Apa itu Lead Generation – Ketika menjalankan bisnis, maka ada banyak hal penting yang mesti Anda ketahui. Satu di antara banyak hal penting tersebut, adalah mengetahui tentang apa itu lead.
Lead sendiri adalah sebuah istilah untuk menggambarkan calon pelanggan yang memiliki minat pada produk atau layanan yang Anda tawarkan. Kita biasa mengenal istilah ini dengan kondisi paling sederhana, yakni ketika ada pesan WhatsApp yang masuk ke kontak customer service. Istilah yang satu ini sering lalu lalang di telinga digital advertiser.
Wajar, karena semakin banyak lead yang masuk, menandakan iklan yang dijalankan berhasil, setidaknya untuk menarik perhatian target audience. Tetapi, lead bukanlah sesuatu yang mudah untuk didapatkan. Ya, sejatinya lead bukanlah metrik yang berdiri sendiri. Metrik ini baru bisa didapatkan apabila rancangan marketing funnel di tiap tahapnya sudah kuat.
Plus produk atau jasa yang ditawarkan benar-benar dapat memenuhi kebutuhan utama dan ekspektasi calon pelanggan. Artinya sebelum memaksimalkan lead, Anda perlu memaksimalkan terlebih dahulu metrik-metrik penting lainnya, seperti engagements.
Adapun lead sendiri terbagi dalam 3 konsep utama, yakni penawaran yang menarik, platform yang tepat dan opt-in forms. Untuk bisa menjalankan 3 konsep utama ini, maka Anda butuh lead generation. Apa itu lead generation?. MinTiv akan menjelaskannya lengkap di dalam artikel ini. Jadi, simak baik-baik ya!.
Apa itu Lead Generation?
Lead generation adalah proses untuk dapat mengumpulkan informasi kontak dari calon pelanggan yang menunjukkan minat pada produk atau layanan yang Anda tawarkan. Proses pengumpulan informasi ini, biasanya dilakukan oleh customer service. Tujuannya adalah jelas untuk membantu bisnis menemukan buyer persona yang tepat.
Bisnis jadi memiliki database pelanggan, yang itu dapat memperkuat keputusan bisnis yang diambil. Keputusan bisnis yang tidak gegabah dan sangat-sangat matang. Segmented marketing pun jadi lebih mudah dilakukan.
Jenis Jenis Lead Generation
Ada banyak jenis lead generation yang bisa Anda lakukan. Secara garis besar, lead generation ini mirip dengan cara Anda menjalankan berbagai channel marketing. Dimulai dari;
1. Web Marketing
Ya, untuk yang satu ini sendiri pasti sudah sering Anda jumpai. Rata-rata pebisnis selalu memiliki website untuk media promosi produk mereka. Beberapa mungkin menggunakan website berjenis e-commerce dari produk mereka sendiri. Anda bisa menerapkan lead generation pada website dengan menaruh opt-in forms.
2. Telemarketing
Sesuai dengan namanya, telemarketing adalah proses pemasaran yang dilakukan via telepon jarak jauh. Biasanya, lead generation yang dilakukan pada telemarketing lebih fokus untuk dapatkan data-data yang spesifik. Seperti alamat, email dan lain-lain.
3. Melakukan Pameran Produk
Berikutnya adalah dengan melakukan pameran produk. Ya, Anda bisa mengadakan event khusus untuk yang satu ini. Di mana kemampuan Anda dalam melakukan public speaking akan benar-benar diuji. Untuk itu, pelajari baik dengan siapa Anda akan berbicara. Temukan materi presentasi yang matang dan relevan.
Body language yang tepat dan menarik. Jangan lupa untuk sematkan tawaran menarik seperti diskon dan sebagainya.
4. Affiliate Marketing
Berikutnya ada affiliate marketing. Sebuah teknik marketing yang memanfaatkan orang lain untuk mempromosikan bisnis Anda, dan orang tersebut mendapatkan “bagian” dari penjualan. Teknik seperti ini sudah sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, salah satunya adalah Amazon.
Baca Juga: Inilah Jenis-Jenis Affiliate Marketing yang Datangkan Untung Besar!
5. Digital Ads
Terakhir, sekaligus menjadi yang paling efektif untuk lead generation adalah dengan menggunakan digital ads. Ada banyak platform digital ads yang bisa Anda gunakan. Salah satunya adalah Meta Ads.
Dengan Meta Ads, iklan Anda tidak hanya akan tampil di Facebook, tapi juga bisa tampil di sosial media Instagram. Sebelum menjalankan Meta Ads, pastikan Anda memahami terlebih dahulu buyer persona yang cocok dengan niche bisnis dan juga budgeting yang baik.
Pesan Sekarang: Jasa Facebook Instagram Ads
Tanpa kedua itu, iklan yang Anda jalankan melalui dashboard Meta Ads akan berakhir boncos.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu lead generation. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan partner bisnis terbaik, hubungi saja Creativsim.id.
Baca Juga: Red Flag SEO Terbesar yang Wajib Diketahui
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.