Trend Digital Marketing 2023 – 2023 tinggal menghitung hari, untuk itu diperlukan banyak persiapan guna menghadapi tahun yang diprediksi akan terjadi resesi besar-besaran. Terlebih bagi Anda pebisnis yang ingin bisnisnya tetap berjalan dengan lancar serta tidak kehilangan customer base yang telah terbentuk.
Tahun depan memang akan menjadi tahun yang penuh misteri, terlebih adanya ancaman resesi 2023.
Walaupun begitu, bukan berarti kondisi tersebut membenarkan kita untuk minder dan tidak melakukan perencanaan yang lebih matang lagi.
Baca Juga: 12 Panduan Meningkatkan Penjualan Produk
Anda sebagai pebisnis harus tetap dapat berpikir jernih dan juga mengetahui apa saja trend digital marketing di tahun 2023. Mengetahuinya, tentu akan membantu Anda dalam proses pengambilan keputusan tentang strategi bisnis tepat yang akan diterapkan.
Nah, berikut adalah 7 trend digital marketing 2023 yang diprediksi bakal menjadi metode pemasaran terbaik. Apa saja ketujuh trend tersebut?. Simak baik-baik artikel ini ya..
7 Trend Digital Marketing 2023
1. Real Time Messages
Yang pertama adalah pesan berbalas secara real time. Bukan sesuatu yang baru memang, tetapi dengan Anda memanfaatkan teknik ini, maka pelanggan akan merasa sangat diperhatikan. Dan ketika kedekatan itu terbentuk, Anda bisa dengan mudah melakukan personalisasi penjualan.
2. Trend Digital Video Marketing
Kedua adalah video marketing. Yaps, hadirnya TikTok sebagai sosial media terdepan dalam penerapan video marketing menjadikan teknik ini diprediksi bakal tetap booming di tahun depan. Namun perlu diingat bahwa penerapan video marketing tidak hanya berlaku untuk sosial media saja.
Video marketing juga efektif digunakan bersamaan dengan website bisnis. Adanya video embed yang ada di dalam website tentunya akan menjadikan interaksi pengunjung di dalamnya lebih lama. Bounce rate yang tinggi pun dapat dihindari.
3. Pemasaran Melalui Media AR/VR
Selanjutnya adalah pemasaran melalui media AR/VR (Augmented Reality dan Virtual Reality). Penggunaan teknologi AR/VR memang tidak bukan lagi sesuatu yang baru, terlebih setelah Facebook berganti nama menjadi Meta dan mulai memperkenalkan konsep Metaverse.
Contoh perusahaan yang melakukan pemasaran melalui media AR/VR adalah Walmart.
Mereka bermitra dengan VR Stivr ketika kampanye Black Friday. Melalui teknologi tersebut, Walmart berhasil melatih karyawannya untuk menghadapi situasi tidak terduga seperti libur mendadak dalam dunia simulasi.
Bukan hanya meningkatkan kualitas proses pemasaran, AR/VR juga meningkatkan konversi yang didapatkan.
Manfaat inilah yang didapatkan oleh banyak perusahaan besar ternama seperti Uniqlo melalui aplikasi ARnya yang memudahkan pelanggan untuk melihat penampilan mereka pada pakaian yang diinginkan tanpa harus menuju fit room.
4. Outsourcing kepada Agen Digital Marketing Terbaik
Berikutnya adalah outsourcing. Outsourcing sendiri adalah penyerahan sebagian pekerjaan yang ada di dalam perusahaan kepada perusahaan lain. Penyerahan ini biasanya dilakukan dengan 2 metode yakni pemborongan pekerjaan dan juga penyedia jasa pekerja.
Ya, Anda bisa melakukan teknik ini terlebih jika Anda tidak memiliki cukup SDM yang berkualitas dalam mengurus keperluan digital marketing.
Memilih agen digital marketing terbaik tentunya bisa menjadi opsi bagi Anda. Terlebih agen digital marketing jelas memiliki kualitasnya tersendiri dalam mengurus keperluan digital marketing.
Tapi pertanyaannya sekarang, di mana Anda bisa menemukan agen digital marketing?.
MinTiv merekomendasikan kepada Anda Creativism.id. Klik link tersebut untuk mengetahui layanan digital marketing apa saja yang mereka berikan.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di 6281 22222 7920.
5. Menjalankan Email Marketing
Kelima adalah dengan menjalankan email marketing. Bahkan menurut data yang ada, sekitar 89% marketers menggunakan email untuk menghasilkan prospek lead bisnis mereka. Diprediksi bahwa teknik marketing ini akan terus booming hingga tahun 2023.
Namun, perlu diingat bahwa email marketing tidak sama dengan spam email.
Hanya karena Anda mendapatkan data email pelanggan yang berlimpah hasil survei atau pendaftaran akun di website, bukan berarti Anda lantas harus mengirimkan seluruh daftar email tersebut informasi promosi bisnis yang sama.
Anda tetap harus melakukan segmentasi audiens. Baca lengkap tentang Cara Jitu Menjalankan Email Marketing pada artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Menjalankan Email Marketing Agar Tidak Seperti Spamming
6. TikTok Shop
Keenam, adalah TikTok Shop. Ya, kehadiran TikTok sebagai sosial media baru memang sukses menggemparkan dunia digital marketing di area tersebut.
Dari yang sebelumnya dikuasai oleh Youtube, Facebook dan Instagram hingga sekarang TikTok sukses bersaing ketat dan bahkan mengalahkan ketiga sosial sebelumnya dalam hal inovasi dan trends.
Melalui fitur terbaru mereka, yakni TikTok Shop, TikTok berhasil merajas persaingan social commerce di Indonesia, dengan rata-rata 45% pengguna Internet Indonesia membeli produk dari TikTok Shop.
Lebih lengkap, WhatsApp dengan rata-rata 21%, Facebook Shop 21%, dan Instagram Shop hanya 10%.
Bahkan Mark Zuckerberg sendiri mengakui bahwa TikTok sudah sangat mengungguli Meta di bidang sosial media.
Menurutnya, orang-orang semakin menggunakan “feeds” jejaring sosial mereka untuk menemukan konten yang menarik dibandingkan dengan melihat media yang dibagikan oleh teman-teman yang mereka ikuti.
7. Trend Influencer Marketing di Tahun 2023
Terakhir adalah dengan menjalankan influencer marketing.
Ya, tidak bisa dipungkiri memang bahwa teknik pemasaran yang satu ini akan bakal terus booming hingga tahun depan. Tetapi, sebelum Anda menerapkan teknik ini, ada baiknya Anda terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis influencer marketing.
Baca Juga: Jenis-Jenis Influencer Marketing yang Gak Banyak Diketahui
Hal ini penting, agar wawasan Anda terhadap influencer marketing bukan hanya sekedar mencari atau mendapatkan influencer dengan followers terbanyak untuk keperluan promosi, dan tidak mempertimbangkan budget yang ada.
Baca Juga: 7 Trend Content Marketing 2023
Inilah trends-trends pemasaran digital yang akan ada di tahun depan. Apakah Anda berminat untuk segera curi start duluan?.
[…] Baca Juga: Trend Digital Marketing di Tahun 2023 […]
[…] harus dapat mengetahui apa saja trend digital marketing 2023 nanti untuk memudahkan Anda mencuri start […]
[…] harus segera move on, dan berusaha memahami trend digital marketing di tahun […]
[…] Baca Juga: Cari Tahu Apa Saja Trend Digital Marketing 2023 di sini! […]