Apa itu Sales Tracking – Sales adalah bagian penting dari sebuah bisnis agar terus dapat bertahan. Tanpa adanya performa sales yang memadai, bisnis dipercaya akan mencapai titik terendahnya, yakni rungkad (bangkrut). Oleh sebab itu penting bagi sosok pebisnis cerdas menerapkan sales tracking ini.
Sales tracking akan memudahkan pebisnis untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai customer journey dan prospek mereka (customer) menuju konversi maupun menjadi loyal customer.
Untuk sekarang, Anda bisa mempelajari sales tracking ini dengan mudah melalui alat khusus, yakni sales tracking system.
TAPI…sebelum lebih jauh membahas alat ini, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui apa itu sales tracking. Berikut penjelasannya untuk Anda.
Apa itu Sales Tracking
Sales tracking adalah proses untuk mendokumentasikan setiap interaksi yang terjadi bersama dengan pelanggan. Dimulai dari proses ketertarikan, hingga proses akhir yakni pelanggan yang membeli produk atau jasa Anda. Ya, proses ini meliputi touch point awal dari customer journey yang sudah Anda rancang sebelumnya.
Jadi, jika ingin mudah melakukan pelacakan sales harus paham dulu cara merancang customer journey yang tepat ya MinTiv?. Jawabanya iya!.
Baca Juga: Apa itu Customer Journey dan Cara Membuatnya!
Seperti yang sudah MinTiv terangkan di awal artikel, untuk sekarang Anda bisa melakukan pelacakan sales dengan mudah memanfaatkan sales tracking system. Sales tracking system akan membantu Anda untuk melacak setiap touchpoint dari customer journey, mana yang efektif dan mana yang tidak efektif.
Cara Kerja Sales Tracking System
Berbicara tentang cara kerja sales tracking system ini sebenarnya berbeda-beda sesuai dengan sistem yang digunakan.
Baca Juga: Apa itu Customer Data Integration dan Pentingnya untuk Bisnis?
Tetapi pada umumnya, setiap sales tracking system memiliki 5 cara kerja yang relatif sama. 5 cara kerja tersebut adalah;
1. Identifikasi Target Audiens
Cara kerja yang pertama sales tracking system akan memudahkan Anda untuk melakukan identifikasi target audiens. Memahami target audiens yang tepat sangat penting untuk perencanaan bisnis yang matang.
Apabila Anda sudah mendapatkan target audiens yang memiliki prospek tinggi, maka bisnis beserta dengan strategi marketing matang bisa langsung dijalankan.
2. Identifikasi Sumber Audiens
Berkaitan dengan target audiens, sales tracking system akan memudahkan Anda untuk mengetahui sumber kedatangan audiens. Apakah audiens tersebut datang secara online maupun offline. Di era bisnis digital sekarang, Anda akan lebih banyak temukan audiens yang datang melalui perantara internet (online).
Untuk itu, Anda perlu mencari tahu platform internet apa yang mereka gunakan, apakah sosial media, Google, maupun media internet lainnya. Cari tahu juga keyword apa yang mereka gunakan untuk bisa menemukan bisnis Anda. Proses Anda dalam mendeteksi sumber kedatangan audiens ini akan membantu Anda dalam menentukan daftar point of entry yang menjanjikan.
3. Penentuan Touch Point Berprospek Lebih Mudah
Selanjutnya adalah memudahkan Anda untuk menentukkan touch point yang memiliki prospek tinggi. Adapun prospek tinggi dari setiap touchpoint ini dapat dilihat pada sumber kedatangan audiensnya.
Apakah mereka yang datang melalui sosial media memiliki prospek lebih tinggi atau malah mereka yang datang dari Google yang memiliki prospek lebih tinggi.
4. Memudahkan Anda dalam Penulisan Copy yang Menarik
Selanjutnya adalah memudahkan Anda dalam penulisan copy yang menarik. Berbicara tentang copy, maka kita juga akan berbicara tentang iklan, dan itu bisa meliputi copy untuk email marketing, webinar, konten media sosial, dan sebagainya.
Dari sini Anda bisa memastikan copy jenis apa yang dapat membantu mempengaruhi customer lakukan tindakan lanjut dalam proses bisnis.
5. Memudahkan Anda dalam Mengukur Matriks Bisnis
Yang terakhir adalah memudahkan Anda untuk mengukur matriks bisnis. Untuk matriks bisnisnya sendiri bergantung pada marketing channels yang Anda pilih. Semisal jika Anda memilih marketing channels berjenis web marketing, maka matriks bisnis yang digunakan mencakup jumlah traffic website, tingkat bounce rate, page view dan lain-lain.
Baca Juga: Apa Saja Metrik Website yang Perlu Diketahui Sebelum Jalankan Web Marketing?
Adapun metrik atau indikator umum yang digunakan untuk menentukan keberhasilan sales adalah:
- Jumlah sales dari tiap sumber
- Total sales dalam jangka waktu tertentu
- Jumlah sales per tenaga sales
- Waktu rata-rata untuk melakukan close deal
Manfaat-Manfaat Sales Tracking
Penjelasan mengenai cara kerja sales tracking system sebenarya telah menjawab rasa penasaran kita terhadap manfaat yang akan didapatkan jika strategi ini diterapkan.
Namun untuk menambah wawasan Anda, MinTiv akan menjelaskan manfaat lebih dari sales tracking ini.
1. Memudahkan Anda Melacak Sales Pada Periode Waktu Tertentu
Yang pertama adalah memudahkan Anda untuk melacak sales pada periode waktu tertentu. Ya, dengan adanya sales tracking system, Anda dapat dengan mudah menyimpan semua aktivitas penjualan dari waktu ke waktu, dan dari touch point satu ke touch point lainnya.
2. Memudahkan Anda Pantau Tim Sales
Kedua adalah memudahkan Anda untuk memantau kinerja daripada tim sales.
Ya, dengan sales tracking system Anda akan lebih mudah memantau performa tim sales terutama yang bertindak sebagai customer service. Anda bisa melacak performa mereka secara real time.
3. Operasional Sales Lebih Mudah
Yang ketiga adalah memudahkan operasional sales. Tim sales dapat melakukan check-in outlet dan sell-through secara mudah serta real time menggunakan sistem yang tersedia.
4. Melacak Keberhasilan Bisnis
Yang keempat adalah memudahkan Anda untuk melacak keberhasilan bisnis secara menyeluruh dan juga real time. Anda dapat menilai sejauh mana tingkat keberhasilan bisnis yang Anda miliki. Informasi seperti ini tentunya akan memperkaya wawasan Anda untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang ada demi mencapai tingkat keberhasilan yang lebih tinggi lagi.
5. Memudahkan Anda Membuat Laporan Bisnis Otomatis
Manfaat kelima adalah memudahkan untuk membuat laporan bisnis otomatis.
Ya, dengan adanya sistem ini, Anda bisa mendapatkan data penjualan dan performa setiap anggota dari tim sales. Melalui data-data itu juga Anda bisa melakukan evaluasi terhadap tim sales Anda.
Mana yang perlu diberikan tambahan materi product knowledge dan mana karyawan yang perlu mendapatkan reward lebih.
6. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Manfaat terakhir adalah mampu meningkatkan kepuasaan pelanggan.
Ini adalah efek domino dari manfaat-manfaat sebelumnya.
Lalu di mana Anda bisa mendapatkan sales tracking system ini?. Ada banyak bisnis yang menawarkan layanan sales tracking system ini, salah satunya adalah Qontak.
Jika Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Digital Marketing Terbaik, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.