Parameter Keberhasilan Kampanye SEO – Ketika menjalankan SEO, maka ada satu hal penting yang harus dapat kita pahami bersama. Dan itu adalah parameter keberhasilan. Parameter keberhasilan ini, harus dapat kita definisikan dengan jelas, agar kampanye SEO yang dilakukan terarah sesuai tujuan. Masalahnya, untuk bisa menentukan parameter keberhasilan ini, bukanlah perkara yang mudah.
Anda harus dapat menentukan terlebih dahulu tujuan utama dari kampanye SEO Anda. Setelahnya, barulah Anda dapat menentukan parameter atau KPI (Key Performance Indicators) yang tepat. KPI ini kemudian akan menjadi pemandu untuk Anda menjalankan kampanye SEO.
Baca Juga: Apa Saja KPI untuk Social Media Marketing?
Adapun KPI untuk SEO dapat dibagi menjadi 3 jenis. 3 jenis KPI ini, sesuai dengan 3 tujuan umum daripada kampanye digital marketing pada umumnya. Yakni untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement dan juga meningkatkan konversi.
Berikut ini penjelasan lengkapnya!
KPI brand awareness, adalah KPI yang digunakan untuk mengukur performa SEO, terutama yang berkaitan dengan pengaruhnya pada kesadaran bisnis. Ada banyak parameter yang bisa digunakan untuk menilai KPI brand awareness ini. Beberapa di antaranya seperti tingkat impresi, peringkat keyword, dan lain sebagainya.
KPI engagement. KPI SEO yang digunakan untuk mengukur seberapa besar performa SEO berdasarkan sisi interaksi yang didapatkan. Ada banyak parameter yang bisa digunakan untuk mengukur KPI jenis ini. Beberapa di antaranya adalah bounce rate, dwell time, page views, dan lain-lain.
KPI konversi. Sesuai dengan namanya, KPI jenis ini digunakan untuk mengukur performa SEO terhadap konversi yang didapatkan. Ada banyak parameter yang bisa digunakan, dimulai dari jumlah penjualan, cost per lead, dan lain-lain.
Bagaimana?, apakah Anda sudah mengerti?. Jika belum, tenang saja, MinTiv akan menjelaskannya kepada Anda lengkap di dalam artikel ini. Jadi simak baik-baik ya!.
5 Parameter Keberhasilan Kampanye SEO yang Umum Digunakan
1. Traffic Website
Parameter yang pertama adalah traffic website. Traffic website adalah parameter atau biasa juga disebut metrik, yang digunakan untuk mengukur jumlah pengunjung website dalam periode tertentu. Semakin tinggi nilai traffic website yang didapatkan, maka semakin bagus pula dampaknya untuk website bisnis Anda. Ini jadi parameter keberhasilan kampanye SEO yang paling banyak digunakan.
Anda bisa dengan mudah mengetahui parameter ini pada website tertentu melalui tools digital seperti Google Analytics, Google Search Console, SEMrush, Ahrefs dan lain-lain. Parameter ini sendiri memiliki banyak jenis di dalamnya. Untuk dapat mengetahui lebih dalam, silahkan Anda baca melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Jenis Jenis Traffic Website yang Perlu Diketahui Pemula
2. Ranking Keyword di SERP
Parameter yang kedua adalah ranking keyword di SERP (Search Engine Result Page). Parameter ini penting untuk Anda ketahui, terlebih pada keyword utama yang ditargetkan. Apabila konten dengan keyword utama tidak mengalami perubahan ranking yang signifikan, maka Anda perlu melakukan perbaikan konten.
Jika ranking keyword tersebut sudah cukup bagus, maka yang perlu Anda lakukan adalah terus “membakarnya” agar bisa terus stabil di ranking teratas. Anda bisa melakukannya dengan konten baru yang keyword utamanya mirip dengan keyword tersebut (Pelajari LSI Keyword). Setelahnya, dari konten tersebut buatlah internal link yang mengarahkan pengunjung ke konten yang tadi telah berhasil perform.
3. Domain Authority
Parameter keberhasilan kampanye SEO berikutnya adalah meningkatnya domain authority. Domain authority sendiri sebenarnya adalah metrik yang diciptakan oleh perusahaan Moz. Metrik ini digunakan untuk menggambarkan kekuatan otoritas sebuah website. Skala penilaian yang digunakan berada di angka 1-100. Semakin tinggi angka yang didapatkan, maka semakin baik.
4. CTR (Click Through Rate)
Ya, bukan hanya digunakan untuk parameter keberhasilan iklan digital saja. CTR juga dapat digunakan pada jenis channel marketing lainnya, termasuk SEO. CTR sendiri adalah rasio klik tayang atau rasio jumlah pengunjung yang melihat sebuah website dan mengklik sebuah iklan.
Untuk dapat mengetahui CTR sebuah website, yang perlu dilakukan adalah membagikan jumlah klik halaman dengan frekuensi halaman tampil di SERP. Parameter ini banyak digunakan untuk mengukur seberapa besar interaksi dan juga konversi yang website bisnis dapatkan.
5. Bounce Rate
Yang terakhir adalah bounce rate. Bounce rate sendiri adalah parameter yang menunjukkan seberapa besar persentase pengunjung yang datang ke website lalu kembali ke SERPs. Semakin besar bounce rate yang didapatkan, maka semakin kecil pula lamanya durasi pengunjung di dalam website Anda.
Ya, dapat dikatakan bahwa bounce rate yang besar, menandakan website Anda gagal memenuhi permintaan pengunjung. Ada banyak faktor yang mempengaruhi bounce rate untuk sebuah website. Yang paling umum adalah karena website memiliki waktu akses yang begitu lambat.
Waktu akses yang lambat ini, akan memberikan user experience yang buruk kepada pengunjung. Perlu diketahui bahwa user experience adalah faktor ranking yang dipertimbangkan baik oleh Google.
Mengabaikannya, jelas adalah kesalahan yang besar.
Inilah penjelasan lengkap mengenai parameter keberhasilan kampanye SEO. Sebenarnya, MinTiv telah menjelaskan lebih jauh mengenai parameter apa saja yang bisa digunakan untuk kampanye SEO ini pada artikel sebelumnya.
Anda bisa membacanya lengkap melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: 16 Metrik SEO Penting yang Wajib Banget untuk Dilacak
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Website Lengkap, Terpercaya, dan Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Apakah Iklan Dapat Mempengaruhi Performa SEO Website?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 081 22222 7920.
[…] Baca Juga: Apa Saja Paramater Keberhasilan Kampanye SEO […]