Apa itu Paid Search – Salah satu tandingan atau rival terbesar daripada teknik SEO marketing adalah SEM (Search Engine Marketing). Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk strategi marketing yang satu ini. Yang paling terkenal tentu saja tools Google Ads.
Sebuah tools iklan digital dari Google yang memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan iklan di berbagai platform Google. Mulai dari hasil pencarian, aplikasi Play Store, website dan juga video YouTube. Di dalamnya ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah metrik Paid Search.
Baca Juga: 5 Bahaya Menjalankan Black Hat SEO
Apa itu Paid Search?. Untuk Anda yang sudah membaca artikel tentang apa itu Organic Search, pastinya sudah mengetahui sedikit tentang Paid Search ini. Tapi tenang, di sini MinTiv akan kembali menjelaskan tentang apa itu Paid Search secara terperinci. Jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Paid Search
Paid Search adalah jenis pencarian yang didapatkan dari hasil membayar search engine seperti Google dan Bing untuk menampilkan konten Anda di pencarian teratas. Paid Search juga sering disebut juga Paid Per Click.
Ya, Anda harus membayar sejumlah klik yang didapatkan.
Lalu apa jadinya jika konten Anda tidak mendapatkan klik?. Ada 2 kemungkinan, yang pertama adalah biaya yang diperlukan akan jauh lebih murah, dan yang kedua lebih mahal, karena Google dipaksa untuk bekerja keras menampilkan iklan Anda. Metrik Pay Per Click ini berjalan lurus dengan jumlah impression atau jangkauan yang didapatkan.
Bisa dibilang bahwa Pay Per Click marketing mengkombinasikan kemampuan Anda untuk hasilkan konten yang berkualitas sekaligus research terhadap platform yang potensi menguntungkan. Tujuan daripada menjalankan Pay Per Click atau Paid Search jelas adalah untuk meningkatkan RoI.
Biaya yang dianggarkan dalam dashboard Google Ads harus dapat memberikan hasil yang lebih. Selain untuk mendatangkan untung, setidaknya berhasil mengembalikan modal yang diperlukan. Adapun hasil dari metode ini dapat terlihat jelas di Search melalui label pencarian Sponsored.
Contohnya seperti gambar di bawah ini;
Perbedaannya dengan Organic Search
Meskipun sama-sama ditujukan untuk mendapatkan peningkatan traffic, nyatanya Paid Search dan Organic Search adalah 2 hal yang berbeda.
Paid Search digunakan dengan cara membayar search engine, sedangkan Organic Search tidak sama sekali. Meskipun dapat meningkatkan jumlah traffic website secara cepat, nyatanya tujuan utama Paid Search adalah fokus untuk mendatangkan banyak lead.
Perbedaan lainnya terletak pada tujuan market dan audiens.
Di mana organic search fokus untuk menghasilkan RoI yang maksimal “hanya” dari konten yang berkualitas serta mendapatkan audiens yang relevan. Sedangkan paid search fokus untuk meningkatkan impression iklan dan mendapatkan audiens yang tergolong ke dalam potential buyer.
Lebih Worth It Paid Search atau Paid Social?
Berbicara tentang Paid Search, maka kita juga akan berbicara tentang Paid Social.
Sesuai dengan namanya, Paid Social adalah teknik marketing yang membayar platform media sosial tertentu, entah itu Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan lain-lain untuk dapat menampilkan konten Anda di audiens yang tepat.
Meskipun mirip, nyatanya paid social memiliki cara kerja mendasar yang sangat berbeda dengan paid search. Paid social lebih bersifat interuptif, artinya memecah fokus audiens yang punya minat pada niche bisnis Anda untuk melihat konten Anda.
Sedangkan Paid Search tidak. Paid Search lebih ditujukan untuk pengguna yang memang memiliki intensi tinggi pada niche bisnis tertentu.
Di sini Anda mungkin akan berpikir bahwa Paid Search jauh lebih unggul ketimbang Paid Social.
Sejenak ini bisa dibilang benar, terlebih jangkauan yang Paid Search miliki lebih luas. Konten dapat tampil di hasil pencarian, aplikasi Play Store, website dan juga video YouTube. Sedangkan Paid Social hanya dapat tampil di media sosial terpilih saja.
Tapi, lagi-lagi ini bergantung pada niche dan juga audience market yang Anda miliki. Apabila audiens market Anda lebih banyak tampil di media sosial, tentu saja menjalankan paid search bukan pilihan yang tepat.
Jadi, jika ditanya soal worth it yang mana?, MinTiv menyerahkan jawaban tersebut sesuai dengan model bisnis Anda masing-masing.
Inilah penjelasan lengkap tentang paid search. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan mitra bisnis terbaik untuk urusan digital marketing, hubungi Creativism.id.
Baca Juga: Contoh Social Media Advertising
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.