Iklan Dapat Mempengaruhi SEO – Salah satu alasan mengapa pebisnis banyak menjalankan website adalah untuk kegiatan monetisasi. Monetisasi sendiri adalah kegiatan untuk dapat mengubah sesuatu menjadi penghasilan. Jika kita berbicara tentang website, maka monetisasi website adalah kegiatan untuk dapat merubah website menjadi penghasilan.
Bagaimana caranya?, tentu saja adalah dengan melalui iklan. Baik itu iklan yang datang dari layanan Google Adsense, ataupun layanan dari media media lain. Biasanya, website yang menjalankan iklan, akan menampilkannya dalam bentuk gambar. Baik itu yang berada di header, sidebar, footer, dan juga di dalam konten. Bahkan ada iklan yang berbentuk menu pop up yang langsung menutupi seluruh halaman konten. Contohnya seperti gambar di bawah ini;
Nah, dari sini, timbullah sebuah pertanyaan, apakah iklan yang ada di sebuah website dapat mengganggu performa SEOnya?. Jika iya?, apa yang harus kita lakukan, terlebih jika Anda adalah blogger atau perusahaan media yang memang “menggantungkan hidup” dari iklan tersebut?
MinTiv akan membahasnya lengkap di dalam artikel ini, jadi simak baik-baik ya!.
Apakah Iklan Dapat Mempengaruhi Performa SEO Website?
Jawaban dari pertanyaan di atas, adalah iya. Iklan dapat mempengaruhi performa SEO website Anda. Tetapi secara tidak langsung, terutama yang berkaitan dengan faktor penting ranking Google, yakni user experience.
Ya, apabila Anda sudah membaca artikel MinTiv sebelumnya tentang core web vitals, maka Anda pasti mengerti. Bahwa website yang baik adalah website yang menjamin user experience baik untuk pengunjungnya. Terutama pada 3 bagian penting yakni site speed, interaktivitas website, dan juga stabilitas website.
Baca Juga: Apa itu Core Web Vitals?
Iklan yang ada di website dapat mempengaruhi nilai daripada user experience ini. Terutama soal keberadaannya.
Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai poin-poin penting terkait iklan yang dapat mempengaruhi performa SEO. Dimulai dari;
1. Banyaknya Jumlah Iklan yang Muncul
Iya, jumlah iklan sangat mempengaruhi performa SEO, terutama yang berkaitan dengan user experience. Semakin banyak iklan yang muncul, maka itu akan mempengaruhi loading speed yang dimiliki. Banyaknya iklan, juga akan mengganggu kenyamanan pengunjung website dalam membaca konten Anda.
Bisa jadi mereka awalnya ingin mengklik tombol menu tertentu di website Anda. Tetapi karena letak serta iklan yang banyak, mereka tidak sengaja mengklik iklan Anda. Kondisi seperti ini akan membuat pengunjung jengkel, karena terasa diprank. Mereka akan buru-buru kembali ke website Anda.
Syukur jika begini, tapi, apa jadinya jika ia memutuskan untuk kembali ke SERP?. Bounce rate yang Anda dapatkan justru akan meningkat. Lagi pula, klik iklan yang tidak disengaja dan tidak bertahan lebih dari 3 detik, berdasarkan pengalaman MinTiv, sulit untuk dikonversikan. Google tentu punya sistem cerdas untuk menentukan klik iklan yang valid dan yang tidak.
2. Posisi Iklan
Hampir sama dengan penjelasan sebelumnya. Posisi iklan dapat mempengaruhi kenyamanan pengunjung website, terlebih jika iklan tersebut menutupi konten utama yang hendak dibaca olehnya.
3. Ukuran Iklan
Poin penting ketiga adalah ukuran iklan. Ya, ukuran iklan yang terlalu besar tentunya akan mengganggu kenyamanan pengunjung, terlebih jika itu menutupi konten utama. Apabila terlalu kecil, jelas iklan tersebut tidak terlalu bisa diandalkan untuk monetisasi.
4. Niche Iklan
Yang terakhir adalah niche iklan. Apabila iklan yang tampil di dalam konten website Anda adalah iklan yang berisikan hal-hal negatif, seperti judi, pornografi, dan lain-lain. Jelas itu akan mengganggu kenyamanan pengunjung website.
Apakah Iklan Dapat Mempengaruhi Ranking?
Setelah membaca tentang poin-poin penting di atas, Anda yang sekarang sedang giat untuk melakukan monetisasi website, mungkin saja ragu. Anda ragu bahwa iklan-iklan yang sudah muncul di website dapat mempengaruhi SEO website Anda, terutama untuk proses ranking.
Baca Juga: Apa itu YMYL dalam Istilah SEO?
Tidak perlu khawatir. Didapatkan dari keterangan Google Search Liaison, Danny Sullivan, website yang menampilkan iklan tetap mampu tampil baik di SERP Google.
Lalu, bagaimana caranya agar kita dapat tetap menjalankan iklan, tetapi tidak memberikan pengaruh negatif pada SEO?.
Jawabannya mudah, bertindaklah sebagai seorang pengunjung website Anda sendiri. Pastikan bahwa iklan yang tampil di website Anda, tidak mengganggu kenyamanan selama berselancar di dalamnya. Pertimbangkan dengan baik jumlah iklan, posisi, ukuran dan niche iklan yang tepat.
Inilah penjelasan lengkap tentang apakah iklan dapat mempengaruhi SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Google Terbaik yang bisa membantu Anda untuk kegiatan monetisasi web. Hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: 10 Cara Monetisasi Blog untuk Pemula
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 081 22222 7920.