Strategi Digital Marketing Terbaik – Sebagai seorang pebisnis, wajar jika Anda selalu memikirkan strategi marketing yang terbaik setiap harinya.
Terlebih di era digital, di mana Anda harus menjalankan bisnis dengan digitaliasi marketing. Jika tidak bisa, maka bisnis Anda lambat laun akan mudah disaingi oleh kompetitor. Ada banyak pilihan marketing channel berjenis digital yang bisa Anda pilih.
Tapi sebagai pebisnis, Anda pastinya lebih memilih untuk menjalankan strategi digital marketing yang berikan Anda hasil maksimal dengan effort yang minimal. Terlebih effort yang melibatkan biaya bisnis.
Memilih untuk menjalankan dengan strategi “bakar uang” menggunakan platform seperti Facebook Ads maupun Google Ads bukanlah sesuatu yang salah. Tapi menjadi tidak bijak apabila yang melakukannya adalah pebisnis pemula yang minim pengalaman, plus tidak memilih cadangan dana yang berlimpah.
Untuk itu Anda perlu menjalankan strategi digital marketing terbaik yang hemat biaya. Lalu apa saja strategi digital marketing tersebut?. Simak jawabannya lengkap pada artikel ini;
7 Strategi Digital Marketing Terbaik Hemat Biaya!
1. SEO Marketing
Yang pertama adalah dengan menjalankan SEO marketing. SEO marketing adalah teknik marketing yang kegiatannya berupa optimasi website agar dapat tampil di halaman pertama Search Engine melalui keyword tertentu.
Adapun search engine yang menjadi patokan adalah Google. Hal ini wajar mengingat Google adalah search engine nomor 1 di dunia, dan tingkat kepopulerannya jauh di atas pesaing terdekat Bing dengan nilai 92.21%.
Baca Juga: Bagaimana SEO Dapat Membuat Bisnis Berkembang?
Apabila konten Anda berada di halaman pertama Google, pastinya akan mudah bagi Anda untuk bangun strategi konten lain yang bisa meningkatkan brand awareness. Belum lagi untuk menjalankan SEO marketing, yang Anda perlukan “hanyalah” konten berkualitas pada 4 metode SEO, yakni Local, Technical, On Page & Off Page SEO.
2. Email Marketing
Kedua adalah email marketing.
Sesuai dengan namanya, marketing ini menjadikan email sebagai platform utamanya.
Adapun yang Anda perlukan hanyalah desain promosi email, dan daftar email dari pelanggan sebelumnya. Anda bisa menggunakan layanan email marketing gratis seperti MailChimp, Sendinblue, Omnisend dan lain-lain.
Kunci penting dalam menjalankan email marketing adalah segmentasi audiens.
3. Social Media Marketing
Berikutnya adalah dengan menjalankan social media marketing.
Ya, memiliki akun di sosial media tertentu itu gratis, dan hampir tidak ada satupun sosial media yang memungut biaya hanya untuk usernya memiliki akun.
Dengan fakta itulah, Anda bisa mempromosikan lebih banyak product knowledge bisnis Anda di dalamnya.
Pesan Sekarang: Jasa Kelola Instagram Terbaik
Ada banyak sosial media yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah Instagram. Ya, Instagram memiliki banyak data statistik yang bisa menguntungkan pebisnis. Beberapa di antaranya adalah;
- Instagram memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan. 500 juta di antaranya adalah pengguna aktif harian.
- Tingkat keterlibatan pengguna internet tergolong tinggi. Hal itu dapat dilihat dari data 100 juta foto dan video yang diunggah perhari di Instagram. Jumlah itu telah mendapatkan lebih dari 4.2 miliar like.
- Instagram populer di kalangan remaja, dan 73% pebisnis sangat yakin bahwa Instagram adalah media yang tepat untuk menyasar mereka.
- Rata-rata pengguna Instagram menghabiskan sekitar 30 menit per hari untuk membuka Instagram.
4. Video Marketing
Keempat adalah dengan menjalankan video marketing. Ya, Anda bisa menjalankan video marketing ini dengan mudah.
Terlebih sekarang banyak smartphone yang menyediakan kualitas gambar hampir setara dengan kamera. Belum lagi, perkembangan aplikasi editing yang memudahkan pebisnis untuk membuat konten video marketing lebih cepat.
Sebut saja CapCut yang sediakan penggunanya lebih banyak template video siap pakai. Bahkan sekarang CapCut, sudah bisa diakses via desktop.
5. Guest Blog Marketing
Kelima adalah dengan menjalankan guest blog marketing.
Sebenarnya strategi digital marketing yang satu ini berkaitan erat dengan strategi yang pertama. Terlebih pada bagian Off Page SEO.
Strategi ini mengharuskan Anda untuk bertindak sebagai tamu di blog website orang/perusahaan lain.
Lalu Anda menuliskan konten tertentu yang itu akan mengarahkan pengunjung pada bisnis Anda. Untuk ini Anda perlu mencari informasi lebih banyak tentang website UGC (User Generated Content).
6. Telemarketing
Keenam adalah dengan menjalankan telemarketing.
Telemarketing adalah teknik marketing yang prosesnya melalui perantara jaringan telepon. Kunci penting untuk bisa menjalankannya adalah komunikasi yang baik. Beruntung MinTiv sudah menuliskan salah satu teknik jitu untuk telemarketing bernama Cold Calling.
Anda bisa membaca penjelasannya lengkap pada artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Cold Calling dan Cara Melakukannya?
7. Live Streaming Marketing
Terakhir, berkaitan dengan social media marketing terutama pada bagian fiturnya, yakni dengan menjalankan live streaming marketing.
Ya, Anda tentunya masih ingat viral Alif Kamu Nanya, yang ternyata sukses menjalankan live streaming nya untuk berjualan.
Anda bisa mencoba strategi yang sama, hanya saja dengan pembawaan yang menyesuaikan niche bisnis Anda. Menjalankan live streaming marketing tentunya akan menambah kepercayaan diri bisnis maupun pelanggan.
Di mana pelanggan tidak akan was-was lagi ketika melakukan transaksi online karena identitas Anda sebagai pebisnis (wajah) sudah diketahui.
Inilah penjelasan lengkap tentang 7 teknik digital marketing terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Apabila Anda ingin mendapatkan partner terbaik untuk digital marketing, hubungi Creativism.
Mau Konsultasi Masalah SEO Bersama Ahlinya? Klik Sini!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: 7 Strategi Digital Marketing Terbaik yang Hemat Biaya! […]