang tepat.
Nah, untuk proses distribusinya ini Anda bisa menggunakan media sosial. Terlebih lagi media sosial memungkinkan pebisnis untuk jalankan kampanye brand yang lebih interaktif dan menghibur. Hal ini juga didukung fakta bahwa pengguna media sosial di seluruh dunia terus meningkat tiap tahunnya.
Contoh saja negara kita yakni Indonesia, yang di tahun ini jumlah pengguna media sosialnya mencapai 167 juta jiwa. Jumlah ini bahkan setara dengan 60,4% dari populasi di dalam negeri.
Tidak heran jika pebisnis di era digital sekarang ini, banyak memanfaatkan media sosial sebagai salah satu dari strategi marketingnya. Sayangnya masih banyak di antara pebisnis tersebut yang kurang aware tentang apa saja yang harus dilakukan setelah posting konten.
Kebanyakan pebisnis hanya fokus menjalankan strategi ini ala kadarnya, yakni sembarang posting konten dan setelah itu menunggu calon pelanggan datang. Layaknya seorang pemancing di tengah laut, yang duduk diam begitu saja setelah kailnya dilepas.
Yang Harus Dilakukan Setelah Posting Konten
Kurangnya interaksi yang diberikan menjadikan calon pelanggan kurang tertarik. Jika menggunakan analogi pemancing tadi, mungkin akan ada beberapa ikan yang datang, itu pun butuh waktu yang lama.
Seorang pemancing yang handal tentunya akan melakukan berbagai cara agar ikan bisa datang menghampiri. Seperti menggunakan teknik popping, jigging, casting, trolling, surf casting dan lain-lain.
Nah, dari sini kita paham bahwa pebisnis juga harus atraktif layaknya seorang pemancing. Melempar umpan (konten) kepada audiens tidak akan cukup untuk menarik perhatian. Lalu apa yang diharuskan agar audiens bisa memakan umpan tersebut?.
Berikut ini adalah 3 hal yang harus dilakukan setelah posting konten, dimulai dari;
1. Memanfaatkan Stok Konten yang Lama
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memanfaatkan stok konten yang lama. Memang benar kalau audiens menyukai berita atau konten yang kekinian/terbaru. Tapi kita tidak bisa terus-terusan konsisten untuk mendapatkan ide baru untuk konten yang baru.
Diperlukan jeda atau brainstorming agar ide baru muncul kembali. Selama proses itulah Anda bisa menggunakan stok konten lama untuk diberikan tambahan atau update dan di posting kembali layaknya sebuah konten yang baru.
Membagikan konten lama yang dipoles seperti baru ini akan kembali meningkatkan traffic views konten yang didapatkan. Baik itu pada konten yang baru saja dipoles atau pada sumber konten aslinya.
2. Lakukan Respon Pada Setiap Interaksi yang Dilakukan Pada Konten Anda
Yang kedua adalah dengan merespon setiap interaksi yang dilakukan pada konten Anda. Respons ini sangat sederhana, semisal membalas komentar yang ada, reshare kembali postingan yang di stories dan memberikan sedikit Call to Action, dan lain-lain.
Jika konten tidak memiliki interaksi yang cukup, maka Anda bisa saja menjalankan strategi konten lain seperti Giveaway atau lomba berhadiah.
3. Melakukan Analisis Konten
Terakhir adalah melakukan analisis konten. Kebanyakan dari pebisnis hanya mengukur tingkat keberhasilan kontennya hanya dari metrik yang terlihat saja. Semisal jumlah like, komentar, dan share. Padahal ada metrik indikator keberhasilan konten lain yang penting untuk dipertimbangkan.
Seperti jumlah views, jangkauan, waktu konten maksimal, dan lain-lain.
Baca Juga: Cara Melakukan Analisis Konten
Inilah penjelasan lengkap tentang 3 hal yang harus dilakukan setelah posting konten. Apabila Anda sedang mencari Jasa Admin Media Sosial yang Interaktif dan mampu meningkatkan engagements akun, hubungi saja Creativism.
Pesan Sekarang: Jasa Kreator Konten Media Sosial
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar lengkap untuk handle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi lainnya untuk bisnis Anda. Hubungi WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: 3 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Posting Konten […]