Manfaat Local SEO – Sebutkan metode apa saja yang penting di dalam SEO?.
Anda pasti akan menjawab On Page SEO & Off Page SEO. Tidak ada yang salah dengan jawaban ini, tapi tahukah Anda bahwa sejatinya ada 2 metode SEO lain yang memiliki peran penting di dalam SEO.
Bahkan kedua metode tersebut adalah alasan kuat mengapa website lebih optimal mendapatkan konversi dan juga mampu meningkatkan good experience pengunjung.
2 metode yang MinTiv maksud adalah Local SEO dan Technical SEO. Di dalam artikel ini, MinTiv akan lebih fokus untuk membahas tentang apa itu Local SEO. Terkait penjelasan mengenai Technical SEO, bisa Anda baca pada link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Technical SEO dan Contoh-Contohnya?
Kita mulai pembahasannya dari sekarang!
Apa itu Local SEO?
Local SEO adalah salah satu teknik optimasi website yang basis utamanya adalah pencarian lokal. Teknik ini berkaitan dengan tools Google My Business. Teknik ini akan meningkatkan peringkat website bisnis Anda pada pencarian lokal lebih tinggi dan juga lebih sering dimunculkan sebagai tanggapan atau hasil pencarian yang relevan.
Baca Juga: Perbedaan Website Statis dengan Website Dinamis
Contoh penerapan Local SEO ini pada website bisnis, dapat Anda ketahui melalui pencarian seperti “Warteg Terdekat”, ataupun “ATM Mandiri Terdekat”.
Sumber: Google.com
Algoritma Google akan membaca keyword sebelumnya sebagai keyword dengan search intent yang menyesuaikan lokasi pengguna. Hasilnya, Google akan menampilkan Local Pack atau Map Pack di SERP (Search Engine Result Pages).
Local Pack dan Map Pack sendiri adalah sebutan untuk peta dan juga daftar bisnis lokal yang biasa muncul di SERP. Keduanya ditampilkan bersamaan dengan hasil organik tentang bisnis dan layanan sejenis di area lokal tersebut.
Informasi yang biasanya tersedia pada pencarian lokal ini akan memuat nama-nama bisnis, alamat, nomor telepon, situs web, foto, ulasan, peringkat bintang dan lain-lain.
Dapat dikatakan bahwa teknik ini dijalankan untuk mengoptimalkan bisnis lokal Anda di Local Pack atau Map Pack.
Cara Kerja Local SEO
Local SEO bekerja dengan memberitahu Google akan lokasi bisnis Anda dan juga pelanggan terdekat dengan lokasi bisnis Anda.
Lokasi bisnis ini sendiri dapat diketahui dengan mudah oleh Google melalui keterangan alamat yang Anda buat di Google My Business.
Anda dapat menggunakan Landing Page khusus untuk membantu audiens di lokasi bisnis Anda, lebih mudah menemukan website Anda. Gunakan pedoman yang ada di Webmaster Google, untuk lebih optimal menjalankan Local SEO ini.
Indikator Penilaian
Terdapat 3 indikator utama penilaian kualitas Local SEO bagi Google. 3 indikator tersebut adalah;
- Relevansi.
- Jarak.
- Terkenal.
Relevansi yang dimaksudkan oleh Google ini mengacu pada seberapa cocok profil bisnis lokal dengan apa yang dicari pengguna Google. Informasi bisnis yang lengkap serta detail akan membantu Google lebih memahami bisnis Anda.
Lalu untuk jarak, Google mendefinisikannya sebagai seberapa jauh hasil setiap pencarian potensial dari istilah lokasi yang digunakan. Jika pengguna Google tidak menuliskan keterangan lokasi yang lebih detail, maka Google akan menampilkan hasil pencarian dengan bisnis terdekat berdasarkan perhitungan otomatis mesin Google.
Dan untuk poin terakhir, yakni terkenal, mengacu pada seberapa baik tingkat brand awareness yang dimiliki bisnis tersebut.
Berdasarkan survei Whitespark, inilah beberapa faktor penting penentu peringkat Local SEO pada website:
- Kategori utama Google Business Profile.
- Kata kunci dalam judul daftar.
- Kedekatan alamat bisnis dengan lokasi penelusuran.
- Alamat fisik di kota pencarian.
- Kategori My Business.
- Peringkat bintang numerik tinggi.
- Kelengkapan listing.
- Kualitas dan otoritas tautan masuk ke domain terkait.
- Kata kunci dalam ulasan Google.
Manfaat Local SEO bagi Website Bisnis
Seperti yang sudah MinTiv katakan sebelumnya, Local SEO mampu memaksimalkan website sebagai tools konversi bisnis. Didapatkan dari Search Engine Journal, Local SEO memiliki banyak prospek data yang menjanjikan. Dimulai dari;
- 76% pengguna Google melalui smartphone adalah mereka yang melakukan pencarian lokal. 28 % di antara pencarian tersebut menghasilkan pembelian.
- 30% pencarian Google yang diproses berkaitan erat dengan lokasi bisnis.
- 82% pengguna Google membaca ulasan di Local Pack sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli sesuatu. Bahkan waktu rata-rata yang dihabiskan untuk membaca keterangan tersebut adalah 14 menit.
- 86% pengguna Google menggunakan Google Maps untuk menemukan lokasi bisnis.
- 74% pembeli yang ada di dalam toko bisnis, adalah mereka yang sebelumnya melakukan pencarian lokal.
- Pencarian lokal menjadi jenis pencarian yang mendominasi bagi pengguna Google melalui smartphone.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu dan apa saja manfaat Local SEO bagi website bisnis. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Optimasi Website lengkap dengan layanan Local SEO-nya, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar lengkap untuk handle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi lainnya untuk bisnis Anda. Hubungi WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Inilah Manfaat Local SEO untuk Website […]
[…] Local SEO. […]
[…] Local SEO sendiri adalah teknik optimasi website agar dapat perform di pencarian lokal. Ada banyak prospek data yang menjanjikan jika website Anda menerapkan metode SEO yang satu ini, seperti; […]